Sukses Anti Galau

0

Banyak yang bilang kalau dia ingin meraih mimpinya. Banyak yang datang ke seminar saya dengan heboh, mendadak neriakin yell yell supaya terkesan termotivasi (padahal nggak saya suruh lho), dan bilang “saya mau SAKSESSSS!” make bahasa inggris dengan logat yang medhok, serta tampang yang kayaknya kalo dipake ngeliatin telor, telornya langsung matang saking hot oleh semangatnya.

“Emang apa itu sukses?” tanya saya.

“Berhasil coach…”

“Terus apa itu berhasil?”

“Sukses coach…”

-_-; (muter- muter terus ini sih…)

“Maksud saya, apa itu sukses BUAT Anda?”

Daaaaan, dia pun bengong. Rupanya dia nggak tahu apa makna sukses BUAT dia, apa bentuk sukses BUAT dia, dan bahkan mungkin masih belum punya gambaran tentang bagaimana itu wujud mahluk yang namanya ‘sukses’.

Tapi yang terjadi, adalah dia yang ngeliatin saya, seakan dia baru pertama kali ketemu mahluk aneh kayak saya ini, yang nggak jelas turunan evolusi dari mana, udah jidatnya besar, kok nggak tau apa itu ‘sukses’ pula. Sukses kok ditanya- tanya? pikir dia mungkin.

Dan mungkin, memang ini baru pertama kalinya dia ketemu seseorang yang meminta dia mendeskripsikan apa itu sukses.

Ini PENTING.

Arti kata ‘sukses’ sih semua orang tahu. Beli aja kamus di tukang jualan di lampu merah juga ada. Tapi APA ITU sukses BUAT KITA, itu sangat pribadi!

Ada yang mengukur sukses dari uang, ada yang dari pengalaman, ada yang dari proses meraih impian, ada yang mengukur sukses dari hubungan keluarganya, dan lain- lain.

Nah, buat awal banget, kita jelas harus tahu dulu, apa itu sukses BUAT kita.

Jangan tanya ke saya apa itu sukses BUAT Anda, karena saya jelas nggak tahu. Nanya wujud ‘sukses’ ke saya itu sama dengan nanya makanan favorit Anda ke saya. Idiiih, siape eloh? kata anak alay sih.

Baca Juga  A New Beginning

Tanyalah ke diri ANDA sendiri.

Jadi untuk mulai maju, dalam hidup, pekerjaan, karir, dan bisnis, Anda nggak cukup punya semangat, motivasi, dan yell yell saja. Anda harus kenal dulu tokoh utama yang disebut DIRI ANDA.

Cari ruangan tenang, luangkan waktu beberapa saat dengan pikiran dan hati tenang. Bersihkan pikiran Anda dari pengaruh orang lain, teman, ataupun media dan deskripsi mereka tentang sukses.

Lalu tanyakan pada diri Anda, dan corat- coret atau tuliskanlah apapun yang muncul di kepala Anda.

“Apa yang sebenarnya SAYA INGINKAN dalam hidup saya? Apa yang bisa memberi makna dalam hidup SAYA? Apa itu SUKSES buat saya?”

Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller “Passion!”, “Lakukan Dengan Hati”, dan “Ini Cara Gue”. Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun