Mempersiapkan Modal Ala Passionpreneur

1

Kalau saya dapet sepuluh ribu perak setiap kali ada peserta dan pembaca yang menunda langkah untuk memulai profesi impiannya dengan alasan “kurang modal”, mungkin saya udah jadi juragan sepuluh ribuan. Asli.

Anda nggak bakal bisa membayangkan betapa buanyaknya orang yang hobi memakai kata “modal” sebagai alasan dan senjata pamungkas buat menunda- nunda langkah mereka.

“Pengen siiiih ngebangun profesi yang ‘gue banget’, tapiii, nggak ada modalnyaaa Coach”,
“Emang butuh modal berapa?” tanya saya sok akrab dengan gaya ‘kepo’.
“Banyak deh coach.”
“Banyaknya berapa?”
“Belum tahu coach”.
“Lah? Oke deh. Butuh modalnya buat apa?”
“Buat modal ini itu.”
“‘Ini itu’ itu, apaan aja?”
“Waaah itu sih belum taaaahuuuu!”

“Yeeeeeeee!”

Gimana kita bisa tahu butuh modal berapa, kalau malah belum tahu untuk apa?
Dan gimana kita bisa tahu udah punya modal cukup atau belum, kalau kita nggak tahu butuhnya berapa?
Gimana juga kita bisa tahu butuhnya berapa kalau kita ngeriset profesi atau bisnis itu aja belom?

Jadi sebelum kita ngumpet dibelakang alibi dan alasan ‘modal’, kita musti tahu dulu, sebenarnya apa sih ‘modal’ yang kita maksud? Buat dipake apa? Berapa duit? Dan bagaimana serta kapan kondisi modal minimal banget, untuk bisa mulai jalan?

Kalau kita belum tahu detail dan patokan jelas ‘permodalan’ ini, alasan ‘nggak ada modal’ malah bisa bikin kita terjebak dalam status quo, dan bikin kita nggak bisa mulai mulai!

 

Rinci Dulu Kebutuhan Modal Usaha Anda!

Ibarat mau pergi berwisata, untuk bisa nyiapin biayanya, kita perlu tahu dulu mau kemana, naik apa, lewat jalan apa, sama siapa, makan apa, berhenti selfie dimana, dan ngapain aja, supaya kita tahu jumlah ongkos yang dibutuhkan.

Saat Passionpreneur mau nyiapin modal untuk profesinya, juga sama!

Inilah tahap- tahap yang perlu Anda lakukan buat merinci modal ala Passionpreneur!

Langkah 1 – Pastikan dulu wujud profesi sesuai Passion Anda.

Kalau ada yang nanya, “Profesi apa yang paling bagus?” saya selalu ngejawab, “Semua juga bagus”. Lalu dia nanya, “Profesi apa yang bisa bikin kaya?” saya suka ngejawab, “Semua juga bisa bikin kaya”. Kuncinya adalah memilih. Dan memilih yang paling ‘ANDA BANGET’..

Kalau peluang usaha atau bidang profesinya aja masih ‘nggak tahu’ atau ‘liat nanti’, atau ‘kayaknya’, Anda bakal susah menghitung jumlah angka yang Anda perlukan! Jadi, apa profesi yang mau Anda bangun dan tekuni?

Langkah 2 – Pelajari biaya Start up Profesi ini.

Setiap profesi punya kebutuhan biaya memulai yang berbeda- beda. Biaya jadi Food Blogger, cuma modal komputer, kamera handphone, free blog hosting, dan koneksi internet, jadi kebutuhan modal sangatlah minim. Profesi sebagai YouTuber, butuh biaya sedikit lebih banyak untuk kamera HD, microphone, lighting, dan mungkin talentnya, mungkin butuh nabung atau menyisihkan modal dari gaji 2- 3 bulan untuk produksi 1 season (13 episode). Profesi sebagai Jingle Maker, butuh ruangan kedap suara, bisa sewa atau bangun di garasi, microphone, sound mixer, dan alat musik serta peralatan yang dibutuhkan. Mungkin biayanya sedikit lebih besar.

Jadi, apa saja biaya start profesi impian Anda? Catat elemen demi elemen kebutuhan start upnya!

Langkah 3 – Rinci biaya per elemen dan total biaya di Excel.

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan orang saat mau membangun profesi idamannya adalah tidak merinci biaya yang dibutuhkan! Karena itu, diapun terjebak dalam ‘limbo mencari modal’. Jadi, buka Microsoft Excel, dan data semua elemen/ item yang dibutuhkan untuk memulai profesi baru Anda yang sudah Anda catat tadi beserta harga dan biayanya, lalu hitung total biayanya. Tidak tahu harganya? Lakukan riset! Tinggal Google atau tanya teman aja kok.

Baca Juga  Mengambil Seribu Rupiah Dari Sejuta Orang

Langkah 4 – Bikin Plan B untuk modal.

Nah, setelah Anda punya daftar elemen dan total biaya yang Anda butuhkan, save dokumen Anda. Lalu, buka dokumen baru dan tuliskan Plan B atau rencana cadangan! Tulis semua elemen yang Anda tulis di dokumen sebelumnya, tapi, kali ini tulis versi ‘Minimum’ atau versi murah nya!

Kalau nggak bisa beli kamera, minimum sewa lah. Kalau nggak bisa bikin studio, mungkin di garasi bisa? Kalau nggak bisa rekrut 5 tim produksi, minimum rekrut 1 dan colek 4 teman. Nggak bisa beli mebeul kantor, coba beli second atau DIY sendiri!

Tuliskan semua biaya minimum, dan totalkan!

Langkah 5 – Bikin prakiraan dan target timeline mulai.

Rencana tanpa aksi itu ibarat ke restoran mewah tapi cuma nongkrong sambil menatap hampa di serambinya. Jadi setelah rencana dan perhitungan Anda selesai, artinya Anda kini sudah tahu persis jumlah modal yang Anda butuhkan untuk bisa mulai!

Berdasarkan perhitungan ini, lakukan perhitungan realistis tentang berapa banyak waktu yang Anda butuhkan, atau waktu yang mau Anda sisihkan untuk mengumpulkan modal sejumlah itu, supaya bisa mulai!

Misal, bila menyisihkan 20% dari pendapatan bulanan untuk modal, maka berapa lama Anda bisa memulai profesi ini bila di Plan B? Berapa lama bila di Plan A? Atau apa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengumpulkan dan menambah jumlah modal?

Tetapkan waktu pasti sebagai batasan untuk mulai action!

Inti penetapan modal untuk seorang Passionpreneur adalah memahami sebenarnya “Berapa modal yang Anda butuhkan, dan untuk apa”!

 

Modal Usaha Non Duit Untuk Memulai Usaha Saat Ini Juga

Intinya adalah memahami sebenarnya “Berapa modal yang Anda butuhkan, dan untuk apa”.

Tapi bagaimana kalau Anda betul- betul nyangkut dalam masalah modal uang, dan saat Anda masih loncat sana loncat sini, kesulitan mengumpulkan modal uang, padahal Anda sudah kebelet bin nggak sabaran ingin cepat- cepat mengeksekusi profesi sesuai Passion Anda?

Apa tetap harus nunggu ada duitnya dulu?

Saya sih, nggak pernah suka duduk BENGONG menunggu!

Sambil menunggu terkumpulnya modal uang atau sambil melakukan langkah untuk mengumpulkan modal uang, Anda bisa memakai modal- modal lain yang SUDAH Anda miliki di tangan Anda dulu, untuk bisa segera mulai, saat ini juga!

Inilah jenis- jenis modal lainnya yang SAMA BERHARGANYA, dan bisa digunakan oleh Passionpreneurs untuk mulai berkarya:

  1. Modal Network.

Teman, sobat, keluarga, kenalan, om, tante, mentor, tetangga, dan semua orang yang kita kenal bisa ngebantu kita mulai melangkah. Saya sudah pernah menceritakan bagaimana saya menghubungi semua nomor telepon kenalan saya untuk mencari koneksi dan memulai karier saya sebagai penulis. Kenalan kita, jaringan kita, dan network kita itu berharga! Mereka bisa dihubungi sebagai sumber informasi, sebagai konsumen ataupun investor! Mereka bisa jadi pelanggan, dan rekan bisnis kita!

Modal ini bisa terus diperluas dengan mengembangkan jaringan Anda di berbagai tempat! Tambah modal network dengan bergabung dengan organisasi!

  1. Modal Skill.
Baca Juga  4 Bulan Jadi Passionpreneur dengan 6 Pilar Profesi!

Apa yang Anda bisa dan apa yang Anda jago itu asset paling berharga! Sebagai Passionpreneur, profesi terbaik dan paling ideal untuk diri sendiri adalah bidang yang Anda suka, dan Anda Jago! Artinya, profesi yang ingin Anda mulai adalah profesi dimana Anda punya skill yang bisa diandalkan dan bisa dijual.

Tanyakan pada diri Anda, apa yang Anda jago dan bisa Anda pakai? Bagaimana bisa Anda jual? Bagaimana Anda bisa memakai skill Anda segera untuk menghasilkan sesegera mungkin?

  1. Modal Pengetahuan.

Apa yang Anda tahu bisa membawa Anda jauuuh ke depan. Knowledge is Power! Jadi kalaupun Anda belum memiliki modal uang yang cukup untuk membiayai start up profesi Anda, Anda bisa memperluas pengetahuan Anda dalam bidang itu, pelajari berbagai hal yang orang lain tidak tahu, dan jadikan itu modal mulai!

Dengan pengetahuan Anda, Anda bisa menemukan celah Plan C yang tidak membutuhkan banyak modal, atau bisa meyakinkan konsumen atau klien, atau calon investor Anda tentang kredibilitas Anda.

Kalau saat ini belum banyak yang Anda tahu tentang bidang Anda, cepat cari tahu dan perluas pengetahuan Anda! Ilmu Anda adalah modal Anda dalam mencari partner yang punya duit.

  1. Modal Ide.

Percaya nggak? Ide itu mahal lho. Nggak semua orang bisa punya ide keren!

Kalau Anda tidak punya banyak uang untuk start up profesi yang Anda banget, pastikan Anda bisa mengembangkan ide Anda, dan berkreasi dengan ide yang mumpuni! Tapi ide saja tidak cukup, sertakan rencana eksekusi matang bersama ide Anda, dan gunakan ide dan rencana itu sebagai modal Anda untuk melangkah mencari partner! Atau kenapa nggak, mungkin Anda bisa mencari ide tentang bagaimana menjual jasa dan profesi baru Anda langsung dengan cara baru!

Misalnya, kalau buka toko buku memakan terlalu banyak biaya, kenapa tidak bikin MLM Online yang menjual buku lewat jaringan? Cari ide baru!

  1. Modal Nyali.

Dan dari semua modal di atas, modal satu inilah yang paling penting!

Sebagian besar (kalau tidak semua) orang yang mencoba hidup dalam profesi sesuai Passionnya gagal karena rasa takut. Takut mulai, takut nyoba, takut gagal, dan takut akan serba ketidakpastian. Apa ini jalan yang benar? Apa yang bakal terjadi kalau saya jatuh? Gimana kalau saya bangun hanya untuk jatuh lagi?

Jawabannya? Hanya Tuhan yang tahu. Tapi apa itu artinya kita tidak akan pernah bangun dan mencoba?

Rugi banget!

Berani nyoba, berani mulai, berani jatuh, dan berani BANGUN LAGI setelah jatuh, juga berani untuk menghubungi, minta bertemu dengan orang penting, dan berani melakukan negosiasi dengan orang baru, itu semua butuh nyali.

Seorang Passionpreneur tahu bahwa modal itu bukan cuma masalah duit. Karena itu, inilah salah satu cara ngumpulin modal ala Passionpreneur! Dengan cara memakai modal apapun yang ada di tangannya pada saat ini juga!

So, berikutnya Anda keceplosan ngomong, “Nggak adaaa modal niiiih!”, eits tahan dulu tuh lidah Anda, dan coba cek, apa sebenarnya modal- modal Anda yang lain? Masak siiih nggak ada modal?

Modal apa yang Anda punya saat ini di tangan Anda? Kapan Anda mau mulai dengan menggunakan modal itu?


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

  • Nope riyanto

    passionpreneur *Like

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun