Passion dan Kekuatan Crowdfunding

2

Kalau Anda termasuk dari beberapa orang yang ingin ngembangin Passion Anda dan hidup dari Passion, tapi seringkali terantuk pada pertanyaan yang nyebelin binti ngeselin, “Dari mana duitnya?”, “Siapa yang mau bayar saya?”, atau bahkan “Dari mana modal untuk projectnya?”

Maka Anda wajib pasang kuping, mata, dan dompet tentang konsep Crowdfunding. Paling nggak, Anda perlu aware pada fakta bahwa ada lhooo, yang namanya crowdfunding, konsep wangi semerbak ibarat parfum KW dari Paris, yang terus berkembang makin banyak dan makin kreatif setiap harinya.

Dan pastinya, Anda juga perlu menyadari bahwa crowdfunding selalu berjalan bergandengan tangan dengan Passion, bahkan berpelukan mesra seperti pasangan baru jadian di masa ‘promosi’- nya!

Hidup sesuai Passion jadi lebih MUNGKIN dan lebih mudah karena konsep ini!

So, dalam artikel kali ini saya akan sedikit berbagi tentang bagaimana crowdfunding BISA jadi salah satu alternatif untuk ngebantu Anda melaksanakan Passion dan dream project Anda, dengan men- support urusan dana!

Pertama, buat Anda yang masih bingung soal pengertiannya, “Mahluk apa ini yang namanya “kraudfanding?” Crowdfunding adalah platform – atau sarana, atau fasilitas – yang bertujuan untuk mengumpulkan dana (funding) dari massa dan masyarakat umum (crowd). Gampang kan?

Karena konsepnya “mengumpulkan sedikit bantuan dari buanyaaaak orang”, Crowdfunding biasanya dilakukan lewat internet, karena kemampuan media ini berhubungan dengan orang secara massal, lintas geografis.

Cara kerjanya sederhana.

  1. Anda punya Passion atau Dream Project.
  2. Anda pengen dibayar untuk melakukan Passion Anda atau dapat bantuan dana untuk Project Anda itu.
  3. Anda bikin halaman presentasi Anda di situs dan platform crowdfunding, ” saya mau bikin ‘ginian’, mohon bantuannya kakaaaaak….”
  4. Anda tunggu respon sambi mempromosikan halaman crowdfunding Anda.
  5. Orang yang tertarik pada presentasi, karya, dan project Anda bakal ngasih sumbangan seikhlas mereka, dan Anda memberikan tanda terima kasih, juga seikhlasnya (dalam bentuk manfaat atau produk, bukan uang) saat project selesai.
  6. Dana terkumpul, hiduplah dalam Passion Anda melaksanakan passion Anda, dan dream project Anda!

Jadi secara konsep, crowdfunding BISA menghidupkan passion Anda, dan membantu menyediakan dana untuk Passion Anda!

Beberapa situs crowdfunding yang paling populer dalam mewujudkan passion dan dream project adalah adalah kickstarter.com , indiegogo.com , dan patreon.com . Untuk Indonesia, ada wujudkan.com , dan untuk Anda yang punya passion dalam sosial dan kegiatan sosial, ada kitabisa.com .

Semua situs crowdfunding ini berbentuk pendanaan per project, kecuali patreon.com.

Baca Juga  Ini Cara Gue - Figure Customizer bersama Harry Martawijaya

Nah, situs satu ini punya potensi untuk membantu Anda benar- benar hidup dalam passion Anda, karena sumber dana yang digalangnya tidak berbentuk project, melainkan berbentuk pendanaan RUTIN. Artinya, kalau di kickstarter Anda meminta dana sejumlah tertentu untuk biaya pelaksanaan project, kalau di patreon Anda meminta dana sejumlah tertentu secara RUTIN, bulanan, per dua mingguan, per mingguan, atau per karya.

Artinya? Ibaratnya Anda DIGAJI buat melakukan APAPUN yang Anda MAU!

Serius! Saya pernah melihat beberapa seniman yang meminta $1500 per bulan untuk menggambar ilustrasi monster- monster lucu doang per minggunya! Atau seorang yang meminta $1000- an untuk membuat video blog opini tentang isu terkini! Dan tercapai! Paling besar yang saya temukan di Patreon adalah user “sakimi chan”, yang mendapat $31.000 per dua minggu!

Tapi pastinya, seperti kerja juga, tercapai tidaknya harapan Anda – dan dana Anda – tergantung dari buanyaak hal. Anggaplah dalam konsep crowdfunding, Anda bukan punya 1 bos, tapi Anda punya buanyaaaaak bos, yang memantau progress berkarya Anda.

Nahh, kalau Anda mau mencoba platform crowdsourcing untuk passion Anda, berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk membantu Anda hidup dalam passion lewat crowdsourcing.

1. Crowdfunding adalah media penuh Passion.

Untuk berhasil di platform crowdfunding, Anda harus memilih bidang dan project, atau aktivitas yang ANDA BANGET. Yang Anda ingin, dan akan lakukan dengan sepenuh hati. Para pendana yang ada di platform ini adalah mereka yang ingin membantu dan tergerak oleh Passion. Kalau Anda nggak punya passion pada project Anda, hal ini akan terlihat, dan orang tidak mau membantu Anda.

2. Pilih platform dan situs paling PAS.

Tergantung dari arah, bentuk, dan visi Anda tentang pendanaan yang Anda cari, pilih situs crowdfunding paling sesuai untuk Anda. Mau per project kreatif? Mungkin Indiegogo. Mau dapat dana rutin? Mungkin Patreon. Mau untuk arah sosial? Pilihlah situs pendanaan yang lebih berpusat sosial. Alasannya? Pendana yang ada di situs itu memiliki visi yang sama dengan Anda.

Baca Juga  Ubah Dalam, Ubah Luar, Ubah Dalam

3. Usung pesan dan buat pendana merasa jadi bagian dari project Anda.

Pendana akan mendukung Anda bila mereka merasa menjadi bagian dari project Anda. Untuk ini, pastikan project dan karya Anda cukup membuat mereka perduli pada hasil dan tujuan Anda, dan merasa jadi bagian dari project Anda. Sekaligus, tampillah secara personal, beri sentuhan personal, sebagai teman, dan tampilkan tim Anda. Orang suka dengan suasana personal dan pribadi.

4. Buat presentasi yang meyakinkan, atau karya awal yang menakjubkan.

Untuk bisa memulai campaign crowdfunding Anda, Anda harus mempresentasikan dan MENJELASKAN apa yang ingin Anda lakukan, dan apa manfaat atau apa yang Anda tawarkan untuk masyarakat, untuk Anda, atau untuk pendana. Buatlah presentasi ini seprofessional mungkin, dengan video, foto, dan literatur tertulis yang baik. Anda harus menunjukkan bahwa Anda tahu apa yang mau Anda kerjakan, dan Anda serius, dan mampu.

5. Konsisten berkarya 

Khususnya untuk patreon, teruslah berkarya dan konsistenlah dengan karyanya. Semakin banyak karya Anda, semakin tertarik para patron (pendana) untuk membantu Anda.

6. Sebarkan dan informasikan campaign Anda lewat social media, media, dan seluruh teman.

Dari yang saya lihat, mereka yang dapat mengumpulkan pendana dalam jumlah besar biasanya adalah mereka yang MAMPU mempromosikan situs/ halaman campaign crowdfunding nya dengan efektif! Jadi jangan hanya bikin halaman dan ditinggalkan, tapi SEBARKAN informasi tentang halaman Anda, bahwa Anda membuat campaign crowdfunding dan minta bantuan mereka. Lebih keren, kalau Anda sudah punya massa untuk itu! Boyong massa Anda ke halaman crowdfunding Anda!

Jadi berkarya dan hidup sesuai Passion makin lama makin MUNGKIN!

Crowdfunding bisa membantu Anda untuk itu!

Pertanyaannya adalah, “Di masa di mana semuanya MUNGKIN dan BISA dilakukan, apa yang INGIN Anda lakukan? Apa yang SUDAH dan belum Anda lakukan? dan Apa yang RELA Anda lakukan?

Untuk Anda yang punya passion kreatif dan ingin tahu situs lainnya yang bisa membantu Anda, silahkan baca juga artikel ini.


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller “Passion!”, “Lakukan Dengan Hati”, dan “Ini Cara Gue”. Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

  • fitryazizah

    Asyik, keren nih kak. :)
    Langsung cek artikel yang lain ah. Saya juga nulis tentang Patreon di fitryazizah.wordpress.com, mau nyoba nulis lagi nih. :D

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun