Cara Memulai Usaha Sampingan Sebagai “Kreator Konten”

Cara Usaha Sampingan Sebagai Kreator Konten

Nyari usaha sampingan di era sekarang nggak harus sampe jadi ninja Hatori, sampe mendaki gunung lewati lembah, atau berenang di sungai yang mengalir indah ke samudera. Ada satu usaha yang berpotensi jadi usaha sampingan, yang muncul beberapa tahun belakangan ini, yang bisa diakses oleh semua orang, nggak jauh- jauh dari kita, tapi belum disadari oleh banyak orang umum.

Yaitu potensi “Konten Kreator” sebagai usaha sampingan, dan menghasilkan uang sebagai kreator konten!

Artikel ini akan mengajarkan pada Anda, bagaimana Anda bisa jadi seorang konten kreator, dan CARA MENGHASILKAN uang tambahan sebagai kreator konten!

Kalau Anda termasuk salah satu orang yang baru dengar istilah “Kreator Konten (Content Creator)“, nggak usah langsung buka halaman browser, bakar menyan digital dan manggil si mbah Google dulu, izinkan saya menjelaskannya untuk Anda.

Setiap kali Anda buka hape, buka laptop, dan browsing- browsing internet saat nungguin istri belanja, atau sambil nungguin suami ngelapin motornya sampe mengkilat, atau sambil nungguin anak maen perosotan, itu Anda lagi melihat ‘konten’ karya para ‘kreator konten’.

Konten adalah media penyampaian pesan, apapun yang memuat informasi atau hiburan, dan membawa muatan kisah.

Artikel adalah konten. Infografik adalah konten. Komik Instagram adalah konten. Meme yang Anda share tiap hari, adalah konten. Slide yang Anda download, adalah konten. Webseries favorit Anda di YouTube, adalah konten. Tutorial yang Anda baca dan Anda catat, adalah konten. Sampai post hoax yang di- share sama teman Anda di grup WA – yang supaya dia ngak disalahin dia buru- buru bilang “cuma copas dari grup sebelah” – juga konten.

Kebayang?

Artinya, sekarang, hampir tiap menit dan tiap harinya, Anda berhubungan dan mengkonsumsi KONTEN karya seorang atau satu tim KREATOR KONTEN!

[Tweet “Dunia sekarang dikelilingi dan dibangun dengan KONTEN karya para KREATOR KONTEN!”]

Oke, sekarang setelah Anda tahu apa itu konten, lalu bagaimana Anda jadi seorang kreator konten?

Kunci Menjadi Seorang Kreator Konten

Untuk jadi kreator konten, Anda perlu memperhatikan dan mengembangkan beberapa hal.

1. Pilih Topik Konten yang MENARIK buat Anda

Anda bisa jadi penulis artikel, vlogger, bikin webseries, bikin slide, bikin infografik, bahkan komik sekalipun. Tapi apa isinya? Tentang apa? Apa yang jadi topik utama Anda? Apa spesialisasi Anda sebagai kreator konten?

Konten kreator perlu memiliki spesialisasi topik, bukan hanya untuk memudahkan mendapatkan pasar dan income, tapi juga untuk membuatnya lebih menonjol di topiknya. Tapi apa topik dan jenis konten ideal Anda? Solusinya mudah. Pilihlan konten, dan topik, yang SESUAI dengan Passion dan menarik untuk Anda!

2. MINAT Lebih Penting dari Bakat

Nggak perlu banyak mengkhawatirkan soal ‘bakat’. “Nggak berbakat” adalah alasan yang paling sering dipakai oleh orang yang nggak mau capek berusaha dan nggak mau terus mencoba, atau mudah menyerah dalam mencoba mengembangkan skillnya.

Saya nggak berbakat nulis, sampai saya memaksa diri belajar, dan sekarang jadi penulis.
Saya nggak berbakat ngomong, sampai saya maksa manggung, dan sekarang jadi Coach.
Saya nggak berbakat bisnis, sampai saya maksa belajar bisnis, dan sekarang jadi pengusaha.

Jadi mau tapi nggak bisa? CUEKIN! Terus kembangkan konten yang menarik minat Anda, dan kembangkan skill Anda sambil jalan!

3. Bangun Brand CHANNEL

Brand Channel adalah jalur atau channel media yang Anda pakai untuk menyampaikan dan menyajikan konten- konten Anda. Website, social media account, channel YouTube, dan sebagainya adalah brand channel.

Bangun brand channel Anda, dengan karakter yang sama, pesan yang sama, dan dengan fungsi konten yang saling mendukung satu sama lain. Sebisa mungkin, pakai nama yang sama di seluruh brand channel Anda.

4. Utamakan KREATIVITAS, bukan Harga

Kebanyakan kesalahan yang bikin calon kreator konten nyangkut di alam “kalau saja” dan dimensi “pengennya siihhh”, adalah harga. Mereka mau bikin vlog, dan menghitung biaya per episode yang dibutuhkan untuk produksi satu episode.

4 thoughts on “Cara Memulai Usaha Sampingan Sebagai “Kreator Konten””

    1. Mulai dari bikin konten yang kamu suka dan tertarik. Ga usah yang susah- susah, mulai dari yang mudah, kayak blog, IG, atau youtube. Dan pelan2, bakal muncul deh peluangnya

  1. Memulai untuk menjadi seorang content creator yang terkadang membuat kita agak malas, perta , kita merasa binggung karena belum punya ide dan tentunya pengalaman. kuatir jika conten yang kita buat tidak menarik dan jelek, serta takut jika tidak disukai orang banyak..

    Gimana membuang rasa seprti itu ..?? share pengalaman aja sihh…hhhh

    1. Hmmm, saran terbaik saya cuma satu. Mulai aja, dan kudu agak nutup kuping dikit XD Pertama nulis buku pertama saya, feel itu ada banget. Tapi karena saya ngotot, saya terus menulis dan terus bikin konten. Lama2, sayanya enjoy, dan pembaca juga mulai enjoy. So, untuk ngebuang rasa itu, mulai dari topik yang kamu emang suka, dan mulai aja langsung secara rutinn. Suksessss

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun