6 Pola Pikir Buat Anda Yang Lagi Cari Kerja

Pola Pikir saat Cari Kerja

Jadi, Anda lagi cari kerja nih ceritanya?

Saat kita mempersiapkan diri untuk bekerja dan mencari kerja, ada beberapa pola pikir yang harus diperhatikan. Perbedaan pola pikir yang tampak kecil, yang JUSTRU karena lalai kita perhatikan, malah jadi alasan kenapa kita gagal mendapatkan kerja yang cocok sama kita, atau malah gagal mendapatkan pekerjaan sama sekali!

[Tweet “Salah Pola Pikir, salah pula arah JURUSAN masa depan kita! #LakukanDenganHati”]

Berikut 7 tips Pola Pikir yang penting yang TIDAK BOLEH dilupakan saat mencari pekerjaan, supaya Anda bisa segera mendapatkan pekerjaan yang IDEAL buat kita!

1. ‘Pilih’, BUKAN ‘Cari’

Banyak orang yang sibuk mencari pekerjaan di sana sini, sampai Googling Lowongan Kerja udah jadi hobi dan kerjaan rutin. Pagi siang sore malam, kayak orang meriang minum obat. Tapi sebenarya, janganlah kita memakai pola pikir ‘cari’, tapi pakai pola pikir ‘pilih’.

Kalau kita sibuk memusatkan diri di kata ‘cari’, kita bikin proses menemukan pekerjaan ini jadi terkesan SUSAH! Kayaknya ilang dimanaaa, dan limited edition segala. Ini bisa bikin kita terlalu terburu- buru memilih pekerjaan yang tidak ideal buat kita. Padahal, lowongan pekerjaan dan potensi profesi itu ada di mana- mana!

Saat kita menyadari ini, dan mengganti kata ‘mencari’ dengan kata ‘memilih’, kita jadi lebih tenang. Lebih percaya diri, dan lebih bisa berpikir dalam memutuskan mana pekerjaan yang baik buat kita dan mana yang tidak.

Cobain deh, dan jangan kaget pas ternyata Anda bakal lebih banyak menemukan pekerjaan ideal, saat Anda berhenti ‘mencari’ dan siap ‘memilih’.

2. Pilih karier, BUKAN kerjaan

Ketika kita sudah menemukan beberapa calon pekerjaan di depan mata, tugas berikutnya adalah menentukan bagaimana dan yang mana yang mau Anda pilih.

Banyak orang yang memilih pekerjaan berdasarkan kondisi saat ini, dan dengan satu sudut pandang saja. Ini bisa bikin kita melupakan satu hal yang penting. Yaitu bahwa KARIER kita, adalah diri kita. Identitas yang memberikan kita perkembangan dalam hidup. Itu berbeda dengan sekedar ‘ada kerja, ada gaji, perut kenyang, ane pulang’.

Pilihlah karier, artinya yang dapat mengembangkan diri kita, mewarnai hari kita, Passion kita, makna hidup kita, dan memberikan jenjang peningkatan yang ‘Gue Bangets’ buat kita. Bukan sekedar kerja yang digaji.

Ketika Anda memilih karier, Anda telah menghindari diri Anda dari kerjaan yang bikin Anda nyangkut di tempat.

3. Pilih yang COCOK, BUKAN yang kebetulan ada

Yang namanya ‘salah jurusan’, dari zaman nabi Adam itu penyebabnya adalah asal pilih yang kebetulan ada.

Kebanyakan fresh graduate hobi banget salah jurusan. Udah salah jurusan di kampusnya, terus salah jurusan juga pas milih kerjanya. Nasib salah sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun