Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Nggak Ada Kerjaan

0

Bayangkan situasi ini.

Anda lagi di masa awal- awal quarter baru perusahaan. Masih jauuuuuuuuh dari saatnya deadline dan evaluasi pencapaian target perusahaan. Jadi, belum banyak tekanan yang Anda rasakan di kantor. Proyek juga belum ada, dan kerjaan nggak ada yang mampir bertengger di meja Anda, jadinya nggak banyak rutinitas dan deadline harian yang harus Anda lakukan di kantor.

Sooo, karena nggak ada kerjaan, Anda masuk ke kantor sesuai kewajiban, duduk, bengong, maenin pensil di mulut yang lagi manyun, dan gangguin Susi, sekretaris baru si bos yang duduknya nggak jauh dari meja Anda. Kedip sekali dua kali, eh taunya yang ngedip balik malah Joko si satpam. Anda merinding. Lalu memutuskan untuk ke musholla, solat dhuha sambil merem. Siapa tau ketiduran dan mimpi banyak kerjaan.

Anda bosan abissss! Dan akibatnya matapun ngantuk berat, karena di kantor nggak ada yang bisa dikerjain.

Bahkan si bos pun mampir cuma buat basa basi nggak penting.

“Oi oi”
“Ya bos”
“Hmmmm”
“Hmmmm”
“Kerjaan gimana?”
“Baik bos”
“Ohh..”
“Hmmmm”
“Ya udah ngapain kek gitu, kerjain apa kek”
“Siap bos!”

Terus si bos pun pergi buat gangguin si Susi, yang sekarang lagi kedip- kedipan sama Joko si satpam.

Nah saat kondisi kayak gini menerpa Anda, dan Anda bosan banget saat di kantor nggak ada kerjaan, apa yang harus Anda lakukan buat mengusir ngantuk di kantor?

Inilah 21 ide serius, ide semi serius, dan ide- ide ngaco, untuk mengusir ngantuk saat di kantor nggak ada kerjaan!

1. Baca- baca Artikel tentang Update Terbaru di Bidang Anda

Jangan ketinggalan ilmu dan trend baru! Cari ide dan berita terbaru buat memperkaya wawasan Anda tentang bidang kerja, kantor, atau juga Passion Anda.

2. Baca- baca Artikel di www.dedydahlan.com

*Ehem ehem. Yeah. Baca- baca artikel di sini bisa bikin Anda cengengesan nggak jelas (kayak artikel satu ini), atau mendapatkan inspirasi dan tips buat ngembangin Passion, karir, dan bisnis Anda! Keren kan? *Ehem*

Ide Ngaco:

3. Baca Proklamasi sambil berdiri diatas Meja Kerja Anda

Jadilah patriot bangsa! Sekaligus tes ingatan Anda, hayoooo, masih ingat seluruh kata- katanya nggaaaaak?

4. Update Social Media Anda dan Social Media Perusahaan

Update social media pribadi sih udah pasti Anda lakukan, nah kalo social media perusahaan udah diupdate belum? Nggak ada salahnya Anda update juga, kalau Anda punya akses ke akunnya. “Demi perusahaan booos, demi perusahaaaaan”. Asal jangan Anda update status perusahaan jadi “Galau project” atau “Rindu order” aja.

Baca Juga  8 Variasi Sederhana Dalam Rutinitas!

5. Update explorasi dan informasi Passion.

Inget alasan Anda kenapa Anda nggak ngembangin passion? “karena nggak ada waktunya”? Naaaah ini dia waktunya! Coba bereksperimen dengan apa yang selalu mau Anda coba. Doodling, bikin lirik, bikin desain baju, atau explore passion Anda jadi bos dengan duduk di meja si bos misalnya.

Ide Ngaco:

6. Update Teknik Stand Up Comedy Anda

Belajar jadi Stand Up Comic, dengan mendadak ubah ruang meeting jadi ruangan Open Mic. Minta si bos buat jadi host (atau korban, terserah Anda), dan minta si Susi nagihin uang tiket.

7. Bikin blog Anda

Males baca- baca artikel orang? Lanjutin blog Anda yang sudah Anda mulai dari empat tahun lalu tapi masih nyangkut melulu di kalimat “Pada suatu hari…” itu. Baca di sini tentang pentingnya ngeblog buat karyawan!

8. Bikin Kalender Plan dan To Do List

Nggak tahu kalau Anda, kalau saya sih, daftar to do list bisa ngebantu saya menyelesaikan banyak kerjaan secara rapih. Mumpung bengong, update to do list Anda buat rencana sebulan ini. Termasuk “Beli buku “Lakukan Dengen Hati di Toko Buku”… *Ehem*

Ide Ngaco:

9. Bikin Sesi Silaturahmi dengan Rekan Kerja

Datangi meja- meja rekan kerja Anda satu- satu, pake baju koko, lalu salami mereka dengan hangat satu- satu, sambil bilang “Maap lahir batin ya bro”, “Maap lahir batin ya sis”.

10. Brainstorm Ide Pengembangan Produk Baru

Ajak bos atau rekan kerja untuk ngobrol- ngobrol soal ide dan inovasi produk baru. Apa kira- kira di bidang usaha Anda yang belum Anda lakukan dan mau Anda coba?

11. Brainstorm Usaha Sampingan ke Rekan Kerja

Tanyain pada rekan kerja Anda, “Lu butuh apa bro?” “Gua mau bisnis nih, bisnis apa yang mau lu beli?” “Kalo gua jualan lipstick, lu mau pake ga John?”

Ide Ngaco:

12. Jadi Gandalf

Pake taplak meja rapat, pake topi tinggi dari map folder kantor, pinjem tongkat tukang parkir, dan berjaga di depan kantin, sambil menghadang orang yang mau makan dan teriak “Youuuu shall nott passsss!”

13. Rapihkan dan Tata Meja Kerja Anda

Pas kerjaan numpuk, meja kerja suka jadi medan perang. pas ada waktu nyantai kayak gini, manfaatkanlah untuk merapihkan meja kerja Anda. Make love not war, pasang dan bersihkan foto- foto orang tercinta Anda di meja kerja.

14. Rapihkan dan Kembangin Skill Baru Anda

Baca Juga  Bikin Profesi Baru? Kenapa Nggak?

Gunakan waktu yang ada untuk ngembangin skill baru, skill yang bisa dipakai untuk meningkatkan karir di kantor, atau bahkan dalam rutinitas pribadi. Buka situs e- learning seperti Udemy atau Coursera, dan daftar kursus online.

Ide Ngaco:

15. Rapihkan Ringtone Jadi Theme Song Buat Setiap Orang di Kantor

Pasang ringtone lagu horror setiap kali si bos lewat, lagu romantis setiap si Susi lewat, dan lagu dangdut koplo pas Joko si satpam mendekat ke meja Anda, sambil bilang, “Tariiiik mang!”

16. Bikin Rencana Aktifitas Klub Kantor

Kalau ada waktu, bantu meningkatkan keakraban karyawan dengan mendata, bikin klub hobi, dan bikin rencana klub hobi di kantor Anda. Lalu…

17. Bikin Rencana Acara Kompetisi Kantor

Tanyakan dan bicara pada tim, rekan, dan bos Anda untuk bikin kompetisi- kompetisi persahabatan untuk adu bakat dan pamer kebolehan di kantor, untuk meningkatkan keakraban dan meningkatkan motivasi.

Ide Ngaco:

18. Bikin Acara Layar Tancap pake Infocus Kantor

Pakai infocus nganggur di ruang meeting plus tembok ruang tamu untuk muter layar tancap. Film kali ini, “Maju Kena Mundur Kena” dari Warkop! Bilang “Goban Gabin Gaban Goban Gabin” tiap Dono muncul di layar.

19. Buat Rencana Pengembangan Karir Anda

Prestasi karir dan jenjang karir Anda ada di tangan Anda sendiri, dan kalau saat sibuk Anda nggak sempat sama sekali mengembangkan rencana untuk pengembangan karir Anda, sekarang saatnya! Gunakan celah waktu ini untuk bikin plan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang karir, dan gimana rencana Anda untuk mencapainya.

20. Buat Sesi Diskusi Efektif dengan Bos

Inilah satu hal yang hampir tidak pernah dilakukan oleh banyak orang, padahal bisa sangat bermanfaat untuk kesuksesan Anda nantinya. Saat Anda tidak banyak kerjaan di kantor, gunakan waktu untuk berdiskusi dengan bos untuk membahas soal rencana Anda, soal apa yang bisa lakukan untuk meningkatkan karir Anda, dan soal hal- hal yang bisa diajarkan bos pada Anda!

Ide Ngaco:

21. Buat Sesi Demo Teatrikal di Depan Bos

Pake baju compang camping, acak- acak rambut, lalu ke kantor si bos sambil teriak- teriak. “Bosssss, mintaa kerjaaan bosssss, minta gaaajii bosss. Dari kemaren belum makaan booos!” Sambil bawa papan tertulis “Hidup tyada arti zonderrr cintaah!”

Sooo, itulah 21 hal yang bisa Anda lakukan saat di kantor nggak ada kerjaan. Dari yang serius, sampe yang ngaco!

FUN is the new serious! Enjoy rutinitas kerjaan Anda!


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun