Kenapa Karyawan (dan Siapapun) Perlu Ngeblog!

Kenapa Karyawan dan Siapapun Harus Punya Blog

Dengan MEMAKSA diri untuk ngeblog secara rutin, Anda akan belajar mengatur waktu lebih baik dalam aspek lainnya dalam profesi Anda.

Tips: Temukan waktu yang paling ideal buat ngeblog, bisa malam hari, bisa pagi sebelum berangkat, atau bisa setiap istirahat makan siang. Temukan yang cocok dengan dinamika waktu Anda!

5. Ngeblog memberi Anda waktu Pribadi dan Kepuasan Pribadi di luar Pekerjaan.

Ngeblog adalah sarana curhat pribadi. Saat Anda lagi ngeblog, pikiran Anda berfokus hanya pada diri Anda, buah pemikiran Anda, dan pada laptop. Ini artinya Anda punya waktu yang sangat pribadi untuk diri Anda sendiri!

Saat Anda ngeblog, Anda membebaskan diri dari situasi dan pekerjaan, untuk masuk ke dalam ranah kepuasan pribadi. Jadi Anda memberikan kesempatan untuk mental Anda sebuah ‘ruang tenang’ dari pekerjaan dan menikmati hari sebagai diri sendiri.

Belum lagi saat Anda mendapat respon positif atau melihat penambahan jumlah pembaca, ada rasa kepuasan pribadi yang tidak bisa dilupakan begitu saja.

Cara Memulai Blog Untuk Kepuasan Pribadi

6. Ngeblog membuka Jaringan baru untuk Anda.

Ini dunia Googling. Artinya, selama ada orang yang punya minat, passion, hobi, dan pemikiran yang sama dengan Anda, atau ingin tahu tentang isi tulisan blog Anda, Anda akan selalu bisa ditemukan oleh pembaca dengan minat sama, yang mampir ke blog Anda lewat google.

Jadi dengan punya blog, Anda membuka kemungkinan untuk berkenalan dengan orang- orang baru, membuka jaringan baru, potensi calon klien baru, yang semuanya bisa jadi memiliki ketertarikan, minat, atau pemikiran yang sama dengan Anda.

Tips: Ngebloglah tentang apa yang menarik minat Anda, tentang apa yang Anda care, tentang pekerjaan Anda di kantor, tentang bidang bisnis yang ingin Anda geluti. Karena blog bisa menambah jaringan Anda di bidang yang sama.

7. Ngeblog memaksa Anda belajar hal Baru.

Setiap Anda ngeblog, Anda harus nyari ide baru. Dan nyari ide baru, artinya Anda tanpa sadar akan mempelajari hal- hal baru. Hal- hal baru yang Anda pelajari saat Anda nyari ide konten blog Anda bisa jadi sangat bermanfaat buat ngembangin pekerjaan Anda di kantor, diaplikasikan untuk mencapai target Anda, untuk menyiapkan Anda dengan usaha sampingan Anda, atau sekedar menambah skill pribadi Anda!

8. Ngeblog membantu Anda mengeluarkan Unek- unek.

Ngeblog bisa jadi sarana curhat yang sangat amat baik. Punya unek- unek soal tetangga? Jadiin ilham blog. Punya unek- unek soal gaji yang nggak kunjung naik? Tulis ide Anda untuk sistem gaji yang lebih baik di blog Anda. Punya unek- unek sama situasi politik bangsa? Tulis blog dan kemukakan pendapat Anda.

Secara psikologi, ngeluarin unek- unek itu sehat, dan bisa membantu Anda mengurangi level stress Anda di tempat kerja, di kantor, atau saat menghadapi bos Anda. Tapi kalau ngeluarin unek- unek Anda secara langsung bisa beresiko dipecat atau kena masalah? Tuliskan unek- unek Anda dalam blog, dan pake nama anonimus atau nama samaran!

9. Ngeblog membantu Bos Anda memahami Kelebihan Anda.

Saya suka menyarankan pada karyawan manapun untuk jujur ngomong ke bosnya tentang Passionnya dan skill tersembunyinya. Tapi nggak semua orang berani melakukan ini. Tapi kalaupun Anda tidak mau menyampaikan ini secara langsung pada bos Anda, blog bisa membantu Anda membuktikan hal itu.

Dengan ngeblog tentang skill atau kelebihan dan minat Anda, (dan menyebarkan linknya di tempat kerja), orang di kantor, termasuk bos, akan melihat kelebihan Anda yang sesungguhnya, dan akan memahami potensi Anda yang mungkin tidak terlihat di rutinitas kantor.

Ini bisa membuka potensi BESAR untuk mendapatkan posisi atau bidang kerja yang lebih PAS untuk Anda di kantor!

10. Ngeblog itu Gampang dan Gratis.

Mau mulai ngeblog detik ini juga? Bisa!

Ngeblog itu gampang dan gratis. Anda bisa memulai blog Anda di situs- situs penyedia jasa blog gratis, seperti (dan yang terbesar) WordPress. Dan Anda juga bisa mulai menulis di situs opini publik seperti Kompasiana. Atau lebih keren lagi, Anda bisa menulis di Kompasiana, dan membawa pembaca Anda ke website pribadi Anda.

Semuanya Gratis! Saat Anda mau mendapatkan domain pribadi Anda, barulah Anda perlu membayar untuk domain dan hosting (seperti yang disediakan RumahWeb), tapi itu pun dengan biaya yang sangat murah per tahunnya.

Itulah 10 alasan kenapa semua KARYAWAN dan SEMUA ORANG harus ngeblog! So, tunggu apa lagi? Go blog! … eh maksudnya bukang ngehina, tapi pergilah dan mulai ngeblog!

Anda sudah punya blog? Keren! Tentang apa blog Anda?

8 thoughts on “Kenapa Karyawan (dan Siapapun) Perlu Ngeblog!”

  1. wah terimakasih coach Dedy, hihiii gara2 blog saya jadi dapat orderan. dan akhirnya serius mendalami dunia ini.

    banyak nambah silaturahim dari ranah online, jadi banyak kolega darisini.. terimakasih coach dedy

  2. makasih inspirasinya bang dedy…
    saya kebetulan suka blogging sejak lama tapi baru fokus beberapa waktu terakhir karena sudah resign dari pekerjaan lama, bukan karena alasan mengejar passion, tapi karena hidayah..hehe

  3. Pingback: Menghilangkan Ngantuk Saat Nggak Ada Kerjaan | Dedy Dahlan

  4. Pingback: Title -Oke ini title- – bangdibs

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun