Permata Tersembunyi di Timur

Pantai Putih di Ambon

Dari zaman nenek saya masih nulis daftar belanjaan pake ejaan lama – “Tjabe, Ketoembar, Tcoengoer, Djahe”, dan bikin pusing sepupu saya yang disuruh belanja, sampai kepalanya yang botak jadi numbuhin rambut khusus supaya bisa jadi keriting karena nggak bisa bacanya, “Ini maksudnya apaaaaaaan?’ – saya selalu dikasih tahu oleh semua orang tentang betapa kayanya Indonesia.

Betapa kayanya alamnya.

Betapa kayanya sumber dayanya.

Betapa kayanya potensi pariwisatanya.

Tapi kenapa oh kenapa, kita hobi banget ngimpor apapun yang sebenarnya ADA di alam kita?

Ngimpor garam? Serius lho? Kurang apaaa laut kita?

Ngimpor beras? Kurang subur apaa tanah kitaaa?

Dan lebih lucu lagi, kita mempermudah wisatawan kita untuk berlibur keluar negeri, bukannya mendukung pengembangan infrastruktur potensi wisata kita sendiri!

Nah dalam hal itu, beberapa saat yang lalu, saya meluangkan waktu untuk berlibur beberapa hari di suatu permata tersembunyi di dekat Ambon. Pantai alami terpencil yang Indah kayak The Beach nya Leonardo DiCaprio, yang namanya Ora Beach.

Pantainya bersih, airnya bening, dan alamnya Indah. Walaupun sayang sekali, seperti kebanyakan tempat wisata indah alami kita, dukungan infrastruktur tempat ini masih sangat kurang. Tapi kalau Anda butuh tempat menyepi di alam, ini adalah tempat yang pas untuk Anda! Lucunya juga, pengunjung disana kebanyakan adalah bule- bule! Gimana mereka bisa tahu tentang tempat yang kita sendiri nggak tahu ya?

Dari Ambon, Anda perlu naik Speed Boat selama 2,5 jam, lalu perjalanan dengan mobil selama sekitar 2 jam lagi melewati jalan yang menembus gunung, sebelum naik kapal 10 menit menuju pulau dimana Ora Beach berada.

Tapi kalau Anda mau stay lama, it’s worth the trip!

Di Slider di bawah ini saya berbagi sedikit foto dari perjalanan saya dan istri saya di Ambon dan Ora Beach. Enjoy!

Yuk, nikmati keindahan alam Indonesia!

Negara kita penuh dengan tempat kayak gini kok!

About Dedy Dahlan

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

View all posts by Dedy Dahlan →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *