Bagaimana Mengatasi Kekurangan Jadi Sumber Duit

Menangani Kekurangan dan Kelemahan diri jadi Duit dan melatihnya jadi Sumber income. Kelemahan dan kekurangan diri adalah kelebihan dalam passion, profesi dan bisnis.
Bagaimana mengatasi kekurangan jadi sumber duit?

“Suka tapi nggak bisa”.

Kalau saya dapat seribu perak setiap kali saya dengar kalimat alasan di atas diucapkan orang di seminar, training, atau bahkan di warung padang favorit saya tentang hobi atau passion mereka, maka saya udah punya banyak banget seribuan logam buat dikasih ke ‘pak ogah’ di lampu merah deket rumah saya sampai entah berapa generasi. Saya dengar kalimat ini lagi kemarin malam, dari tamu saya di Passion Academy.

“Suka tapi nggak bisa”, kadang- kadang ditemani kata “nggak bakat euyy”, dengan bangganya – nggak bisa kok bangga – selalu jadi alasan orang buat duduk manis dan berhenti mendalami apa yang sebenarnya sangat ingin mereka jadikan profesi.

Apa ini sebenarnya bisa jadi alasan? Nggak lah!

Bukan hanya masalah nggak bisa, bahkan kekurangan pun nggak seharusnya jadi alasan untuk berkarya sesuai cinta! Melatih kekurangan jadi sumber duit adalah sesuatu yang BISA dilakukan semua orang, nggak perduli ranking berapa Anda di TK dulu. Kekurangan atau kelemahan Anda bukan alasan dan nggak akan PERNAH jadi alasan.

  • Suara jelek jadi ga bisa nyanyi? Omong kodok. Kodok aja bisa nyanyi kok.
  • Nggak bisa ngegambar jadi ga bisa masuk dunia desain? Kata siapa?
  • Nggak pinter ngelola duit jadi ga bisa bisnis? Alesan ah. Sewa aja orang finance.
Semua kekurangan dan kelemahan Anda selalu bisa jadi sumber duit. Dengan syarat, Anda mengenal kelemahan dan kekurangan ini, dan TAHU – atau lebih penting lagi – MAU menanganinya.

Bagaimana Menangani Kelemahan dan Kekurangan Anda

Kata Beatles “All You Need is Love”, dan saya setuju. Pertama yang perlu Anda pastikan, adalah bahwa Anda suka dengan bidang yang Anda pilih itu. Yang penting Anda punya passion dan MINAT untuk bidang itu, ga masalah kalau kelemahan Anda menghalangi untuk sukses di dalamnya.

Sama lah kayak kalo Anda punya kecengan yang Anda suka. Makin besar cinta Anda, makin niat Anda berusaha untuk PDKT nya kan? Ga penting kalau tampang kurang mumpuni dan nggak di- approve sama kaca, tapi nggak akan ada yang menghalangi Anda untuk mendekati sang kecengan pas jam makan siang, nyender ke tembok dengan satu kaki dilipat, pasang senyum sampai gigi kering, dan ngedip. *wink*

Tapi kalau cinta Anda tidak cukup besar, belum apa- apa Anda sudah bakal pasrah, dan duduk di pojok ruangan memandangi langit- langit sambil mendengarkan lagu dari biola sumbang yang mendayu- dayu.

Jadi ada dua tahapan dalam mengubah kelemahan atau kekurangan jadi sumber duit. Pertama, kenali DUA hal penting.

1. Apa sebenarnya CINTA Anda?

Kelemahan atau kekurangan itu TIDAK UNIVERSAL. Artinya, nggak semua kelemahan dan kekurangan di satu bidang atau satu hal juga adalah kelemahan di bidang atau hal lain. Bisa jadi kelemahan Anda di bidang A, adalah kelebihan di bidang B! Ikan nggak bisa manjat pohon, siripnya adalah kelemahan dia dalam kompetisi memanjat pohon. Tapi sirip yang sama adalah kelebihannya dalam berenang!

Jadi dalam mengenali kekurangan, kenali dulu bidangnya. Apa benar hal yang Anda anggap kelemahan adalah kelemahan dalam bidang passion Anda?

2. Apa kekurangan dan kelemahan Anda?

Apa yang Anda nggak bisa? Apa yang Anda anggap nggak bisa? Apa yang Anda anggap menghambat Anda untuk menjalankan passion dan cinta Anda? Dan yang paling penting, apa yang bisa Anda lakukan untuk MENANGANINYA?

Itu adalah tahapan pertama dalam menangani kelemahan dan kekurangan Anda dalam Passion.

Melatih Kelemahan Itu Jadi Sumber Duit

Kelemahan dan kekurangan diri adalah kekuatan yang perlu dilatih
Kelemahan adalah kekuatan yang perlu dilatih
Langkah berikutnya, melibatkan real action, alias langkah nyata.

1. Melatih kelemahan Anda menjadi kekuatan.

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun