Mompreneur! Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga

0

Mentang- mentang di FB Anda masang status sebagai “ibu rumah tangga”, bukan berarti Anda lantas berhenti berkarya, jadi tergantung sama duit suami, atau malah sampai- sampai ngambil sekop dan mengubur semua impian kesuksesan.

Seorang ibu rumah tangga, sebenarnya BISA BANGET untuk punya penghasilan sendiri, dan jadi Passionpreneur, sambi ngerawat anakdan keluarga di rumah! …  bahkan tanpa perlu punya rumah sama tangga, apalagi rumah yang bentuknya kayak tangga. *Nggakpentingbangetsih*.

Malahan, kalau di zaman kemari- kemarin ibu rumah tangga suka dipandang sebagai wanita yang selalu memandangi wanita karir sambil ngiler iri, sekarang ini justru wanita karirlah yang mungkin lebih sering ‘ngiler domba’ sama ibu rumah tangga!

Dan kenapa nggak? Ibu rumah tangga yang membangun bisnis dari rumahnya, punya keuntungan tersendiri lho.

  • Bisa dapat duit sambil meluk anak.
  • Bisa dapat duit sambil pakai piyama.
  • Bisa dapat duit sambil masak.
  • Bisa dapat duit sambil nonton TV.
  • Bisa dapat duit sambil ngerawat anggrek di rumah.
  • Bisa dapat duit dari ngobrol sama tetangga, si ibu Susi glamor di rumah sebelah.

Jadi, bagaimana cara seorang ibu rumah tangga bisa memulai usaha sampingan dari rumahnya? Pertama, dengan memanfaatkan semua ‘kekuatan super’ seorang Supermom! Beberapa kekuatan Supermom, misalnya:

Supermom Power 1 – The Power of ‘Ngobrol’

Ibu rumah tangga paling hobi ngupdate berita-berita terbaru, baik dari mang Jajang si tukang sayur, ataupun sama ibu-ibu lain sesama warga kompleks sambil ngupdate stock sayur di rumah.

Sementara seorang suami punya daya tahan ngobrol yang jauh lebih rendah, ibu rumah tangga punya daya tahan ngobrol yang hampir bisa dibilang ‘zuperrrrrr’. Dari harga cabe sampai harga pempek, sampai harga diri artis, semua bisa dibahas sekali duduk.

Ini sebenarnya adalah aset untuk membangun usaha dari rumah!

Tips Memanfaatkan Superpower ini untuk usaha:

Dengan kemampuan ini, ibu rumah tangga bisa mendapatkan update trend dan update berita di lingkungannya, lebih cepat dari wanita kantoran, apalagi suaminya. Ini artinya, ibu rumah tangga bisa lebih cepat menemukan PELUANG dan POTENSI yang ada dan dibutuhkan di kompleksnya!

Ngobrollah dengan penghuni kompleks Anda, apa yang belum ada atau apa yang dibutuhkan di kompleks Anda?

Supermom Power 2 – The Power of ‘Tetangga’

Karena bikin usaha dari rumah, ibu rumah tangga punya kekuatan super ‘tetangga’. Tetangga dan semua penghuni kompleks, yang biasanya nongkrong bareng sambil beli sayur atau beli aqua galon, dari bi Siti sampe mang Dida, semuanya kenal.

Dan semua tetangga ini adalah aset berharga, malahan pasar berharga, untuk Anda yang memulai usaha dari rumah sambil merawat anak! Sebelum capek- capek melemparkan produk dan jasa ke pasar umum yang Anda nggak kenal, mulai aja dulu dari tetangga- tetangga yang Anda kenal!

Tips memanfaatkan Superpower ini untuk usaha:

Gunakan tetangga dan pengetahuan Anda tentang tetangga Anda untuk membantu usaha, misalnya, sebagai tenaga bantuan untuk produksi, sebagai pasar dan calon pembeli (tinggal ketok dan tawarin), atau bahkan sebagai sarana promosi. (minta tolong tawarin ke saudara dan temannya para tetangga, sebagai ganti oleh- oleh).

Supermom Power 3 – The Power of ‘Bebaaaasss’

Dengan kebebasan waktu yang bikin wanita karir dan suaminya iri dan meilirik sinis dan manis seperti masinis, ibu rumah tangga punya waktu yang lebih bebas, ‘nyantai’, dan fleksibel! Apalagi sebagai usaha sampingan, Anda bisa mengembangkan bisnis Anda tanpa musti deg- degan dapur ngebul, tapi bisa mengembangkannya dengan lebih tenang dan terencana, sambil duduk meluk anak di sofa.

Baca Juga  Biasanya Nggak Begini!

Dan karena nggak terburu- buru, seringkali, walaupun sedikit lebih lama, pengembangan jangka panjang bisnisnya akan jauuh lebih baik daripada usaha lain yang dibangun tanpa kebebasan waktu.

Seorang teman saya, ibu rumah tangga yang memulai bisnis desain busana beberapa tahun lalu, memulainya dengan santai dan iseng dari usaha sampingan di rumah, sementara suaminya bekerja. Lama- kelamaan, dibangun dengan santai selama beberapa tahun, incomenya mulai menyamai gaji bulanan suaminya. Dan kini? Suaminya sudah resign, dan membantunya mengurus usahanya itu!

Tips memanfaatkan Superpower ini untuk usaha:

Karena toh nggak dikejar setan, bangunlah usaha Anda dengan tenang dan lebih bertahap. Buat rencana jangka panjang, dan jadilah lebih fleksibel dalam pelaksanaannya, dalam pengembangannya, dan dalam promosinya. Gunakan waktu luang Anda untuk belajar lebih banyak, dan mengembangkan produk yang lebih baik lagi, dan terus kembangkan seiring waktu.

Dan jangan lupa, gunakan kekuatan ini untuk menikmati waktu bersama si kecil dan keluarga di rumah!

 

Memulai Usaha Sebagai Ibu Rumah Tangga

Lalu bagaimana cara untuk memulai usaha sampingan dari rumah sebagai ibu rumah tangga? Nah, berikut tips tahap- tahap sederhananya, dan kalau masih penasaran, Anda juga bisa baca artikel 7 langkah membangun bisnis rumahan:

  1. Atur Waktu Kerja yang Pas

Kerja dirumah keliatannya enak, karena nggak perlu pergi kemana-mana dan cuma butuh niat, laptop, gadget, atau malah sekedar panci sama telepon. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika seorang ibu rumah tangga ingin punya usaha sampingan. Misalnya, dari mengatur waktu kerjanya!

Kerja dirumah bukan berarti Anda bisa seenaknya dan nggak punya manajemen waktu. Jangan sampai Anda keasyikan menjawab pesanan-pesanan online, sampai lupa jemput anak sekolah, atau nggak sempat menyiapkan makanan ketika suami pulang kerja. Tetapkan waktu yang pas untuk Anda membagi fokus antara mengembangkan kerja sampingan dan melakukan kegiatan rumah tangga.

Tips:

Anda bisa mulai membuat jadwal kegiatan sendiri. Misalnya:

  • Cek email dan membalas pesan-pesan di pagi hari, sambil menyiapkan makanan dan pakaian untuk anak dan suami.
  • Jam 10 hingga 4 sore untuk urusan produksi dan bisnis online, sambil tetap menemani kegiatan anak.
  • Selebihnya cek dan ricek lagi sebelum Anda istirahat. Misalnya, cek sistem keuangan bisnis Anda.
  • Untuk pemula, Anda bisa pilih waktu kerja sampingan di hari Sabtu atau Minggu saja.

Usaha Sampingan Yang Bisa Dicoba:

  • Jasa desain pernak pernik atau aksesori dari rumah.
  • Bikin catering nikahan, yang biasanya berlangsung di hari Sabtu Minggu.
  • Event organizer, modal telepon dan jaringan.
  • Network Marketing atau MLM make up dan fashion.
  1. Ukur dan Perhitungkan Beban Kerja

Ini juga perlu Anda ukur. Jadi ibu rumah tangga itu capek lho. Saat Anda membangun usaha, Anda harus bisa memperhitungkan kapasitas badan dan pikiran Anda untuk mengerjakan usaha sampingan dan TETAP menjalankan kewajiban sebagai ibu rumah tangga.

Pilih bisnis sampingan yang tidak sampai menguras tenaga dan pikiran Anda melebihi kapasitas, misalnya, jangan jadi tukang bangunan, montir bengkel, apalagi preman pasar. Jangan itu…

Baca Juga  7 Profesi Modal Dengkul (Literally!)

Tips:

  • Catat semua aktivitas harian Anda di secarik kertas untuk menemukan beban fisik Anda.
  • Pertimbangkan tingkat kelelahan Anda per harinya, dan berdasarkan itu, buat kapasitas diri yang mau Anda gunakan untuk membangun usaha sampingan.
  • Cari aktivitas yang bikin senang dan Anda enjoy melakukannya!

Usaha Sampingan Yang Bisa Dicoba:

  • Bisnis online dan buka lapak online.
  • Menyediakan jasa internet marketing.
  • Menjadi ghost writer atau penulis blog komersil.
  • Jasa asisten perusahaan atau pribadi secara online.
  1. Usaha Sampingan dengan Mobilitas Terjangkau

Karena nggak bisa banyak terlalu mobile dengan ruang gerak terbatas di rumah, sebaiknya Anda pun memilih usaha yang tidak terlalu banyak membutuhkan mobilitas tinggi.

Bisnis online misalnya, bisa jadi pilihan untuk ibu rumah tangga. Anda tetap bisa melakukan pekerjaan rumah sambil berbisnis. Pakai sistem delivery online atau kerjasama dengan jasa kurir, untuk memudahkan proses pengiriman dengan mudah. Selain menghemat waktu, tenaga yang Anda miliki bisa dimanfaatkan untuk hal lain, seperti meluk anak.

Tips:

  • Pelajari sebanyak apa dan sejauh apa batasan mobilitas Anda setiap harinya.
  • Kenali jalur keluar Anda, dan apa yang ada di dalamnya, misal, saat mengantar anak, ada apa saja di jalur Anda? Saat belanja, ada apa yang bisa Anda lakukan dalam jalur belanja itu?
  • Bangun usaha sampingan yang jarak tempuhnya tidak jauh (atau kelewatan) dari jalur harian Anda.

Usaha Sampingan Yang Bisa Dicoba:

  • Catering kost- kostan yang ada di dekat rumah Anda.
  • Catering kantor yang ada dekat rumah Anda.
  • Menyediakan jasa merawat hewan peliharaan di kompleks Anda.
  • Membuat kursus di rumah.
  1. Pastinya, Pilih Yang Anda SUKA!

Buat apa bikin usaha sendiri kalau nggak enjoy?

Suka masak dan punya resep-resep kreasi sendiri? Suka ngerajut? Suka nulis novel dan cerita pendek? Suka ngejahit baju? Suka bikin desain? Suka bikin ilustrasi buku anak? Pilih yang Anda suka untuk memulai usaha Anda dari rumah!

Coba tanya diri sendiri, “hal apa yang paling Anda sukai dan nggak pernah bosen ngerjainnya?”. Ide bisnis untuk ibur rumah tangga versi Anda sendiri bisa diperoleh dari sana!

Tips:

  • Tanya pada suami, apa hobi dan bakat Anda menurut dia?
  • Apa yang suka Anda kerjakan dan ingin selalu Anda kerjakan?
  • Apa hobi yang ingin Anda tekuni? Apa yang ingin selalu Anda pelajari?
  • Ambil sertifikasi yang bisa membantu Anda lebih menguasai hobi Anda!

Usaha Sampingan Yang Bisa Dicoba:

  • Menulis dan membuat buku anak, bila Anda suka menulis.
  • Menjual snack online, bila Anda suka membuat cemilan.
  • Membuat jasa day care kompleks di rumah Anda, bila Anda suka anak- anak.

Jangan lupa, baca juga artikel tentang 10 profesi dari rumah, dan cara memulai bisnis online Anda sendiri!

Intinya, menjadi ibu rumah tangga jangan sampai jadi hambatan, apalagi jadi alasan dan alibi, untuk berhenti berkarya, berusaha, dan mengejar sukses dalam passion Anda!

Ibu rumah tangga punya banyak potensi dan peluang yang tetap bisa dikembangkan, untuk membangun usaha sampingan dari rumah! Apalagi di zaman sekarang dimana semuanya serba terfasilitasi dan terkoneksi dengan internet.

Pertanyaannya cuma, “Apa Anda adalah seorang Supermom, dan siap menjadi ibu rumah tangga dengan usaha sampingan?”

Saya yakin jawabannya adalah ” YA!”


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun