Keputusan atau Keputusasaan!

0

Pada suatu waktu dalam hidup kita, ada kalanya kita pasti dihadapkan dengan situasi dimana kita harus mengambil keputusan diantara dua pilihan. Mulai dari dua pilihan yang remeh, misalnya mesen ayam atau ikan untuk makan siang, ngegoda cewek yang di kiri atau yang di kanan di mall, ngasih kado yang mahal atau yang pribadi, atau milih untuk ngomong jujur atau nggak pas istri nanya, “Aku gemukan nggak?”, hingga keputusan diantara dua jalan pilihan hidup yang penting, seperti memilih jalur karir yang tepat.

Tapi memilih diantara dua pilihan seringkali nggak segampang memilih makan siang.

Misalnya saja, apa yang bakal Anda pilih ketika kedua pilihan Anda membuat Anda harus memilih antara Keamanan- Kenyamanan dan Visi- Mimpi? Apa yang akan Anda korbankan? Apa yang akan Anda pilih?

Di satu sisi, keamanan dan kenyamanan bagaikan kehangatan dan keempukan kasur di rumah. Anda aman, Anda terjamin, dan ada orang- orang seperti orang tua di rumah yang akan mengawasi Anda, hingga kesehatan Anda terjamin, makan penuh, perut menggendut, dan terlindung dari hujan badai diluar rumah.

Tapi gimana rumah Anda ternyata nggak menaungi visi dan mimpi Anda? Gimana kalau rumah ini, senyaman apapun keberadaannya, ternyata nggak searah dengan mimpi Anda. Ataupun kalau searah dengan mimpi, tapi dia tidak searah dengan visi Anda mengenai bagaimana kondisi seharusnya dalam mencapai mimpi itu? Bagaimana kalau visi Anda, ternyata ada di luar rumah yang nyaman yang sedang Anda diami sekarang?

Apa yang akan Anda putuskan?

Apa Anda akan tetap di dalam rumah, sambil terus mengarahkan wajah keluar jendela?

Atau Anda akan keluar dari rumah, dengan hati deg- degan, dan tangan melambai pada ketidakpastian?

Baca Juga  Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Passion Anda!

Inilah masalah yang dialami kebanyakan orang, dan mungkin sedang Anda alami sekarang. Saya pun telah berkali- kali mengalami moment seperti ini, dan percaya deh, moment kayak gini akan terus datang dalam hidup kita.

Sebenarnya tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini, karena saya tidak bisa mengambil keputusan untuk Anda. Dan memang bukan itu tujuan saya menulis artikel ini. Kali ini, saya hanya mencoba untuk mengingatkan diri kita semua tentang betapa pentingnya pilihan- pilihan yang kita ambil, APAPUN KEPUTUSANNYA!

Hah? Apapun? Yup! Apapun!

Artinya, adalah hak Anda, terserah Anda, untuk mengambil keputusan, apakah Anda mau tetap tinggal di rumah itu, ataupun Anda mau keluar dari rumah itu dan hidup sesuai visi Anda. Tidak penting apapun keputusannya, selama Anda MENGAMBIL KEPUTUSAN!

Pernah nggak, Anda, waktu muda dulu, menyatakan cinta, alias ‘nembak’? Lalu si diapun berkata, “Tunggu bentar ya, saya mikir dulu”. Seminggu, Anda masih deg- degan… Sebulan, Anda mulai nggak sabar… Tiga bulan belum juga menjawab, Anda mulai kesel… Dan setahun belum jawab juga, akhirnya Anda pun teriak, “JAWAB atuh lah, ya atau nggak! Itu doang. Kalo nggak juga gapapaaaaa, jangan hatiku kau gantung begituuuuu!”

So, hal yang sama perlu kita lakukan dalam mengambil keputusan apapun. Jangan dibiasakan menunda- nunda keputusan, karena dia bisa berubah jadi keputusasaan.

Apapun keputusannya, nggak masalah, selama Anda MENGAMBIL KEPUTUSAN. Laluuuuu, ikuti keputusan itu dengan KOMITMEN dan KEYAKINAN!

… sampai tiba saat berikutnya di mana Anda harus mengambil keputusan lagi.

Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller “Passion!”, “Lakukan Dengan Hati”, dan “Ini Cara Gue”. Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun