5 Tips Kerja Efektif Biar Lebih Produktif di Kantor

24 jam dalam sehari terasa sangat cepat berlalu, apalagi kalau kerjaan lagi numpuk. Kalau ada cara perpanjang waktu seperti menambah energi dalam game, mungkin banyak banget orang yang mau isi ulang waktu setiap harinya.

Hampir setiap pagi (bahkan sebelum badan Anda bener-bener bangun…) selalu menyemangati diri sambil bilang, “hari ini harus kerja lebih produktif di kantor”. Anda berusaha menghipnotis pikiran Anda sendiri untuk kerja lebih produktif. Lalu apa yang terjadi?

Sudah kerja dari pagi sampe sore di kantor bahkan dilanjutkan sampai rumah, tapi ketika melirik ke tumpukan file yang harus diberesin, ingin teriak:

Kok, kerjaan saya nggak beres-beres??!!

Kerjaan di kantor memang nggak akan beres-beres kalau Anda nggak tahu cara untuk bisa kerja lebih produktif di kantor, kerja di rumah, atau dimana pun Anda bekerja. Tips kerja efektif yang menyenangkan ternyata memang perlu Anda coba untuk lebih produktif di kantor dan meningkatkan produktivitas kerja.

Banyak banget artikel sih yang ngasih tips efektif kerja kalau Anda mau baca. Cara meningkatkan produktivitas di kantor, tips manajemen waktu, dan bla bla bla. Jika mengikuti tips kerja efektif agar lebih produktif di kantor terlalu banyak caranya, menghindari suatu hal untuk meningkatkan produktivitas kerja akan lebih mudah untuk Anda coba.

Nih, coba hindari 5 hal yang seringkali dilakukan ketika bekerja ini agar Anda dapat kerja lebih produktif di kantor.

 

Tips Kerja Efektif Pertama:

Berhenti Merencanakan Setiap Detik Kegiatan Anda

Lho, bukannya rencana kegiatan itu perlu?!

Tips kerja efektif yang pertama justru adalah Anda perlu berhenti merencanakan setiap detik dari waktu Anda tanpa waktu istirahat. Ini mungkin terdengar mengejutkan bagi Anda yang seringkali menuliskan to do list untuk semua kegiatan rutin harian.

Sebagian besar orang memang menikmati  membuat to do list semua kegiatannya untuk meyakinkan diri agar menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan menghindari adanya waktu terbuang sia-sia. Namun, benarkah merencanakan semua kegiatan harian Anda setiap detiknya dapat membuat Anda kerja lebih produktif di kantor?

Ketika Anda membuat jadwal harian terlalu banyak, perlahan Anda akan mulai membenci kegiatan atau pekerjaan harian Anda. Tidak hanya itu, ketika hal tidak terduga datang atau energi Anda habis untuk mengerjakan semua pekerjaan yang sudah Anda jadwalkan, Anda bisa kehilangan arah. Menyebalkan karena semua jadi berantakan, dan Anda tidak akan ingin mengerjakan hal lainnya untuk diselesaikan.

Solusinya?

Jika Anda ingin memulai untuk kerja lebih produktif dan meningkatkan produktivitas kerja Anda di kantor ataupun bekerja di rumah, Anda perlu berhenti untuk membuat jadwal untuk kegiatan Anda detik demi detik.

Pilih metode yang lebih sederhana. Misalnya, sebelum tidur saya biasanya memikirkan dan memilih 6 tugas yang ingin dikerjakan. Lalu ketika bangun, baru membuat outline sederhana tentang hal-hal yang ingin saya selesaikan, tetapi tidak perlu terlalu berpacu pada jadwal tersebut.

Hal paling penting adalah, dengarkan apa yang badan Anda katakan. Tetap pusatkan perhatian pada pekerjaan yang penting, dan jangan lupa untuk  sarapan di pagi hari.

Behenti Membuat To Do List Setiap Detik Jadi Salah Satu Tips Kerja Efektif dan Produktif di Kantor

 

Tips Kerja Efektif Kedua:

Lupakan Keinginan untuk Jadi Sukses dalam Beberapa Hal Sekaligus

Yap, inilah cara untuk kerja lebih efektif. Alasan mengapa kebanyakan orang cenderung kehilangan fokusnya adalah karena ingin sukses dalam beberapa hal sekaligus. Hampir semua orang ingin sukses dalam segala aspek kehidupan: membangun bisnis, jadi orang tua yang selalu ada untuk anak-anaknya, pun ingin traveling keliling dunia, dan sebagainya.

Ini yang menyebabkan Anda jadi sulit untuk lebih produktif di kantor dan pekerjaan terasa terus bertumpuk. Tips kerja efektif kedua perlu Anda lakukan: lupakan keinginan untuk sukses dalam beberapa hal sekaligus.

Ketika Anda mengikuti terlalu banyak kesempatan sekaligus dalam satu waktu, ada resiko untuk Anda dapat gagal dalam sekali waktu. Kemudian ketika Anda meraih kesuksesan, Anda hanya akan menikmati kesuksesan yang kecil, tidak seperti satu atau dua kesuksesan besar.

Lebih baik mempelajari satu hal yang akan membantu Anda meraih tujuan dan fokuskan seluruh energi pada perubahan yang mungkin terjadi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun