Solopreneur: 1 Bos vs 1000 Mini Bos

Pekerjaan Sampingan : 1 Bos vs 1000 Bos

Apakah Anda perlu memecat 1 bos Anda dan menggantinya dengan 1000 MINI BOS?

Sejak ‘era pekerjaan sampingan’ yang menjamur di tahun 2015 ini, didukung oleh banyaknya sarana yang memungkinkan orang untuk kerja sampingan untuk uang tambahan, sekarang banyak orang yang udah nggak lagi merasa kalau waktu sehari- harinya cuma bisa dipake untuk satu pekerjaan di bawah satu bos doang!

Nambah pekerjaan, yang artinya nambah bos, udah mulai jadi trend, kayak nambah sepatu pas obral akhir tahun!

Tapi apa ini artinya sudah saatnya untuk Anda ikutan nambah bos demi mendapat sesuap berlian dan sebungkus daun pisang mobil mercedes?

Beberapa orang ternyata menganggap demikian. Memilih untuk tidak kerja kantoran, mereka lebih suka bekerja sendirian, tanpa tim, tanpa karyawan, dan memanfaatkan sarana teknologi dan skill pribadi mereka, untuk jadi Online Freelancer, dan menukar 1 bos mereka, dengan 1000 MINI BOS!

Bukan entrepreneur, tapi SOLOPRENEUR!
*Catatan: Ini bukan artinya entrepreneur dari Solo lho ya.*

Situs freelancer seperti freelancer.com, fiverr.com, atau sribulancer.com memungkinkan Solopreneur yang menawarkan jasa sekaligus untuk ribuan orang jadi mungkin.

Tapi sebenarnya, mana sih yang lebih baik? Pekerjaan dengan 1 bos di kantor? Atau jadi Solopreneur, dan menangani proyek freelance kecil- kecil untuk 1000 ‘mini bos’ yang berbeda?

Kali ini saya bakal mengadu profesi kerja kantor rutin di bawah ‘1 bos’, melawan Solopreneur, yang bekerja untuk ‘1000’ bos, dalam 8 ronde perbandingan nyata!

RONDE 1 : SYARAT PROFESI

1 Bos di Kantor

Syarat untuk kerja di kantor biasanya harus berbasis level kompetensi akademisi, dan setiap jenjangnya dan posisinya punya syarat sendiri yang nggak bisa dilanggar. Skill saja nggak cukup untuk bisa menduduki posisi tertentu atau level jabatan tertentu.

1000 Bos sebagai Solopreneur

Pendidikan dan kualifikasi akademis nggak dibutuhkan, karena yang penting adalah skill. Posisi berdasarkan titel atau pengakuan pendidikan juga nggak ada, karena pada akhirnya kemampuan dan kualitas jasa yang menentukan keberhasilan.

Pemenang: Solopreneur!

RONDE 2 : KEPASTIAN INCOME

1 Bos di Kantor

Kerja kantor serba sudah jelas dalam kepastiannya. Angka bulanan sudah jelas, jumlah sudah pasti, bahkan tanggal berapa uangnya bakal masuk pun sudah bisa dipakai buat acuan belanja bulanan di rumah.

1000 Bos sebagai Solopreneur

Incomenya serba nggak jelas. Entah berapa masuknya, entah jumlahnya berapa, dan entah tanggal berapa bakal ada duit dan kapan nggak  ada duit. Bisa jadi bulan ini foya- foya makan steak, bulan depan makan indomie.

Pemenang: Kantor!

RONDE 3 : JUMLAH INCOME

1 Bos di Kantor

Bicara jumlah ini sangat varian di kantor. Ada orang yang dibayar underpaid, tapi juga ada yang dibayar sangat besar, bahkan overpaid. Dalam perbandingannya dengan usaha, income di kantor bisa dibilang rata- rata, dan jadi patokan standar untuk dunia per- income- an.

1000 Bos sebagai Solopreneur

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun