Solopreneur: 1 Bos vs 1000 Mini Bos

0

Apakah Anda perlu memecat 1 bos Anda dan menggantinya dengan 1000 MINI BOS?

Sejak ‘era pekerjaan sampingan’ yang menjamur di tahun 2015 ini, didukung oleh banyaknya sarana yang memungkinkan orang untuk kerja sampingan untuk uang tambahan, sekarang banyak orang yang udah nggak lagi merasa kalau waktu sehari- harinya cuma bisa dipake untuk satu pekerjaan di bawah satu bos doang!

Nambah pekerjaan, yang artinya nambah bos, udah mulai jadi trend, kayak nambah sepatu pas obral akhir tahun!

Tapi apa ini artinya sudah saatnya untuk Anda ikutan nambah bos demi mendapat sesuap berlian dan sebungkus daun pisang mobil mercedes?

Beberapa orang ternyata menganggap demikian. Memilih untuk tidak kerja kantoran, mereka lebih suka bekerja sendirian, tanpa tim, tanpa karyawan, dan memanfaatkan sarana teknologi dan skill pribadi mereka, untuk jadi Online Freelancer, dan menukar 1 bos mereka, dengan 1000 MINI BOS!

Bukan entrepreneur, tapi SOLOPRENEUR!
*Catatan: Ini bukan artinya entrepreneur dari Solo lho ya.*

Situs freelancer seperti freelancer.com, fiverr.com, atau sribulancer.com memungkinkan Solopreneur yang menawarkan jasa sekaligus untuk ribuan orang jadi mungkin.

Tapi sebenarnya, mana sih yang lebih baik? Pekerjaan dengan 1 bos di kantor? Atau jadi Solopreneur, dan menangani proyek freelance kecil- kecil untuk 1000 ‘mini bos’ yang berbeda?

Kali ini saya bakal mengadu profesi kerja kantor rutin di bawah ‘1 bos’, melawan Solopreneur, yang bekerja untuk ‘1000’ bos, dalam 8 ronde perbandingan nyata!

RONDE 1 : SYARAT PROFESI

1 Bos di Kantor

Syarat untuk kerja di kantor biasanya harus berbasis level kompetensi akademisi, dan setiap jenjangnya dan posisinya punya syarat sendiri yang nggak bisa dilanggar. Skill saja nggak cukup untuk bisa menduduki posisi tertentu atau level jabatan tertentu.

1000 Bos sebagai Solopreneur

Pendidikan dan kualifikasi akademis nggak dibutuhkan, karena yang penting adalah skill. Posisi berdasarkan titel atau pengakuan pendidikan juga nggak ada, karena pada akhirnya kemampuan dan kualitas jasa yang menentukan keberhasilan.

Pemenang: Solopreneur!

RONDE 2 : KEPASTIAN INCOME

1 Bos di Kantor

Kerja kantor serba sudah jelas dalam kepastiannya. Angka bulanan sudah jelas, jumlah sudah pasti, bahkan tanggal berapa uangnya bakal masuk pun sudah bisa dipakai buat acuan belanja bulanan di rumah.

1000 Bos sebagai Solopreneur

Incomenya serba nggak jelas. Entah berapa masuknya, entah jumlahnya berapa, dan entah tanggal berapa bakal ada duit dan kapan nggak  ada duit. Bisa jadi bulan ini foya- foya makan steak, bulan depan makan indomie.

Baca Juga  10 Profesi Dari Rumah

Pemenang: Kantor!

RONDE 3 : JUMLAH INCOME

1 Bos di Kantor

Bicara jumlah ini sangat varian di kantor. Ada orang yang dibayar underpaid, tapi juga ada yang dibayar sangat besar, bahkan overpaid. Dalam perbandingannya dengan usaha, income di kantor bisa dibilang rata- rata, dan jadi patokan standar untuk dunia per- income- an.

1000 Bos sebagai Solopreneur

Solopreneur tidak punya tim atau karyawan untuk digaji, artinya seluruh income masuk untuknya pribadi. Memiliki keuntungan waktu, Solopreneur yang cerdas dan pintar bagi waktu, dan bisa mengoptimalkan waktunya untuk project bisa dapat income jauh lebih besar dari karyawan kantor. Tapi yang nggak bisa? Bisa jauh di bawah income kantor.

Pemenang: Seri!

RONDE 4 : FLEXIBILITAS WAKTU

1 Bos di Kantor

Hampir semua kerja kantor harus 9 to 5. Dan menggunakan sebagian besar waktu sehari- hari tanpa negosiasi untuk kerja. Duduk mangku anak sambil ngopi siang- siang? Lupakan saja deh. Pengen liburan keluar kota atau nonton film di jam kantor? Pastiin kamu punya surat dukun yang mumpuni buat bos.

1000 Bos sebagai Solopreneur

Kapan mau kerja ya kerjaaaa, kapan mau libur ya liburrr. Kemampuan menjaga keseimbangan antara waktu kerja dan istirahat selalu merupakan kelebihan Solopreneur. Bahkan kerja sambil mangku anak? Kenapa nggak?

Pemenang: Solopreneur!

RONDE 5 : KEBEBASAN BERKARYA

1 Bos di Kantor

Kebebasan, baik kebebasan berkarya atau kebebasan finansial cenderung jadi andalan motivator bisnis, karena di kantor, ini sulit dilakukan. Anda dibayar untuk membantu perusahaan mengembangkan mimpinya, bukan mengembangkan mimpi Anda. Jadi tentu perusahaan mengharapkan Anda mengutamakan target dan KPI perusahaan sebelum Anda ngiler dengan mimpi Anda sendiri.

1000 Bos sebagai Solopreneur

Dengan berbagai cara dan platform Solopreneur belakangan ini, online maupun offline, semua orang mulai bisa mencari uang dari apa yang dia sukda dan mencoba berkarya sesuai dorongan hatinya. Kebebasan finansial juga bisa dibangun oleh beberapa Solopreneur yang bisa membuat platform sendiri, misalnya aplikasi, atau websitde dengan user generated content.

Pemenang: Solopreneur!

RONDE 6 : STABILITAS

1 Bos di Kantor

Menurut Maslow, salah satu kebutuhan terdasar manusia adalah stabilitas dan rasa aman. Kalau Anda juga merasa begitu, dan suka dengan rasa aman dan stabilitas serba jelas, maka kantor Anda menyediakan ini. ‘1 bos’ di kantor membangun suasana serba pasti, dan rutinitas yang sudah ‘puguh’, dan kebaca dari hari- harinya.

Baca Juga  Saatnya Berhenti Mencari Lowongan Kerja!

1000 Bos sebagai Solopreneur

Mencari klien alias 1000 bos nggak selalu gampang. Dan nggak ada tuh yang namanya stabilitas dalam kerjaan Solopreneur. Waktu kerja, waktu istirahat, waktu tidur, waktu bangun, semuanya jadi nyampur kayak gado- gado mbok Eha kompleks sebelah. Rutinitas kerja pun beda- beda dan ga selalu sama. Stabilitas? Apaan tuuuh?

Pemenang: Kantor!

RONDE 7 : JENJANG KARIR

1 Bos di Kantor

Dari sisi peningkatan dan jenjang karir, 1 bos di kantor sangat bervariasi. Ada kantor yang sangat baik dan jelas dengan program jenjang karirnya, dan ada yang sangat buruk yang bisa- bisa menahan orang di tempat yang sama selama bertahun- tahun daaaan tahuuuuun. Tapi satu hal yang perlu dicatat, peningkatan jenjang karir di kantor SANGAT tergantung pada bos dan atasan Anda. Anda kerja jago dan bagus? Tetap masih bisa ditahan hanya karena atasan sentimen.

1000 Bos sebagai Solopreneur

Karena berbasis pada pekerjaan lepasan dan proyek, seorang Solopreneur tidak punya jenjang karir yang pasti. Tapi pada saat yang sama, Solopreneur selalu bisa mengembangkan karirnya lebih baik lagi dan meningkatkan income nya dengan memperbaiki dirinya, skillnya, dan bahkan menambah jasa dan kemasan produknya, atau bahkan berubah menjadi pengusaha dan menambah tim. Tapi yang paling penting, adalah TIDAK ADA atasan SENTIMEN yang bisa menjegal karir Anda. Semua tergantung diri Anda sendiri!

Pemenang: Solopreneur!

RONDE 8 : PENGEMBANGAN PASSION

1 Bos di Kantor

Perusahaan yang mulai melek Passion dan menyadari pentingnya perwujudan Passion karyawan sekarang mulai banyak, dan mulai mengakomodir Passion di tempat kerja. Tapi jumlahnya masih sangat terbatas, dan pada saat kerja, target perusahaan tetap nomor satu! Passion Anda nomor kesekian.

1000 Bos sebagai Solopreneur

Ini usaha Anda sendiri, dan Anda melakukannya karena suka. Sebagai Solopreneur, Passion dan pengembangan Passion Anda adalah yang utama. Bahkan, di sinilah pengembangan Passion dan kerja bisa mencapai keseimbangan yang Anda cari.

Pemenang: Solopreneur!

TOTAL VERDICT:
SOLOPRENEUR!

1 Bos di Kantor 3 | 1000 Bos Solopreneur 6

Dan, itulah pertimbangan kelebihan dan kekurangan bekerja dengan 1 bos atau dengan 1000 bos! Apa sekarang sudah saatnya Anda memecat bos Anda? Atau Anda lebih nyaman dengan apa yang diberikan 1 bos Anda? Semua kembali pada keputusan Anda!

Karena ini adalah hidup Anda, dan keputusan Andalah yang seharusnya membentuknya!

Apa pendapat Anda tentang pola hidup dan kerja sebagai Solopreneur?


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun