Nyalakan Lilinmu Untuk Bangsa

1

Kadang- kadang orang paling hobi nakut- nakutin diri sendiri.

Imajinasi kita yang jago ngarang itu paling senang mengarang bebas tentang hal terburuk yang bisa terjadi, akan terjadi, bagaimana terjadinya, dan segedung  hal- hal mengerikan bin horror lainnya. Kita jadi paling takut kalau ada ‘APA- APA’. Padahal ‘apa- apa’ itu apa? “Nggak tahu deh, pokoknya jangan sampai kalau ada ‘APA- APA!” Serem deh kalau ada ‘APA- APA’. Hati- hatiiii! jangan sampai ketemu ‘APA- APA!’

Makanya suatu hari, pas saya sendirian di rumah, tengah malam, dan mendadak lampu mati, saya jadi ngeri sendiri. Masalahnya, beberapa saat yang lalu saya baru nonton film “Paranormal Activity” untuk pertama kalinya, jadinya imajinasi saya lagi ON banget, dan saya dibikin jadi sibuk mikirin ‘APA- APA’!

Gelaaap. Gimana kalau ada ‘APA- APA’? Mau buka gorden ngintip keluar jendela, gimana kalau ada ‘APA- APA’ yang ngintip balik? Lilin ada, tapi korek nggak ketemu. HP abis batre, dan lampu belum juga nyala! Akhirnya sambil push up nyiapin fisik dan mental kalau harus ngelawan ‘APA- APA’ yang mendadak muncul, saya  memberanikan diri ngintip keluar.

Dan saya melihat ada tetangga saya berdiri ngobrol dengan anaknya di pinggir jalan, sambil memegang sebatang lilin yang menyala.

Cahaya lilin itu adalah satu- satunya cahaya di kompleks saya yang gelap gulita. Jadi secara insting, saya mengambil lilin saya, dan bergabung sama tetangga saya di depan, ikut memakai apinya untuk menyalakan lilin saya.

Waktu kami ngobrol dengan diterangi dua cahaya dari lilin yang kami pegang, mendadak beberapa tetangga bergabung, ikut menyalakan lilinnya di api lilin yang kami pegang. Dua lilin menyala, sekarang sudah jadi 4 hingga 6 lilin. Mereka juga ikutan ngobrol ngalor ngidul dengan memegang lilin di jalanan kompleks.

Baca Juga  Kenapa Anda Harus Belajar Coaching

Tanpa kami sadari, mungkin karena hebohnya obrolan kami, atau karena takut ada ‘APA- APA’ di rumah mereka, beberapa tetangga lagi ikutan keluar dari rumah dan bergabung di pinggir jalan, termasuk mereka yang sebenarnya sudah memiliki lilin menyala. 6 lilin kini sudah jadi 10 hingga belasan lilin. Daaan, belasan lilin itu teruus bertambah, sampai akhirnya itu jalanan kompleks kayak lagi ada konser Jazz, saya jadi refleks hampir ngangkat lilin saya di atas kepala dan digoyang kiri kanan sambil nyanyi.

Jalanan kompleks jadi terang benderang, sehingga saat lampu akhirnya kembali menyala, kami bahkan sempat tidak sadar, dan enggan untuk kembali ke rumah masing- masing.

Saya melihat situasi ini sebagai contoh nyata bagaimana kita benar- benar bisa membantu bangsa ini melalui Passion kita!

Di buku “Lakukan Dengan Hati” saya membahas tentang bagaimana kita SELALU bisa membantu orang lain. Bantu orang lain dengan apa yang BISA kita lakukan. Bantu orang lain lewat PASSION kita, lewat apa yang bermakna buat kita!

Passion kita menyanyi? Jadilah penyanyi yang POL, harumkan nama bangsa lewat indahnya musik kita! Passion kita menulis? Tulis buku yang MAUT dan sebarkan ke negara lain, buatlah sehingga orang luar kagum pada kayanya kisah bangsa! Passion kita memasak? Sebarkan KEDAHSYATAN resep dan nikmatnya masakan nusantara untuk orang- orang negara lain!

Ketika Anda bisa melakukan ini, api dari lilin kecil Anda akan MENGINSPIRASI orang lain untuk mengejar Passionnya, dan menyalakan lilinnya sendiri!

Seperti Tex Saverio, anak muda yang punya Passion dalam Fashion Design, dan melanglang buana ke Amerika Serikat untuk menyalakan api lilinnya, hingga menjadi Fashion Designer untuk Lady Gaga! Ia membuat orang- orang di Amerika dan seluruh dunia menoleh ke arah Indonesia, dan orang- orang Indonesia jadi TERINSPIRASI untuk mengejar Passionnya sendiri menuju prestasi yang sama!

Baca Juga  Resign Dini, Pensiun Dini, dan Menikah Dini

Anda mau mengembangkan dan mengharumkan nama bangsa? Mulailah dari apa yang Anda punya! Mulailah dari PASSION Anda!

Nyalakan api di lilin Anda! Kembangkan dan optimalkan sepak terjang Anda lewat Passion Anda! Dan tularkan api itu, semangat dalam Passion itu, untuk orang lain. Bantu orang lain menyalakan lilin mereka!

Setiap Passion adalah sebatang lilin. Satu batang lilin mungkin tidak bisa menerangi bangsa ini. Tapi dari satu lilin itu, JUTAAN lilin bisa dinyalakan satu demi- satu.

Dan jutaan lilin akan bisa MENERANGI bangsa ini dari sabang sampai merauke!


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller “Passion!”, “Lakukan Dengan Hati”, dan “Ini Cara Gue”. Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun