20 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Dan Tipsnya

20 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa dan Tipsnya

11. T- Shirt Printer

T- Shirt adalah merchandise paling standar, yang dipake setiap hari oleh siapapun. Kalau ada trend apapun, orang suka nyari t- shirtnya. Kalau ada film bagus, orang akan datang ke festival buat nyari t- shirt film itu, dan t- shirt festivalnya. Jadi kenapa nggak bikin t- shirt berdasarkan trend di kampus dan jual antar teman?

Tips: Manfaatkan trend dan topik viral, lalu buat dan jual t- shirtnya. Bila modal Anda kurang untuk mass production, Anda bisa bikin desain dan memproduksinya berdasarkan pesanan.

12. Gym Trainer

Nahh ini jelas bukan buat saya, yang satu- satunya fitness saya adalah fitness jari pas ngetik. Tapi kalau Anda sebagai mahasiswa suka ngegym, badan keren, otot merajang seperti gatotkaca, Anda bisa memanfaatkan waktu saat Anda tidak di kampus nongkrong di gym, dan jadi personal trainer.

Tips: Untuk mengembangkannya jadi bisnis, cobalah variasikan bidang usaha ini, misalnya, kenapa nggak bikin website untuk gym trainer panggilan? Pesan lewat online, dan Anda datang melatih pelanggan Anda di rumahnya.

13. Modelling

Punya tampang yang bikin dosen cewek (atau cowok) mendadak genit? Daripada cuma dipake untuk nyolek dosen dan ngedapetin nilai A, mulailah manfaatkan kelebihan ini dengan ngebangun profesi di bidang modelling. Modelling bisa dilakukan sambil kuliah, atau di akhir minggu.

Tips: Pelan- pelan, setelah memahami tips dan trik dunia modelling, Anda bisa memulai agency modelling Anda sendiri dengan mengumpulkan teman di kampus dengan kualitas tampang yang sama! Ini ide bisnis untuk mahasiswa paling pas untuk Anda yang suka dunia glamor.

14. Catering dan Cake

Ide Bisnis Mahasiswa Catering Kostan

Ide bisnis ini untuk Anda yang suka masak, atau punya orang tua atau tetangga yang suka masak dan baking. Anda bisa masak sendiri, atau Anda bisa fokus pada distribusi dan penjualan masakannya di kampus, dan menyerahkan proses masak pada orang lain. Mahasiswa dikenal dengan konsep kost- kostan, dan mereka pasti nyari catering.

Tips: Dekati setiap kost- kostan teman Anda yang ngekost. Kalo perlu, colek ibu kostnya dengan sedikit bagi hasil. Bayangin ada berapa kostan tuh!

15. Tour Guide

Kalo Anda tinggal di kota wisata, setelah pulang kuliah, di saat kampus sepi, atau di akhir minggu, Anda bisa mengambil profesi tour guide. Temani turis berkeliling di kota Anda dan mengunjungi lokasi favorit Anda. Banyak bule yang mencari tempat wisata dan teman yang bisa menemani mereka secara online. Kalau nggak, Anda juga bisa bikin jasa tour guide online, dan mengarahkan semua teman kuliah Anda sebagai tour guidenya!

Tips: Dekati komunitas couch surfing, jasa bnb, dan komunitas travel online lainnya, dan buat website yang mendata tempat- tempat wisata yang Anda sarankan untuk memancing mereka.

16. Event Organizer

Ini adalah ide bisnis untuk mahasiswa yang paling umum didekati mahasiswa. Alasannya simple. Karena bisnis ini bisa dimulai tanpa banyak modal, dan hanya dengan sumber daya manusia yang banyak. Dan kampus adalah tempat ngumpulnya sumber daya manusia dalam jumlah banyak.

Tips: Sebagai pengusahanya, Andalah yang harus bisa menemukan, mendapatkan, dan mengelola project event. Tugas Anda adalah mendapatkan project, dan kelola teman sekampus untuk menjalankannya.

17. Talent Management

Kalau Anda jago ngelobi, dekat sama telepon, dan jago ngedapetin proyek, dan mengelola kalender, Anda bisa memulai usaha dalam talent management. Temukan mahasiswa- mahasiswa berbakat, atau bahkan dari senior- senior, atau penulis buku dan stand up comedian di cafe terdekat dengan Anda, dan tawarkan jasa Anda. Tugas Anda adalah menjual mereka ke klien, mendapatkan proyek, dan mengatur jadwal mereka dengan bagi hasil 15- 25%.

Tips: Temukan talent yang bisa Anda jual di kampus, di buku yang Anda suka, online (di YouTube misalnya), di bar, atau di open mic stand up comedy.

18. Toko/ Seller Online

Dengan persaingan tinggi dan rumitnya menangani toko online, membuat toko online professional mungkin terlalu berat buat mahasiswa. Tapi bukan berarti Anda nggak mencoba! Mulai dari toko online simple di blog Anda, dari memanfaatkan social media, atau dari menjadi seller di toko online yang sudah stabil.

Tips: Kuncinya agar Anda bisa membangun bisnis lebih daripada sekedar jadi seller, adalah walaupun Anda berjualan di situs orang, Anda tetap harus membangun BRAND Anda.

19. YouTube Creator

Ini era content, YouTube creator bisa jadi bisnis serius! Sebagai mahasiswa, Anda pasti sangat dekat dengan YouTube dan kreatifitas membuat video YouTube. Kampus dibanjiri oleh celetukan dan joke- joke norak dan kocak mahasiswa yang bisa dibuat jadi video YouTube dan ditonton banyak orang. Dan Anda tahu siapa yang butuh konten YouTube itu? Brand dan perusahaan yang ingin dikenal secara online dan mencari konten yang banyak ditonton orang.

Anda bisa menjual jasa, bukan hanya iklan di channel YouTube Anda, tapi juga menjual jasa produksi video YouTube untuk brand, dan memakai teman di kampus sebagai talent.

Tips: Mulai dengan membuat channel YouTube dan konten kreatif. Jangan terlalu bergantung pada equipment mahal, tapi pakai equipment yang ada, dengan ide segar dan kreatfitas tinggi.

20. SEO dan Online Consultant

Ide bisnis untuk mahasiswa ini bersumber pada kebutuhan hampir semua brand untuk tampil dan terlihat di internet. Jadi Anda, sebagai mahasiswa, bisa membantu mereka tampil dan lebih mudah ditemukan di internet dengan menjadi konsultan SEO. Search Engine Optimization memang tidak seefektif dulu, tapi banyak brand yang masih membutuhkan jasa untuk membantu mereka muncul di halaman mesin pencari Google. Dengan modal komputer dan wi fi, Anda bisa melakukan itu!

Tips: Dengan melengkapi diri dengan ilmu SEO, Anda bisa kerja di kampus atau di rumah, membantu brand untuk tampil lebih baik di internet, dan menarik bayaran dari brand untuk itu. Dekatilah UMKM yang punya level budget sesuai dengan pengalaman Anda.

Jadi itulah 20 ide bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan di tahun 2016 ini!

Dan saya yakin, masih banyak lagi potensi dan peluang bisnis untuk mahasiswa yang bisa Anda lakukan sambil kuliah di kampus.

Jadi, bisnis mana yang menarik untuk Anda?
Apa Anda sudah memulai bisnis di kampus versi Anda sendiri?

 

1 thought on “20 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Dan Tipsnya”

  1. Pingback: Karena Tahu Passion Aja Belum Cukup | Rezky Firmansyah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pin It on Pinterest

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun