Biasanya Nggak Begini!

Berkreasi dan berinovasi itu sebenarnya nggak terlalu sulit. Kita cuma perlu punya PASSION di bidang itu, BERANI berpikir beda, dan yang lebih penting lagi, berani MENGEKSEKUSI perbedaan yang kita pikirkan itu!

Bahasa kerennya “Out of the Box“, kata om bule.

Bahasa sayanya “Kenapa musti begitu?”

Waktu ngembangin Passion jadi Profesi pun, kreasi dan inovasi dibutuhkan. Dan untuk itu, dibutuhkan pula konsep “Kenapa musti begitu?”

Saat kita mengembangkan diri, karier, dan bisnis, saya suka mencegah orang untuk memberi “label” atau memberi nama pada passionnya, khususnya di masa- masa awal pelaksanaannya. Karena ketika dia memberi label, misal passionnya jadi “Penulis”, jadi “Penyanyi”, dan lain- lain, maka sebenarnya dia udah mengotak- ngotakan dirinya (In the Box), dan pilihan kariernya jadi sangaaaat terbatas!

Sebenarnya, dia kan bisa saja ternyata suka aspek KREATIF dari menulis, suka aspek PEOPLE dari menyanyi, dan lain- lain. Yang ketika kita tuliskan demikian, berarti dia punya arah lain yang bisa dia pilih, bukan hanya Penulis dan Penyanyi! Bisa jadi Sutradara, bisa jadi Pendongeng, bisa jadi Brand Activation Consultant, bahkan dia bisa bikin profesi sendiri, Psikolog Gaul misalnya?

Tapi pas seseorang mulai berpikir ‘berbeda’ dan out of the box seperti ini, seringkali dia bakal ketemu orang lain dan opini publik yang akan mengatakan “Biasanya nggak begini!”

Dan diapun kehilangan semangat… iya ya? Nggak begini ya?

Dan diapun jadi kehilangan inovasi yang tadi NYARIS diciptakannya.

Sampai mendadak ada orang lain yang melakukan hal yang sama, dan diapun nangis darah penuh penyesalan … “Tuuuuu kaaan, ide guaaaa tuuuuh, hiks hiks!”

Waktu beberapa tahun yang lalu saya memulai salah satu bisnis saya, Pempek Supermin di Bandung. Semua orang bilang, “Pempek udah banyaaak oooommmmm”, “Pesaing baaanyaak ooooooom”, “Pempek mah kitu- kitu waeee oooommmm”. Dan jawaban saya cuma satu.

“Jangan panggil saya om”.

Aneh, nggak kapok- kapok orang manggil saya om.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun