Kenapa Karyawan (dan Siapapun) Perlu Ngeblog!

Kenapa Karyawan dan Siapapun Harus Punya Blog

“Aduh, da aku mah apa atuh”, kata seorang peserta seminar saya, pas saya nanya apa dia punya blog atau nggak. Rupanya, dia menganggap bahwa sebagai karyawan biasa, konsep bahwa dia perlu punya blog itu aneh banget, dan dia sama sekali nggak mengerti arah dan fungsinya.

Mungkin Anda, karyawan ataupun bukan, juga menanyakan hal yang sama.

“Kenapa saya harus punya blog?” “Apa gunanya saya perlu punya blog?” “Apa manfaatnya blog?” “Apa nanti saya nggak diketawain gara- gara ngoceh nggak jelas dan jadi kayak orang ‘gobl*g’?”

Belum lagi, masalah yang selalu jadi ‘favorit’ semua orang. “Aduuuh, nggak ada waktuuunyaaaaaaaaa. Mau nonton sinetron aja nggak bisa, kapan mau ngeblognyaaaa?”

Tapi apapun alasannya, kali ini saya mau menekankan, bahwa siapapun Anda, walau Anda merasa Anda cuma seorang karyawan biasa, entrepreneur, atau bahkan seorang ‘pengacara ternama’ (PENGangguran- bAnyak- aCARA- TERakhir- NgedAk- diteriMa- kerjA), saya SANGAT menyarankan Anda untuk memiliki sebuah BLOG!

Berikut adalah 10 alasan saya, kenapa Anda harus langsung angkat jari dan membuat blog setelah selesai membaca artikel ini!

1. Ngeblog membantu Anda Mengembangkan Passion.

Banyak orang yang dengan alasan banyak kerjaan, sering nggak punya waktu buat ngembangin Passionnya. Banyak juga yang punya pengetahuan dan wawasan yang baik di bidang hobinya, tapi sayangnya nggak diapa- apain, sehingga pengetahuan atau skill tentang hobinya itu cuma dikunci mati pake gembok dua rangkap di dalam kepalanya.

Saya selalu bilang, menemukan Passion itu bakal susah kalau kita cuma berandai- andai, membayang- bayangkan, atau mengira- ngira. Yang namanya Passion seringkali (bahkan hampir selalu), ditemukan atau dibuktikan, dengan MENCOBA, dipakai, dipelajari, dan dijalankan dengan rutin.

Kalau sebagai karyawan Anda nggak punya banyak waktu untuk menjalankan Passion secara fisik, paling nggak, dengan ngeblog rutin tentang Passion Anda, Anda jadi punya sarana untuk ngembangin dan ngerasain ‘feel’ Passion itu! Apa Anda antusias? Apa Anda makin lama makin semangat? Apa Anda jadi menemukan ide baru untuk ngembangin hobi Anda itu? Ngeblog bisa jadi sarana trial atau pelampiasan Passion awal!

2. Ngeblog melatih Kreatifitas Berpikir dan Berkarya Anda.

“Nggak tahu mau nulis apa” adalah alasan favorit kedua yang ngehambat orang buat ngeblog. Tapi justru menurut saya, kalau Anda mau tahu bagaimana supaya bisa tahu mau menulis apa dan jadi bisa nulis, Anda harus MULAI nulis segera!

Di awal- awal ngeblog dan nulis, saya juga sering banget dihadapkan pada writer’s block. Salah satu tim saya yang nggak biasa nulis juga, pas disuruh nulis 400 kata aja susahnya setengah mati, sampe minta ampun dan memilih nraktirin baso buat sekantor daripada nulis 400 kata lagi.

Tapi itu justru INDAHNYA ngeblog! Nggak ada benar salah. Nggak ada yang akan menghakimi isi tulisan Anda yang belum bagus. Paling juga nggak dibaca. Kalaupun ada komen negatif, cuekin aja! Kenal juga nggak.

Jadi ngeblog bisa jadi sarana latihan menulis kreatif yang sangat baik, yang nantinya akan bermanfaat untuk Anda yang tertarik nulis buku, atau bahkan dalam komunikasi Anda di kantor.

Tips Ide Tulisan di Blog Anda:

Pertama, tulis tentang Passion Anda. Kedua, tulis tentang apapun yang lagi Anda suka. Tiga, tulis apapun yang ada di kepala Anda (termasuk unek- unek). Empat, tulis dulu, dan nanti juga ide lainnya muncul sendiri!

3. Ngeblog melatih Disiplin dan Mengembangkan Kebiasaan Konsisten.

Ngeblog memang nggak ada jadwal wajibnya, dan nggak ada satpam yang bakal ngebentak dan nyuruh Anda push up kalau Anda sebulan nggak ngeblog. Tapi ngeblog yang baik itu sebaiknya dilakukan rutin dan konsisten.

Dengan adanya jadwal rutin dalam ngeblog, Anda akan terbiasa melakukan sesuatu secara rutin dan konsisten. Setiap hari apa Anda membuat dan menerbitkan blog baru, bagaimana cara bahasa Anda, kapan Anda menyebarkan link ke blog Anda di sosial media, dan sebagainya.

Dengan membiasakan diri dengan jadwal menulis isi blog Anda, sebenarnya Anda sedang melatih diri Anda lebih disiplin dan konsisten dengan rencana- rencana Anda.

4. Ngeblog melatih Anda membagi dan Mengatur Waktu.

Kalau Anda termasuk orang yang selalu kehabisan waktu, maka mulai ngeblog bakal ngebantu Anda melatih kemampuan ngatur waktu dengan lebih baik lagi.

Bayangkan bila Anda, setelah bangun pagi, kerja seharian di kantor, istirahat, pulang, bermain dengan anak, bercanda dengan pasangan, makan masakan si mbok, dan ternyata masih sempat membuat 1 artikel blog setiap 2 hari. Berarti Anda punya kemampuan manajemen waktu yang sangat baik!

8 thoughts on “Kenapa Karyawan (dan Siapapun) Perlu Ngeblog!”

  1. wah terimakasih coach Dedy, hihiii gara2 blog saya jadi dapat orderan. dan akhirnya serius mendalami dunia ini.

    banyak nambah silaturahim dari ranah online, jadi banyak kolega darisini.. terimakasih coach dedy

  2. makasih inspirasinya bang dedy…
    saya kebetulan suka blogging sejak lama tapi baru fokus beberapa waktu terakhir karena sudah resign dari pekerjaan lama, bukan karena alasan mengejar passion, tapi karena hidayah..hehe

  3. Pingback: Menghilangkan Ngantuk Saat Nggak Ada Kerjaan | Dedy Dahlan

  4. Pingback: Title -Oke ini title- – bangdibs

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun