What is a Man?

0

Sebenarnya saya kurang suka memulai artikel dengan referensi lagu, apalagi kalau lagu yang saya jadikan referensi adalah lagu ‘jadul’ yang bakal bikin beberapa orang yang beda generasi nggak ngerti pada referensinya, dan bikin mereka nunjuk- nunjuk saya sambil manggil ‘om’. Jleb. Saya jadi berasa tua.

Tapi kali ini saya rela dibuat merasa tua, demi mengajak teman- teman melirik sebuah lagu luar biasa, yaitu “My Way”, dari Frank Sinatra. Yang bahkan buat angkatan saya pun adalah lagu ‘om- om’. Buat yang nggak tahu lagunya, tanya saja sama mbah Google.

Ada satu bagian khusus dari lagu itu yang buat saya keren banget, dan kalau saya dengar, mendadak bikin saya berasa ‘cowok’ banget atas pilihan langkah saya dan pilihan karier saya. Bagian lirik ini bikin saya CONFIDENT dan yakin pada jalan yang saya pilih, yakin, bahwa saya HARUS menempuh hidup berdasarkan PASSION saya sendiri. Bunyinya begini:

“… for what is a man, what has he got? If NOT HIMSELF, then he has NAUGHT!”

Keren. Memang, apalah artinya seorang PRIA atau bahkan MANUSIA, bila dia tidak bisa jadi DIRINYA sendiri?

Tapi ternyata banyak yang sering lupa pada identitasnya. Dia lupa pada siapa dirinya sendiri, dan mengadopsi ‘sebutan’ yang diberikan pekerjaannya sebagai identitas dirinya. Waktu bersalaman dan ditanya identitasnya, satu- satunya yang terpikir di kepalanya dan terucap di mulutnya cuma nama perusahaan tempatnya bekerja, posisinya, atau jurusan kuliahnya.

“Joni, marketing”. “Andy, store manager supermarket anu”. “Iqbal, seni rupa kampus itu”.

Padahal, belum tentu juga dia suka pada pekerjaannya, belum tentu posisinya menggambarkan dirinya yang sebenarnya, malah nggak jarang jurusan kuliahnya pun sudah sejak dulu terasa ‘saljur’ alias salah jurusan buat dirinya.

Baca Juga  Ini Cara Gue - Figure Customizer bersama Harry Martawijaya

Tapi saking dia terlalu lama bercokol dengan hal ini, dia lupa siapa dirinya sebenarnya. Apa PASSIONNYA. Apa yang dia sukai. Apa yang dia cintai. Apa AKTIFITAS yang sebenarnya paling kena ke HATINYA. Dan bagaimana cara kerja yang ideal dengan dirinya. Dia sibuk meng copy paste identitas dari lingkungannya. Dan seperti lingkaran setan, makin lama dia mengcopy paste identitas dari lingkungan, makin lupa dia sama PASSION nya dan identitasnya yang sebenarnya!

Jadi dalam kesempatan ini, saya mau mengajak teman- teman pembaca untuk duduk sejenak, lempar kerjaan dan rutinitas ke dalam laci untuk beberapa menit, dan bertanya pada diri sendiri.

“Apa saya sudah ada di bidang yang ingin saya kerjakan dalam hidup saya?”

“Apa ini bidang yang paling ‘GUE BANGET’?”

“Apa ini PASSION saya?”

Karena seperti kata Frank Sinatra di atas – yang saya terjemahkan seenaknya:

“Cowok (manusia) itu nggak punya apa- apa kalo nggak jadi DIRINYA SENDIRI bro!”

Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller “Passion!”, “Lakukan Dengan Hati”, dan “Ini Cara Gue”. Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun