Chris Gardner: “Plan B Sucks!”

0

Soo, hari Jumat- Sabtu 13- 14 September 2013 kemarin, saya diundang seorang kenalan saya untuk hadir di Wealth Expo 2013 di Kota Kasablanka. Persis di bagian atas undangan itu, bercokol foto pria yang wajahnya saya kenal dari acara Oprah Winfrey, yang pernah saya lihat duluu, entah kapan. Chris Gardner? Kata saya sendiri, nggak tahu bertanya atau menyatakan. Sama seperti istri saya kalau lagi minta pendapat saya soal milih baju pesta. “Bagus yang ini dong atau bagus yang ini kan?” Ini nanya, ngasih tau, atau maksa? Saya nggak ngerti deh.

Chris Gardner at Wealth Expo 2013Anyway, ternyata foto itu memang Chris Gardner! Kalau Anda nggak kenal siapa Chris Gardner, maka Anda WAJIB nonton film “The Pursuit of Happyness” , yang dibintangi Will Smith, berperan sebagai Chris Gardner. Film itu mengisahkan tentang perjuangan seorang pria dan anaknya yang masih sangat kecil, melewati penderitaan dan kesulitan finansial, bahkan sampai sempat tidur di dalam toilet stasuin kereta, menuju impiannya! Kali ini, Chris Gardner yang asli akan datang dan berbicara di Jakarta!

Singkat kata singkat cerita, menjelang sesi Chris Gardner saya sudah duduk manis di kursi saya di deretan cukup depan, sambil nahan keinginan ke toilet. AC ruangannya memang nyebelin, saya udah bolak balik ke toilet 3 kali dalam 1 jam sebelumnya saja. Tapi penantian itu worth it, karena nggak lama, Chris Gardner pun muncul. Dan sesinya, walau cuma 1,5 jam,buat saya keren banget dan sangat inspiratif.

Sekarang, saya akan mencoba berbagi pada Anda beberapa point keren yang disampaikan oleh Chris di acara itu, dan Anda bahkan nggak perlu nahan- nahan kebelet untuk ke toilet kayak saya kemarin.

Baca Juga  Nyalakan Lilinmu Untuk Bangsa

Karena judul acaranya adalah Wealth Expo, dan Chris adalah salah satu figur yang sukses karena investasi, saham, dan bisnis, (apalagi selama dua hari ini, pembicara lainnya kebanyakan berbicara tentang urusan finansial dan investasi), banyak yang menyangka bahwa itulah yang juga akan dibicarakan oleh Chris. Di luar dugaan, dia justru banyak bicara soal PASSION! Yup! Passion baby!

“Find your button that the sun can’t go out fast enough for you to start doing it”, katanya. Kunci pertama untuk sukses dan bahagia, adalah menemukan hal yang bikin Anda nggak sabar nunggu pagi untuk mulai kerja lagi! Karena menurut Chris, dalam diri kita itu ada yang disebut ‘Spiritual Genetics’, ini adalah aspek yang bikin Anda UNIK dan bikin Anda jadi DIRI ANDA sendiri! Hal inilah yang bikin kita full motivasi, dan memberi makna dan kebahagiaan dalam hidup.

So point pertama, temukan apa yang bikin diri Anda jadi DIRI ANDA sendiri!

“Start where you are!” katanya lagi. Jangan berandai- andai, berkalau-kalau, dan bernanti- nanti. Chris tumbuh dengan ayah tiri yang keras, dan melakukan penyiksaan fisik. Tapi dengan keteguhan hati dan arahan ibunya, dia bisa menjauh dan tumbuh tanpa terjebak situasi itu. Lalu iapun pernah merasakan beratnya hidup di jalanan sebagai tunawisma tanpa uang sepeserpun, dan tinggal di penampungan atau toilet stasiun kereta! Tapi dia bisa keluar dari situasi itu, bahkan mendirikan firma investasinya sendiri yang sukses besar! Prinsipnya dalam menghadapi masalah adalah, “I drove in, then I can drove myself out!”

Point kedua, nggak ada kondisi dimana Anda terlalu terpuruk atau terjebak untuk maju dan bahagia. Untuk meraih apa yang Anda inginkan, MULAILAH dari posisi SEKARANG!

Baca Juga  Bangun Profesinya, Putar Duitnya

“Plan B Sucks!”, inilah kata- katanya yang bikin saya ketawa dan ngejerit- jerit senang kayak cewek ABG nonton SMASH. Plan B, menurut Chris, adalah ‘rencana apa boleh buat’. Dalam memilih tujuan hidup, yang kita benar- benar inginkan adalah Plan A! Jadi Plan B, adalah rencana atau tujuan yang sebenarnya kita nggak pengen! So, jangan sibuk mempersiapkan plan B, tapi fokus di Plan A, yakinkan akan pencapaiannya, dan BERKOMITMEN lah di Plan A!

Point ketiga, KOMITMEN KOMITMEN KOMITMEN. Kalau Anda ingin sesuatu dalam hidup, berkomitmenlah pada hal itu. Kalau Anda nggak hidup dalam sesuatu yang Anda cintai dan Anda Passionate di dalamnya, maka Anda harus siap- siap hidup tanpa perasaan puas, dan menyesal kemudian hari!

Sebenarnya masih banyak banget point keren yang disampaikan Chris, tapi dalam kesempatan ini, cuma ini sajalah yang bisa saya share. Mudah- mudahan bisa memberi Anda inspirasi dalam beraktivitas dengan hati!

Terakhir, Chris Gardner memberikan suatu rumus P.

So, tanyakan pada diri Anda, “Apa saya sudah hidup sebagai diri saya sendiri dan ber KOMITMEN di dalamnya?”


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun