Mempersiapkan Modal Ala Passionpreneur

Nyiapin Modal Ala Passionpreneur

Rencana tanpa aksi itu ibarat ke restoran mewah tapi cuma nongkrong sambil menatap hampa di serambinya. Jadi setelah rencana dan perhitungan Anda selesai, artinya Anda kini sudah tahu persis jumlah modal yang Anda butuhkan untuk bisa mulai!

Berdasarkan perhitungan ini, lakukan perhitungan realistis tentang berapa banyak waktu yang Anda butuhkan, atau waktu yang mau Anda sisihkan untuk mengumpulkan modal sejumlah itu, supaya bisa mulai!

Misal, bila menyisihkan 20% dari pendapatan bulanan untuk modal, maka berapa lama Anda bisa memulai profesi ini bila di Plan B? Berapa lama bila di Plan A? Atau apa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengumpulkan dan menambah jumlah modal?

Tetapkan waktu pasti sebagai batasan untuk mulai action!

Inti penetapan modal untuk seorang Passionpreneur adalah memahami sebenarnya “Berapa modal yang Anda butuhkan, dan untuk apa”!

 

Modal Usaha Non Duit Untuk Memulai Usaha Saat Ini Juga

Intinya adalah memahami sebenarnya “Berapa modal yang Anda butuhkan, dan untuk apa”.

Tapi bagaimana kalau Anda betul- betul nyangkut dalam masalah modal uang, dan saat Anda masih loncat sana loncat sini, kesulitan mengumpulkan modal uang, padahal Anda sudah kebelet bin nggak sabaran ingin cepat- cepat mengeksekusi profesi sesuai Passion Anda?

Apa tetap harus nunggu ada duitnya dulu?

Saya sih, nggak pernah suka duduk BENGONG menunggu!

Sambil menunggu terkumpulnya modal uang atau sambil melakukan langkah untuk mengumpulkan modal uang, Anda bisa memakai modal- modal lain yang SUDAH Anda miliki di tangan Anda dulu, untuk bisa segera mulai, saat ini juga!

Inilah jenis- jenis modal lainnya yang SAMA BERHARGANYA, dan bisa digunakan oleh Passionpreneurs untuk mulai berkarya:

  1. Modal Network.

Teman, sobat, keluarga, kenalan, om, tante, mentor, tetangga, dan semua orang yang kita kenal bisa ngebantu kita mulai melangkah. Saya sudah pernah menceritakan bagaimana saya menghubungi semua nomor telepon kenalan saya untuk mencari koneksi dan memulai karier saya sebagai penulis. Kenalan kita, jaringan kita, dan network kita itu berharga! Mereka bisa dihubungi sebagai sumber informasi, sebagai konsumen ataupun investor! Mereka bisa jadi pelanggan, dan rekan bisnis kita!

Modal ini bisa terus diperluas dengan mengembangkan jaringan Anda di berbagai tempat! Tambah modal network dengan bergabung dengan organisasi!

  1. Modal Skill.

Apa yang Anda bisa dan apa yang Anda jago itu asset paling berharga! Sebagai Passionpreneur, profesi terbaik dan paling ideal untuk diri sendiri adalah bidang yang Anda suka, dan Anda Jago! Artinya, profesi yang ingin Anda mulai adalah profesi dimana Anda punya skill yang bisa diandalkan dan bisa dijual.

Tanyakan pada diri Anda, apa yang Anda jago dan bisa Anda pakai? Bagaimana bisa Anda jual? Bagaimana Anda bisa memakai skill Anda segera untuk menghasilkan sesegera mungkin?

  1. Modal Pengetahuan.

Apa yang Anda tahu bisa membawa Anda jauuuh ke depan. Knowledge is Power! Jadi kalaupun Anda belum memiliki modal uang yang cukup untuk membiayai start up profesi Anda, Anda bisa memperluas pengetahuan Anda dalam bidang itu, pelajari berbagai hal yang orang lain tidak tahu, dan jadikan itu modal mulai!

Dengan pengetahuan Anda, Anda bisa menemukan celah Plan C yang tidak membutuhkan banyak modal, atau bisa meyakinkan konsumen atau klien, atau calon investor Anda tentang kredibilitas Anda.

Kalau saat ini belum banyak yang Anda tahu tentang bidang Anda, cepat cari tahu dan perluas pengetahuan Anda! Ilmu Anda adalah modal Anda dalam mencari partner yang punya duit.

  1. Modal Ide.

Percaya nggak? Ide itu mahal lho. Nggak semua orang bisa punya ide keren!

Kalau Anda tidak punya banyak uang untuk start up profesi yang Anda banget, pastikan Anda bisa mengembangkan ide Anda, dan berkreasi dengan ide yang mumpuni! Tapi ide saja tidak cukup, sertakan rencana eksekusi matang bersama ide Anda, dan gunakan ide dan rencana itu sebagai modal Anda untuk melangkah mencari partner! Atau kenapa nggak, mungkin Anda bisa mencari ide tentang bagaimana menjual jasa dan profesi baru Anda langsung dengan cara baru!

Misalnya, kalau buka toko buku memakan terlalu banyak biaya, kenapa tidak bikin MLM Online yang menjual buku lewat jaringan? Cari ide baru!

  1. Modal Nyali.

Dan dari semua modal di atas, modal satu inilah yang paling penting!

Sebagian besar (kalau tidak semua) orang yang mencoba hidup dalam profesi sesuai Passionnya gagal karena rasa takut. Takut mulai, takut nyoba, takut gagal, dan takut akan serba ketidakpastian. Apa ini jalan yang benar? Apa yang bakal terjadi kalau saya jatuh? Gimana kalau saya bangun hanya untuk jatuh lagi?

Jawabannya? Hanya Tuhan yang tahu. Tapi apa itu artinya kita tidak akan pernah bangun dan mencoba?

Rugi banget!

Berani nyoba, berani mulai, berani jatuh, dan berani BANGUN LAGI setelah jatuh, juga berani untuk menghubungi, minta bertemu dengan orang penting, dan berani melakukan negosiasi dengan orang baru, itu semua butuh nyali.

Seorang Passionpreneur tahu bahwa modal itu bukan cuma masalah duit. Karena itu, inilah salah satu cara ngumpulin modal ala Passionpreneur! Dengan cara memakai modal apapun yang ada di tangannya pada saat ini juga!

So, berikutnya Anda keceplosan ngomong, “Nggak adaaa modal niiiih!”, eits tahan dulu tuh lidah Anda, dan coba cek, apa sebenarnya modal- modal Anda yang lain? Masak siiih nggak ada modal?

Modal apa yang Anda punya saat ini di tangan Anda? Kapan Anda mau mulai dengan menggunakan modal itu?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun