Cara Mengembangkan Passion Yang Layak Jual

Bagaimana mengembangkan passion dan hobi yang layak jual menjadi sumber uang dan income, dalam mengubah hobi jadi uang dan bisnis.

Waaaaaaaaaahh, nggak terasa sudah setahun saya tidak mengunjungi Anda lewat blog artikel ini!

Apa kabar Anda? Apa kabar tetangga? Kabar mang Ujang? Kabar tukang baso sebelah? Dan lebih penting lagi, apa kabar mimpi dan Passion Anda? Apa hobi Anda sudah menambah bibit bebet dan bobot dompet Anda?

Selama setahun ini, sambil sibuknya ‘ngamen’ keliling nusantara, saya juga terus menerus diingatkan, dengan bertemu dengan orang- orang yang MEMBUKTIKAN kalau menghasilkan uang dari passion memang menyenangkan!

Misalnya saja, saya banyak bertukar cerita dengan:

  • Seorang pro gamer Counter Strike Go, yang kini bekerja sebagai Coach tim Counter Strike professional!
  • Seorang penulis Meme profesional, yang menghasilkan uang dari membuat Meme jokes!
  • Seorang peminat jam antik, yang dari hobinya, sampai memberikan konsultasi pada Kapolda!
  • Seorang passionista lifestyle, yang channel YouTubenya melesat sebagai YouTuber lifestyle!

Dan masih banyak lagi! It truly is a great time to be alive!

Tapi ironinya, di jaman dimana lampu teplok udah punah, dan mesin tik udah masuk museum prasejarah, masih ada aja orang- orang yang alibinya sama aja dengan pada jaman TV item putih dulu, “Passion nggak bisa bikin dapur kita ngebul”.

Dimana saya biasanya suka menjawab mereka dengan lembut, mengelus rambutnya halus, memandang dalam- dalam ke matanya, menarik napas dalam penuh arti, dan mengatakan, “KITA? Itu sih lu aja kali.”

Logikanya sama kayak waktu saya belajar main golf dulu.

Hanya karena bola golf yang saya pukul ‘kolecer’ muter nggak jelas, dan memutuskan untuk hinggap ke jidat tukang siomay sebelah, bukan berarti memukul golf yang benar itu nggak mungkin dilakukan. “Itu sih saya aja kali”. Buktinya orang lain bisa mukul bola golf tanpa bikin judat mang Siomay benjut.

Dan buktinya, orang lain bisa menghasilkan uang dari hobinya. Kenapa Anda nggak?

Kuncinya, adalah membuat Passion Anda LAYAK JUAL. Untuk ini, Anda cuma harus tahu CARANYA.

 

Cara Mengembangkan Passion Yang Layak Jual

Sekeren apapun mimpi Anda, dan sebesar apapun Passion Anda, bahkan kalaupun Anda menceritakan Passion Anda sambil gemetaran, kepalan digoyang- goyang, dan mata memancarkan api, Anda nggak bisa membuat orang memberikan Anda uang untuk Passion Anda.

Paling mereka bakal masang tampang simpati dan nanya polos, “Ente demam gan?”

Untuk membuat Passion Anda bisa menghasilkan, Anda harus membuatnya LAYAK JUAL dulu, lewat lima hal berikut:

Satu – Konversi Passion Jadi Produk atau Jasa

Passion itu nggak ada gunanya … selama cuma ada dalam kepala Anda.

Orang mengeluarkan uang mereka untuk sesuatu yang nyata. Yang memberikan mereka keuntungan dan manfaat. Yang bisa dipegang atau dirasakan. Yang membuat hidup mereka lebih mudah atau lebih menyenangkan. Dan untuk semua ini, orang rela keluar duit, dan mentransfer sebagian isi dompetnya ke dalam dompet Anda.

Artinya, Anda harus mengeluarkan ‘passion’ dari kepala dan hati Anda ke dunia nyata.

Konversi dan ubah deg- degan Anda jadi sesuatu yang bikin orang lain deg- degan juga! Konversi minat Anda dalam bentuk PRODUK atau JASA yang nyata.

  • Suka nulis? Orang nggak bisa bayar kisah dalam kepala Anda, ‘keluarkan’ dalam bentuk BUKU atau BLOG.
  • Suka menyanyi? Orang nggak bisa nongkrong di kamar mandi Anda tiap hari, ‘keluarkan’ dalam bentuk cover video di YouTube, atau tawarkan jasa di acara RT dan kafe terdekat.
  • Suka menggambar? Orang ogah bayar Anda untuk ngegambar superhero di kamar, ‘keluarkan’ dalam bentuk komik digital, poster fisik, atau kelas menggambar untuk anak- anak.
  • Suka olahraga? Ngapain orang bayar Anda buat jogging pagi sambil ngeceng? Ubah dan ‘keluarkan’ jadi komunitas jogging, buat toko sepatu olahraga, atau bikin jasa city bike tour guide.

Temukan WUJUD nyata passion Anda yang bisa memberikan keuntungan untuk orang lain, dalam bentuk produk atau jasa! Point ini, berhubungan langsung dengan point dua.

Tips: Tanyakan, “Bagaimana passion Anda bisa membantu orang lain?” “Bagaimana membuat hidup mereka lebih mudah?” “Bagaimana membuat hidup mereka lebih menyenangkan?” “Apa yang membuat mereka ingin mengeluarkan uang di bidang ini?”

Ubah passion dan hobi jadi karya, produk, dan jasa. Entrepreneurship dan passionpreneurship bersama dedy dahlan.

Dua – Temukan dan Pastikan Pasarnya

1 thought on “Cara Mengembangkan Passion Yang Layak Jual”

  1. Pingback: Bagaimana Mengatasi Kekurangan Jadi Sumber Duit | Dedy Dahlan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun