Passion tanpa Direction, Action tanpa Motivation

Arah Passion dalam Kerja dan Bisnis

Saya suka! Saya sukaaa! Saya sukaaaa!

Coba deh Anda teriak- teriak seperti itu tiga kali, di depan kaca, sambil pegang microphone, dan menghentak- hentakkan kaki di lantai. Terjadi sesuatu? Nggak? Kalo gitu coba Anda teriakkan hal yang sama, di depan rumah, sambil joget geal geol, dan menghentakkan kaki di aspal jalanan delapan belas kali. Terjadi sesuatu? Apa? Dibawa ke rumah sakit jiwa? Bagus.

Ketika saya ngomongin Passion, bahwa bagaimana seseorang sebaiknya melakukan apa yang dia suka dan memberi makna dalam hidupnya, tentu jelas nggak cukup cuma dengan suka aja! Suka baru tahap pertama.

Ketika kita bicara soal mengubah Passion jadi Profesi, kita bicara soal seluruh paketnya. Anda suka, NOW WHAT?

Passion, dalam definisi saya, buat Anda yang sudah familiar sama tulisan- tulisan saya, lebih dari sekedar ‘suka’. Passion itu kayak ‘suka yang lagi on fire!’, dan dia memberikan bukan cuma rasa senang, tapi MAKNA. Life meaning. Passion adalah soul, yang bikin mengerjakan sesuatu itu menyenangkan. Tapiiiiii, waktu mengubahnya jadi profesi, dia harus didukung dengan aspek- aspek lain!

Passion adalah soul Anda, soul dari profesi yang akan Anda pilih, soul dari aktivitas rutin Anda. Apa yang Anda suka? Apa yang memberi makna? Apa yang mau Anda kerjakan sampai tua?

Sudah tahu apa Passion Anda? NOW WHAT?

Direction, adalah arahnya. Udah tahu apa yang Anda suka, apa yang mau Anda kerjakan, maka Anda musti tahu arahnya. Mau ke mana Anda berjalan dengan Passion ini? Okeee Anda suka. Tapi teriak dan meyakini Passion Anda dengan kata ‘Amin’ saja nggak cukup. Passion tanpa tujuan ibarat orang tertawa sambil tersesat di labirin.

Tentukan arah dan tujuan yang mau Anda ambil dengan Passion Anda. Sebagai self- coach, tanyakan hal- hal ini. Apa tujuan yang mau saya raih? Apa mimpi masa depan saya? Gaya hidup seperti apa yang mau saya dapatkan? Gaya kerja bagaimana yang ingin saya jalankan dengan Passion saya? Kapan saya mau mencapai tujuan ini? Lewat mana dan lewat jalan seperti apa saya akan melangkah?

Tanpa tujuan dan pandangan jelas soal jalannya, Anda akan kesulitan mengubah Passion jadi profesi ideal!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun