Mengembangkan Profesi PLUS

0

Dalam ebook saya “Passionpreneurship”* saya pernah membahas sedikit soal ‘Profesi PLUS’.

Hah? Pijat PLUS PLUS? Bukannnn bukaaaann..!

Profesi PLUS adalah istilah yang saya gunakan untuk menjelaskan ‘sebuah profesi yang muncul sebagai akibat dari profesi lain yang kita kerjakan’. Jadi, akses untuk profesi PLUS ini seringkali tidak muncul begitu saja, tapi akan terbuka setelah dan bila Anda mengerjakan suatu profesi yang lainnya.

Supaya Anda nggak perlu repot- repot ngelepas sendal Swallow Anda dan ditimpukkan ke arah saya, karena masih juga berbelit- belit kalimatnya, langsung saya contohin saja deh.

Penulis Buku adalah profesi yang punya sebuah Profesi PLUS, yaitu Pembicara. Sulit bagi Anda untuk begitu saja mendadak jadi pembicara yang diundang ke sana sini untuk berbagi ide dan wawasan, kalau belum ada yang mengenal Anda atau tahu pemikiran Anda. Karena itu, menulis buku adalah suatu profesi yang kemudian bisa membuka jalan untuk Anda menjadi Pembicara, sebagai Profesi PLUS nya.

Blogger adalah profesi yang punya beberapa profesi PLUS. Diantaranya menulis buku, menjadi copywriter, menjadi buzzer, atau menjadi konsultan Online Branding. Ada juga beberapa blogger yang memang membuat desain blognya sendiri kemudian menjalani profesi PLUS sebagai Web Designer.

Dokter Kulit adalah profesi yang juga punya profesi PLUS yang cukup dahsyat. Anda tahu pusat- pusat kecantikan yang tersebar di kota besar itu? Mereka semua memiliki jajaran dokter kulit terpercaya sebagai konsultannya, atau bahkan memang dimiliki oleh para dokter kulit.

Dan sssssttttt, dalam sebagian besar kasus, profesi PLUS ini sebenarnya menghasilkan uang yang lebih BESAR daripada profesi pemicunya! Uang hasil ‘ngamen’ atau hasil diundang sebagai pembicara seringkali lebih besar daripada royalty penjualan bukunya sendiri. Uang bayaran sebagai buzzer atau konsultan lebih besar daripada iklan yang dipasang klien di blog si blogger. Dan uang bayaran untuk si dokter kulit dari konsultasi kecantikan di pusat kecantikan swasta lebih besar daripada bayaran praktek di rumah sakit.

Baca Juga  Indikator Senyum Yang Gue Banget

Waw! Jadi jangan heran kalau banyak orang yang mau meraih Profesi PLUS ini.

Nah setelah Anda memahami konsep Profesi PLUS, pertanyaan berikutnya adalah, “Apakah hanya profesi tertentu saja yang ada profesi PLUS nya?” Jawabannya, nggak juga! Memang ada beberapa profesi yang sejak awal sudah memiliki jalur yang jelas untuk profesi PLUS. Tapi sebenarnya, hampir semua profesi ada atau bisa dibuat profesi PLUS nya!

Anda atlit dan rada ganteng? Mungkin Anda bisa bikin profesi PLUS sebagai model iklan.

Anda dosen? Mungkin Anda bisa bikin profesi PLUS sebagai penyedia seminar pendidikan di kampus Anda.

Anda penjahit baju? Mungkin Anda bisa bikin profesi PLUS sebagai desainer yang membantu memberi saran fashion untuk calon klien Anda, atau bahkan nekat tampil di majalah atau radio menjual ide fashion.

Bahkan nggak jarang, orang memang memilih sebuah profesi sejak awal, karena MENGINCAR profesi PLUS yang dimiliki profesi itu. Misal, ada yang menulis buku KHUSUS agar bisa berprofesi sebagai pembicara!

So, Coaching Question buat Anda dalam hubungannya dengan profesi PLUS ada tiga, yaitu:

1. Apa Profesi PLUS yang saya inginkan, dan profesi apa yang bisa membawa saya ke profesi PLUS itu?

2. Apa Profesi PLUS yang bisa saya kembangkan dari profesi saya saat ini?

3. Apa keunikan dan kemampuan saya yang lain yang bisa saya gunakan untuk mengembangkan Profesi PLUS?

Temukan profesi PLUS Anda, dan rasakan manfaatnya untuk karier dan kemajuan Anda!

 

* Ebook Passionpreneurship akan segera diterbitkan ulang dalam Format Baru!


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun