Seberapa Extrovert Kah Anda?

 

  1. Perhatikan Kebiasaan Tipe Kepribadian MBTI Ini Di Akhir Pekan

Jika Anda memiliki tipe kepribadian MBTI yang bilang kalau long weekend atau Sabtu Minggu tuh paling enak istirahat di rumah, baca buku-buku biar ada bahan diskusi dengan rekan kerja dan teman-teman, tapi setelah itu nangis di pojokan karena hal itu bukan hal yang nyaman bagi Anda, BERARTIII… Anda adalah tipe kepribadian MBTI dengan ciri-ciri orang extrovert!

Nggak punya rencana hangout di akhir pekan jadi hal terburuk dan membosankan bagi orang extrovert. Orang extrovert justru akan kembali bersemangat untuk menghadapi hari Senin setelah weekend-nya dihabiskan dengan hangout bersama teman atau keluarga dibandingkan berdiam diri sepanjang hari. Anda sebagai orang dengan tipe kepribadian extrovert akan lebih suka ngobrol, diskusi, atau nonton film dibandingkan baca buku.

 

  1. Sering Menghabiskan Waktu ‘Sendirian’

Ciri-ciri orang extrovert mengaku sering menghabiskan waktu sendirian.

Nggak salah?

Tunggu, masih ada kelanjutannya. Iya, tipe kepribadian MBTI extrovert Anda sering menghabiskan waktu sendirian, TAPPII… cuma pas tidur! Orang extrovert akan lebih bersemangat ketika berada di lingkungan yang ramai.

Sebisa mungkin, orang extrovert atau orang dengan tipe kepribadian extrovert akan menghindari waktu sendirian. Jangan percaya kalau teman Anda yang mengaku introvert bilang kalau dia lebih suka menghabiskan waktu sendirian. Tanya kapan, pasti jawabannya cuma pas lagi tidur!

Ini nih tipe kepribadian extrovert terakhir yang mungkin sering Anda dengar.

 

  1. Sering Bilang Gampang Capek Banget Setelah Bertemu Banyak Orang

Lho, ini bukannya ciri-ciri orang introvert banget?

Kalau Anda suka bilang gampang capek dan malas setiap abis ketemu banyak orang, TAPPIII… setelah 2 atau 3 meeting dan 2 kali hangout sama teman-teman, (Yaiyaalllaahhh capek…!) bisa dipastikan Anda punya tipe kepribadian MBTI dengan ciri-ciri orang extrovert!

Tipe Kepribadian Extrovert Mendapatkan Energi dari Luar Dirinya

Lalu, jika Anda punya ketujuh ciri-ciri orang extrovert seperti di atas, apakah Anda benar-benar 100% extrovert?!

Pada dasarnya, tipe kepribadian extrovert atau tipe kepribadian introvert dalam tes kepribadian MBTI adalah tentang bagaimana seorang individu mendapatkan energi untuk dirinya sendiri. Tipe kepribadian extrovert mendapatkan energi untuk dirinya dari lingkungan luar atau berinteraksi dengan orang lain.

Sedangkan tipe kepribadian MBTI introvert proses mendapatkan energi untuk dirinya adalah berasal dari dalam dirinya sendiri. Dengan kata lain, ketika menyendiri, orang dengan tipe kepribadian introvert akan lebih bisa mendapatkan energi dengan mudah.

 

Ada yang menjawab, saya sih emang suka ngobrol dengan siapa saja. Seneng malah ketemu dan jadi pusat perhatian orang lain. Ada juga yang bilang saya orangnya nggak masalah buat ngomong di depan banyak orang, tapi kok sering nggak enakan dan gampang nangis ya?

 

Bisa jadi dari hasil tes psikologi kepribadian, Anda memang ciri-ciri orang extrovert, tetapi bisa jadi Anda punya kecenderungan lain dalam kepribadianya. Mungkin Anda adalah orang extrovert dengan function F (Feeling) yang lebih kuat dibandingkan function T (Thinking)-nya. Extraversion atau Intraversion dalam diri Anda hanya perbedaan dalam proses mendapatkan energi.

Namun, perilaku tipe kepribadian extrovert yang satu dengan yang lainnya akan berbeda bergantung pada function lain dalam dirinya yang lebih dominan.

Bagaimana cara mengetahuinya? Mengikuti tes kepribadian MBTI akan membantu Anda lebih memahami lebih dalam tentang kecenderungan kepribadian Anda. Judging atau Perceiving, Sensing atau Intuitive, dan Feeling atau Thinking dalam tipe kepribadian MBTI. Tidak hanya tipe kepribadian Extrovert dan Introvert saja.

Jadi, jika ada teman lagi makan siang sendirian, lalu posting selfie atau menu makanannya di Instagram dan ngaku introvert banget, sudah bisa dipastikan dia punya ciri-ciri orang extrovert atau orangnya punya tipe kepribadian EXTROVERT BANGET!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun