Kerja Itu Musti Kreatif

0

Kerja itu jangan cuma bisa kerja keras, tapi baiknya kerja CERDAS.

Tapi kerja cerdas doang juga sebenarnya nggak cukup. Kerja itu harus kerja keras, DAN kerja cerdas.

Tapi lagiiii, dengan pola pikir yang terbentuk dengan dukungan teknologi informasi sekarang, yang namanya kerja itu bakal jadi lebih baik lagi kalau tidak berhenti di sekedar keras dan cerdas, tapi terus maju ke kata KREATIF.

Kerja itu musti KREATIF!

Banyak profesi keren yang bermunculan dengan bantuan teknologi dan gaya hidup sekarang. Dan semua profesi ini bermunculan seiring dengan munculnya teknologi pendukungnya. Tapi, sekilas nampaknya profesi- profesi baru ini nggak menarik dan nggak menggoda sama sekali. Kenapa nggak menarik? Karena banyak dari profesi ini nampaknya NGGAK menghasilkan DUIT!

“Seru siiih, tapi kalau nggak menghasilkan duit, buat apaaa?” kata banyak orang.

Ada betulnya memang. Kalau nggak menghasilkan, aktivitas itu namanya hobi doang, dan bukan profesi. Buat apa dikerjain serius? Naaah, tapi gimana kalau saya bilang bahwa pertanyaan yang HARUS Anda tanyakan sebenarnya bukan itu? Pertanyaan sebenarnya yang HARUS Anda tanyakan adalah:

“Gimana CARANYA supaya profesi ini BISA menghasilkan duit?”

Seringkali, dengan menanyakan pertanyaan ‘sakti’ favorit saya ini, Anda akan menemukan SUMBER DUIT yang Anda cari itu ternyata ada justru DILUAR profesi tadi, atau bahkan melintasi beberapa bidang dan aspek yang lain!

Kreatif, dari kata create, artinya Anda bisa menciptakan sendiri sumber duit dari setiap profesi!

Misalnya, darimana sih duit ngeblog/ blogging?

Uang dari Blog bukan dari Blognya

Blogging adalah profesi gratisan, yang intinya Anda berbagi tulisan, berita, opini, atau apapun yang Anda inginkan di internet. Bisa di halaman website pribadi Anda, ataupun jejaring web opini atau sosial media. Orang- orang akan membaca tulisan Anda dengan GRATIS. Anda nggak dibayar untuk nulis, dan Andapun nggak akan mendapatkan uang dari orang yang baca, atau kalau Anda ngeblog di Facebook, ‘Like’ teman- teman Anda nggak bisa dibawa ke warung mang Dadang di depan buat ditukar nasi rames telor. Adanya Anda dipelototin sama mang Dadang, “150 Like? Terus nape?”

Baca Juga  Apa Anda Takut Sukses?

Jadi dalam dunia blogging, sekeras apapun Anda bekerja, walaupun Anda ngeblog 24 jam non stop, nggak akan menghasilkan duit, TANPA ada kreativitas dari diri Anda untuk mengubah itu jadi sumber duit!

Jadi kreatiflah! Gimana caranya supaya ngeblog bisa menghasilkan duit? Tentu paling mudah adalah dengan memasang Google Adsense untuk mengizinkan Google memasang iklan di blog Anda, dan memberi Anda komisi dari iklan itu.

Lebih kreatif lagi? Bawa blog Anda ke ranah social media, minta opini dan alirkan crowd ke blog Anda. Lalu ‘JUAL’ statistik pengunjung yang Anda dapatkan dengan Google Analytics, ke media untuk memasang iklan di website Anda. Lebih kreatif lagi? Pamerkan isi tulisan Anda yang ‘keren- keren’ itu ke media massa raksasa, tawarkan jasa Anda menuliskan berita untuk mereka, tentunya dibayar.

Lebih lagi? Bikin seminar dan kelas tentang “Membuat Blog Yang Penuh Pembaca”, dan Anda jadi pembicaranya. Lebih lagi? Gunakan artikel- artikel kontroversial, sebar di Twitter dan socmed lainnya, dan jadi Seleb Twitter. Buat apa jadi Seleb Twitter? Supaya Anda diundang TV untuk berbagi opini. Buat apa berbagi opini di TV? Supaya Anda bisa jualan tiket seminar “Sukses Dengan Blog Bersama Bintang TV Anu”.

“Kreatif” adalah kata kuncinya. Uang dari ngeblog, bisa jadi BUKAN DARI BLOGNYA!

Beberapa hari lalu teman saya menunjukkan sebuah website yang masih dalam tahap ‘Beta’. Namanya “Clip On Yu”, dimana orang- orang mengadakan dan bisa menonton “Live Show” secara online dari banyak ‘talent- talent’ muda dari berbagai area di Indonesia, Live melalui Web Cam. Setiap ‘host’ bisa membuat shownya sendiri, dan membuat karakter onscreen- nya sendiri.

Baca Juga  Sukses Tanpa "Tapi" dan "Cuma"

Saya nggak tahu banyak tentang website ini dan Business Model nya, dan saya juga nggak tahu apa website ini akan berhasil atau gagal. Tapi saat melihat website ini, yang terpikir oleh saya adalah satu hal. Selama ini, banyak orang yang BERMIMPI ingin jadi host TV dan menjadi host di acaranya sendiri. Masalah muncul ketika mereka tidak bisa berlatih dan tidak bisa memamerkan talentnya ke media massa raksasa di Indonesia.

Dengan adanya wadah- wadah seperti ini dan Youtube, mereka jadi setidaknya bisa berlatih menciptakan Onscreen persona, serta MEMAMERKAN talent (dan tampangnya) di depan massa yang sangat banyak, dan menggunakan data jumlah penonton, rekaman, atau pengalaman ini untuk ‘menjual jasanya’ ke media massa raksasa nantinya, atau sebagai MC, dimana mereka bakal mendapatkan DUITNYA.

Uang dari aktivitas Live Show online seperti ini, bisa jadi BUKAN dari LIVE SHOWNYA!

Uang dari main Yoyo, belum tentu dari main Yoyonya!

Uang terbesar dari kerja sebagai akuntan, belum tentu harus dari kantornya!

Uang terbesar dari ngegambar, belum tentu harus dari gambarnya!

Setiap profesi bisa digali, dikembangin, dan DIKAITKAN, dengan profesi atau aktivitas lain untuk menghasilkan uang sebagai sumber income.

Anda cuma perlu bekerja KERAS, CERDAS, dan KREATIF!


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller “Passion!”, “Lakukan Dengan Hati”, dan “Ini Cara Gue”. Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun