Tahun Pekerjaan Sampingan 2015 dan Prediksi Tahun 2016!

1

Akhirnya, kita udah tiba lagi di akhir tahun 2015. Dan seperti kebiasaan di ujung tahun, saat kebanyakan orang lagi ngumpulin napas buat niup terompet tenat tenot nanti malam, atau para suami romantis lagi nyogok orang restoran supaya dapet tempat dinner sama istrinya, atau para manajer lagi pusing karena disuruh siap- siap meeting awal tahun, orang- orang yang suka menganalisis kayak saya, malah menengok ke belakang, dan menganalisis trend dan aktivitas apa aja yang menggambarkan tahun yang baru berlalu ini.

Diambang batas antara kurang kegiatan, kurang kasih sayang, atau kurang kerjaan, saya mengamati tahun 2015, dan hal apa yang melesat cepat di tahun ini, dan bagaimana hal itu akan menentukan dan mengarahkan trend tahun 2016 besok!

Khusus saya pribadi, karena saya sendiri bukan fashionista (serius. kalau nggak diawasi istri saya atau asisten saya, saya bakal kemana- mana bakal pake kaos oblong dan jins belel), saya nggak layak untuk memberikan analisis trend tahun 2015 dari sudut pandang fashion.

Saya cuma jadi ‘Fashion Coach’ kalau saya lagi di Jawa Barat. Itu pun cuma karena logat setempat.

Sooo, sebagai ‘Passionista’, saya akan memberikan analisis saya tentang tahun 2015 ini dari bidang keahlian saya. Apa yang terjadi di tahun 2015 ini?

Inilah tahun 2015 dari kacamata Passionpreneurship!

1. Tahun 2015 adalah Tahun Pekerjaan Sampingan!

Dimulai dari Gojek, diikuti Grab Bike punya Malaysia, Uber yang naik daun di Indonesia, dan ‘jek- jek’ lainnya, semuanya melesat naik di tahun yang sama, tahun 2015 ini. Apa kesamaan bisnis- bisnis ini? Semuanya adalah bisnis yang menawarkan dan membuka peluang pekerjaan sampingan untuk siapapun.

Gojek menawarkan pekerjaan sampingan untuk siapapun yang punya motor, Uber menawarkan pekerjaan sampingan untuk siapapun yang punya mobil nganggur, khususnya rental mobil, dan pekerjaan sampingan untuk siapapun yang bisa menyetir.

Bahkan ini pun membuka kemungkinan pekerjaan- pekerjaan sampingan lainnya, seperti program baru Gojek, Go Massage, membuka pekerjaan sampingan untuk tukang pijat, Go Clean, untuk pembersih rumah, dan pekerjaan- pekerjaan sampingan lainnya.

Trend ini berkembang lebih jauh, dan membuat banyak orang sadar pentingnya, dan besarnya potensi pekerjaan sampingan, terbukti dari sejumlah orang yang mulai serius dalam profesi ini, bahkan sampai keluar dari pekerjaan rutinnya!

Dan ini berhubungan dengan …

2. Tahun 2015 adalah Tahun Pekerjaan Freelance Online!

Di dunia online sendiri, trend yang sama tumbuh dan berkembang matang di tahun 2015 ini. Situs- situs pekerjaan freelancer seperti freelancer.com, fiverr.com, dan buatan Indonesia sendiri, sribulancer.com, berkembang lebih subur, dan mengumpulkan lebih banyak freelancer online, dari seluruh dunia.

Baca Juga  Komunitas Sepeda Onthel

Dengan keberadaan berbagai platform seperti ini, banyak orang yang tergerak untuk menggali potensinya sendiri sesuai Passionnya, dan bertanya- tanya, bagaimana dia bisa memanfaatkan Passion dan skillnya di situs- situs ini, untuk menghasilkan uang dari profesi sampingan.

Ini terbukti dari meningkatnya jumlah pengguna Indonesia di berbagai situs freelancer, dan suburnya Komunitas Freelancer Indonesia di tahun 2015, yang juga mendorong …

3. Tahun 2015 adalah tahun Toko Online!

Tahun ini juga melihat banyaknya toko online muncul dan berkembang, dari pemain besar, sampai pemain toko online kecil, bahkan sampai toko online kecil yang berhasil jadi besar! Semua pemain besar lomba bakar duit untuk promosi toko onlinenya, dan semua produsen- produsen rumahan, atau reseller, bisa memanfaatkan peluang yang mereka sediakan untuk meningkatkan pendapatan secara online.

Ini mendorong lebih banyak munculnya ekonomi kreatif, dan industri rumahan yang kini bisa memanfaatkan moment untuk berjualan, tanpa perlu toko. Perkembangan ini terus didukung oleh …

4. Tahun 2015 adalah tahun kebangkitan Industri Kreatif Indonesia!

Tahun ini pun menandai tumbuh suburnya industri kreatif Indonesia, dan pekerja- pekerja kreatif Indonesia. Dari industri desain, musik, penerbitan, IT, dan aplikasi, hingga kuliner, dengan bantuan adanya virtual- virtual office, pengusaha start up bermunculan, dan menggerakan ekonomi kreatif bangsa.

Didukung dengan lingkungan, komunitas, dan pertemuan- pertemuan, serta mendapat backing finansial berkat strategi branding corporate yang terus mencari cara baru untuk menggaet konsumen dan pembeli potensial, pekerja kreatif dan gerakan komunitas seni seperti Urban Sketcher, dan produk Video Mapping, berhasil tumbuh subur!

Empat hal ini membuktikan bahwa tahun 2015 adalah tahun pekerjaan sampingan dan industri kreatif!

Lalu apa artinya trend ini untuk tahun 2016? Bagaimana trend ini akan terbawa dan mempengaruhi situasi Passionpreneurship di tahun 2016?

Dengan diperkenalkannya dan menjamurnya konsep ini di tahun 2015, sepertinya trend ini belum bakal berubah, dan masih akan terus melaju ke arah yang sama selama beberapa saat. So, hal potensial dan yang harus Anda siapkan untuk tahun 2016 antara lain:

1. Bangun bisnis platform untuk pekerja sampingan!

Trend pekerjaan sampingan masih akan terus naik, dan Anda yang bisa membangun platform yang membantu proses ini bisa mendapatkan posisi baik di pasar. Lewat mana Anda bakal ngembanginnnya? Anda bisa bikin aplikasi, situs, atau jaringan bisnis pekerjaan sampingan, yang sesuai dengan Passion Anda.

Baca Juga  Kenapa Andapun HARUS Jadi YouTuber!

Bantu orang mendapatkan uang tambahan, seperti artikel saya tentang bisnis model ini, dan Anda akan mengembangkan bisnis Anda! Lihat trend yang naik, dan bantu trend itu berkembang dengan platform Anda.

2. Kembangkan Passion jadi pekerjaan sampingan!

Kalau Anda tidak punya modal, waktu, atau tenaga yang cukup untuk membuat bisnis platform pekerjaan sampingan, paling nggak Anda bisa mengembangkan Passion Anda dalam platform yang ada, cari dimana Anda bisa mengembangkan Passion dan skill Anda untuk bekerja sampingan. Gunakan sarana yang memiliki banyak benefit dan massa, dan manfaatkan untuk membangun pekerjaan sampingan yang bisa Anda enjoy!

3. Start up akan berkembang jauh di tahun 2016!

Dengan meningkatnya fasilitas, baik karena alasan teknologi ataupun karena support pemerintah yang mulai terbangun, industri start up kreatif akan meningkat lebih luas di tahun 2016. Ini jadi kesempatan Anda untuk memulai start up baru sesuai Passion Anda!

Atau Anda bahkan bisa membuat bisnis yang MENDUKUNG dan membantu kebutuhan para start up ini!

4. Persaingan toko online akan bubble!

Persaingan di toko online akan meningkat, menggembung, dan menyebabkan pasar baru untuk toko online jadi sangat ketat, dan menjatuhkan beberapa (atau bahkan banyak) pemain kecil. Ini berbahaya untuk Anda yang baru mau coba- coba sekarang, dan disarankan, manfaatkan moment untuk buat niche toko berbeda, atau mendukung pemain yang sudah ada, bukan bersaing langsung dengan pemain lama.

Jadi secara sederhana, apa yang kita lihat di tahun 2015 akan terus berkembang di tahun 2016, ditambah beberapa inovasi baru dalam hal industri kreatif dan pekerjaan sesuai Passion!

Bahkan saya yakin di tengah tahun 2016 akan ada inovasi baru yang kembali memunculkan trend profesi dan business model baru lagi!

Apa Anda siap?

Kalau Anda mau ikut serta dalam trend menuju 2016 ini, pertimbangkan fakta bahwa akan terus meningkatnya persaingan, dan pastikan Anda tidak terbawa arus, melainkan memiliki keunikan sendiri dengan usaha kreatif Anda! Kalau perlu, buat usaha atau profesi yang mendukung tumbuhnya start up ini!

Tahun ini adalah tahun yang baik untuk Passionpreneur, dan tahun depan akan jadi lebih baik lagi!

Selamat tahun baru!


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller “Passion!”, “Lakukan Dengan Hati”, dan “Ini Cara Gue”. Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun