Mompreneur! Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

Supermom - Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Mentang- mentang di FB Anda masang status sebagai “ibu rumah tangga”, bukan berarti Anda lantas berhenti berkarya, jadi tergantung sama duit suami, atau malah sampai- sampai ngambil sekop dan mengubur semua impian kesuksesan.

Seorang ibu rumah tangga, sebenarnya BISA BANGET untuk punya penghasilan sendiri, dan jadi Passionpreneur, sambi ngerawat anakdan keluarga di rumah! …  bahkan tanpa perlu punya rumah sama tangga, apalagi rumah yang bentuknya kayak tangga. *Nggakpentingbangetsih*.

Malahan, kalau di zaman kemari- kemarin ibu rumah tangga suka dipandang sebagai wanita yang selalu memandangi wanita karir sambil ngiler iri, sekarang ini justru wanita karirlah yang mungkin lebih sering ‘ngiler domba’ sama ibu rumah tangga!

Dan kenapa nggak? Ibu rumah tangga yang membangun bisnis dari rumahnya, punya keuntungan tersendiri lho.

  • Bisa dapat duit sambil meluk anak.
  • Bisa dapat duit sambil pakai piyama.
  • Bisa dapat duit sambil masak.
  • Bisa dapat duit sambil nonton TV.
  • Bisa dapat duit sambil ngerawat anggrek di rumah.
  • Bisa dapat duit dari ngobrol sama tetangga, si ibu Susi glamor di rumah sebelah.

[Tweet “Jadilah ibu rumah tangga dengan usaha, dengan menjadi Supermom!”]

Jadi, bagaimana cara seorang ibu rumah tangga bisa memulai usaha sampingan dari rumahnya? Pertama, dengan memanfaatkan semua ‘kekuatan super’ seorang Supermom! Beberapa kekuatan Supermom, misalnya:

Supermom Power 1 – The Power of ‘Ngobrol’

Ibu rumah tangga paling hobi ngupdate berita-berita terbaru, baik dari mang Jajang si tukang sayur, ataupun sama ibu-ibu lain sesama warga kompleks sambil ngupdate stock sayur di rumah.

Sementara seorang suami punya daya tahan ngobrol yang jauh lebih rendah, ibu rumah tangga punya daya tahan ngobrol yang hampir bisa dibilang ‘zuperrrrrr’. Dari harga cabe sampai harga pempek, sampai harga diri artis, semua bisa dibahas sekali duduk.

Ini sebenarnya adalah aset untuk membangun usaha dari rumah!

Tips Memanfaatkan Superpower ini untuk usaha:

Dengan kemampuan ini, ibu rumah tangga bisa mendapatkan update trend dan update berita di lingkungannya, lebih cepat dari wanita kantoran, apalagi suaminya. Ini artinya, ibu rumah tangga bisa lebih cepat menemukan PELUANG dan POTENSI yang ada dan dibutuhkan di kompleksnya!

Ngobrollah dengan penghuni kompleks Anda, apa yang belum ada atau apa yang dibutuhkan di kompleks Anda?

Supermom Power 2 – The Power of ‘Tetangga’

Karena bikin usaha dari rumah, ibu rumah tangga punya kekuatan super ‘tetangga’. Tetangga dan semua penghuni kompleks, yang biasanya nongkrong bareng sambil beli sayur atau beli aqua galon, dari bi Siti sampe mang Dida, semuanya kenal.

Dan semua tetangga ini adalah aset berharga, malahan pasar berharga, untuk Anda yang memulai usaha dari rumah sambil merawat anak! Sebelum capek- capek melemparkan produk dan jasa ke pasar umum yang Anda nggak kenal, mulai aja dulu dari tetangga- tetangga yang Anda kenal!

Tips memanfaatkan Superpower ini untuk usaha:

Gunakan tetangga dan pengetahuan Anda tentang tetangga Anda untuk membantu usaha, misalnya, sebagai tenaga bantuan untuk produksi, sebagai pasar dan calon pembeli (tinggal ketok dan tawarin), atau bahkan sebagai sarana promosi. (minta tolong tawarin ke saudara dan temannya para tetangga, sebagai ganti oleh- oleh).

Supermom Power 3 – The Power of ‘Bebaaaasss’

Dengan kebebasan waktu yang bikin wanita karir dan suaminya iri dan meilirik sinis dan manis seperti masinis, ibu rumah tangga punya waktu yang lebih bebas, ‘nyantai’, dan fleksibel! Apalagi sebagai usaha sampingan, Anda bisa mengembangkan bisnis Anda tanpa musti deg- degan dapur ngebul, tapi bisa mengembangkannya dengan lebih tenang dan terencana, sambil duduk meluk anak di sofa.

Dan karena nggak terburu- buru, seringkali, walaupun sedikit lebih lama, pengembangan jangka panjang bisnisnya akan jauuh lebih baik daripada usaha lain yang dibangun tanpa kebebasan waktu.

Seorang teman saya, ibu rumah tangga yang memulai bisnis desain busana beberapa tahun lalu, memulainya dengan santai dan iseng dari usaha sampingan di rumah, sementara suaminya bekerja. Lama- kelamaan, dibangun dengan santai selama beberapa tahun, incomenya mulai menyamai gaji bulanan suaminya. Dan kini? Suaminya sudah resign, dan membantunya mengurus usahanya itu!

Tips memanfaatkan Superpower ini untuk usaha:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun