Apa Itu Sukses Buat Kamu?

Apa itu sukses buat kamu? Setiap orang punya definisi suksesnya sendiri. Temukan apa itu sukses buat kita dan raih sukses, capai kesuksesan dalam hidup dan pekerjaan.

Sejak SMA, bahkan SMP…, haalah, bahkan SD, kita sudah di- mindsetkan untuk persiapan kerja di kantor besar, dan perusahaan terbesar, sebagai arti kata SUKSES. Jarang kita nanya, “Kenaaapaaaaaa?”

Sebenarnya kerja di kantor besar, adalah mindset yang berasal dari dasar nilai ‘kemapanan’. Ini adalah mindset yang kuat berakar di generasi Baby Boomer dan X. Tapi pada generasi Y, bahkan Z, mindset ini perlahan berubah, dan nilai ‘kebebasan’ menjadi lebih penting untuk mereka.

BUKAN berarti mindset ini salah, tapi kalau mau mempertanyakan arti sukses kita, mungkin kita juga perlu mempertanyakan “kenapa harus begini?” Apalagi di era dimana bekerja dari rumah, bahkan jadi blogger bisa membuat seseorang hidup, bahkan kaya, mungkin kita perlu berani bertanya.

“Apa ini arti kata sukses buat saya?” Bukannya begini juga sukses? Atau nggak?

Kenapa harus punya bisnis sendiri untuk disebut sukses?

Terbalik dari mindset sebelumnya, banyak juga orang yang bermimpi jadi pengusaha.

Dan belakangan ini, makin banyak orang yang makin bermimpi untuk punya bisnis sendiri, sering masuk keluar seminar motivasi bisnis, memaksa diri dan keluarganya untuk bisa berbisnis, sampai gawatnya, semua orang yang nggak suka berbisnis diledek, dan dia tidak merasa sukses sebelum punya bisnis sukses.

Dan akibatnya, temannya yang tidak tertarik bisnis pun jadi ragu. “Apa iya saya harus berbisnis untuk bisa jadi sukses?”

Gimana dengan ribuan karyawan lain yang hidup bahagia sebagai manajer, berhasil meraih keseimbangan kerja dan keluarga, dan enjoy dengan profesinya? Apa mereka bisa dihakimi sebagai ‘gagal’ dalam hidupnya?

Ah, saya rasa belum tentu!

Kenapa belum sukses kalau tinggal di atas toko/ tempat usaha?

Khususnya untuk orang Indonesia yang baru membangun usaha, seringkali ada mindset ‘ego’ kalau tempat tinggal dan tempat usaha barengan.

Jadi mereka keluar biaya dobel untuk menyicil (atau mengontrak rumah), dan mengontrak tempat usaha di tempat lain. Secara mata ekonomi dan perhitungan bisnis, ini sebenarnya merugikan. Bukannya menambah asset, malah menambah liabilitas. Tapi karena takut, dan malu, untuk tinggal di tempat usaha, mereka banyak yang melakukan ini.

Supaya bisa terlihat sukses.

Padahal, kenapa oh kenapa? Khususnya untuk pengusaha baru, atau yang memulai dengan dana terbatas, bukannya nggak ada salahnya tinggal diatas tempat usaha? Malah irit biaya, dan dengan begitu, kita malah mengubah liabilitas (beban) jadi asset lho.

Kenapa lulus musti langsung kawin?

Nahhh lhooooo, kenaaapaaa cobaaaa!

 

Emang, namanya ‘SUKSES’ itu berbeda- beda untuk setiap orang.

Jadi, tanpa memikirkan status quo, dan tanpa harus mikirin definisi sukses yang UMUM dan jadi patokan semua orang hanya karena ‘kebiasaan’, tanpa takut salah dan takut malu, saya tanyakan sekali lagi:

“Apa arti sukses buat KAMU?”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun