5 Kelebihan Tes Kepribadian MBTI, Mau Coba?!

Tes kepribadian MBTI seakan sedang jadi trend tes psikologi baru dikalangan anak muda yang nggak kalah populer sama ramalan sesuai tanggal lahir di masa saya muda dulu. (Dulu?! Maksudnya kemarin… Sampai sekarang juga masih muda, kok!)

Kalau di zaman saya sekolah anak-anak perempuan paling seneng baca ramalan zodiac yang ada di halaman belakang majalah yang menurut saya nggak ada relevansinya sama sekali. Mesem-mesem ketika ramalan zodiac untuk si Pisces yang punya gebetan cowok Cancer, dibilang akan menyatakan cinta (adeuuhh…). Padahal si cowok Cancer cuek-cuek aja, noleh aja nggak, apalagi nembak…

Sekarang, mereka dengan bangga menuliskan hasil tes kepribadian MBTI mereka di bio Instagram atau sosial media lainnya. Bahkan, di CV pun, tipe kepribadian MBTI dari hasil tes kepribadian MBTI online gratis-nya nggak lupa dicantumkan.

Buat apa?

Biar keren…. Katanya.

Beberapa teman saya di sosial media yang menuliskan hasil tes kepribadian MBTI mereka, seperti “I’m an ESFP mom”, “ENTJ type personality”, “INFP”, dan sebagainya. Dan mereka bangga dengan hal itu. Tidak sedikit pula yang ikut-ikutan tes kepribadian MBTI online gratis untuk mengetahui tipe seperti apa kepribadiannya. Lalu ikut-ikutan nulis posting di profile Facebook dan bio Instagramnya tentang hasil tes kepribadian MBTI yang dia lakukan.

Katanya, tes kepribadian MBTI ini lebih akurat dibandingkan dengan mengetahui tipe kepribadian dengan melihat garis tangan, dari ukuran panjang jari telunjuk sama jari tengah, golongan darah, bahkan tipe kepribadian berdasarkan gaya tidurnya. Halah! Yaiyalaahh…

Apa itu tes kepribadian MBTI?

Dan apa yang sebenarnya kelebihan tes MBTI dan manfaat tes MBTI untuk hidup Anda?

5 Kelebihan Tes MBTI Dibandingkan dengan Tes Psikologi Online Lainnya

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) atau populer dengan sebutan tes kepribadian MBTI adalah tes psikologi yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan bagaimana mereka membuat keputusan. Kini, tes kepribadian MBTI adalah tes psikologi yang paling banyak dipakai di dunia selain tes enneagram.

Tes kepribadian MBTI sering dipakai untuk mengetahui karakter kepribadian karyawan perusahaan agar dapat ditempatkan pada bidang-bidang yang membuat potensi karyawan tersebut optimal. Kelebihan tes MBTI bisa membantu mencari jodoh yang tepat juga? Tentu saja!

Nggak sekedar trend, tes kepribadian MBTI memang memiliki banyak kelebihan untuk menemukan jati diri dan pengembangan diri Anda. Inilah 5 kelebihan tes kepribadian MBTI yang perlu Anda tahu sebelum mencobanya.

 

  1. Tidak Hanya Satu, Tapi Anda Dapat Banyak!

Kelebihan tes MBTI pertama, Anda bisa mendapatkan deskripsi lengkap tentang tipe kepribadian Anda sesuai dengan tes kepribadian MBTI yang Anda lakukan, daaann…  bukan hanya Anda! Tetapi juga deskripsi tentang semua tipe kepribadian.

Mengapa?

Ketika Anda mengikuti tes kepribadian online atau dari buku, Anda hanya mendapatkan hasil tes kepribadian untuk Anda sendiri dan menginterpretasikannya tentang kemungkinan hasil tes orang lain. Berbeda dengan tes kepribadian online atau tes psikologi lainnya, ketika Anda melakukan tes kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), hal penting dari penilaiannya adalah penjelasan mengenai pilihan dari setiap individu.

Penjelasan tentang penilaian hasil tes kepribadian MBTI akan membuat banyak momen “Oh..” “Ah, iya bener..” “Pantesan..”

Tidak hanya mengenal diri sendiri, tetapi bagaimana pilihan dan kencederungan Anda tersebut pun akan menjelaskan alasan tentang kebiasaan orang lain dalam kehidupan Anda.

 

  1. Mendapat Jawaban dan Alasan dari “Mengapa Saya Begiinniii??”

Anda mendapatkan penegasan bahwa Anda tidak sendirian yang melakukan dan bereaksi seperti itu dalam kehidupan sehari-hari Anda. Inilah kelebihan tes MBTI kedua yang Anda dapatkan.

Jika Anda tumbuh dalam keluarga dengan tipe kepribadian yang berdeda dengan tipe kerpibadian MBTI Anda, Anda mungkin akan merasa jika setiap perilaku Anda di rumah terasa salah. Hal ini sering terjadi terhadap anak-anak dengan hasil tes MBTI dengan Perceiving (flexible) yang kuat tinggal dengan keluarga yang kuat dalam kecenderungan Judging (organize).

Sebaliknya, jika Anda kuat dalam skala perceiving dalam hasil tes MBTI, Anda mungkin akan banyak menerima kesan bahwa Anda berantakan, terlalu santai, tidak bisa serius, dan mudah terpengaruh. Hey, Anda nggak perlu minder. Ada jutaan orang di dunia ini yang memiliki sifat fleksibel seperti Anda. Ini normal!

Anda bukan alien, dan dapat menemukan pola komunikasi yang tepat dan paling nyaman dengan orang-orang di sekitar Anda.

 

  1. Memahami Orang Lain di Lingkungan Anda

Kelebihan tes MBTI yang ketiga adalah Anda mendapatkan pandangan objektif untuk melihat orang lain di dalam kehidupan Anda. Pandangan yang lebih objektif dari pakai kacamata minus atau plus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun