Kenapa Saya Nggak Bikin Resolusi Tahun Baru

0

Terompet berbunyi di kiri kanan, petasan meletus di atas bawah, dan di luar sana anak- anak kecil bertelanjang dada pada ‘bikin arisan’ di atas mobil pickup yang biasanya dipakai buat ngangkut sayuran sambil ajrut- ajrutan, untuk merayakan Tahun Baru 2014. Heboh banget!

Semuanya merayakan penambahan usia Bumi ini dengan caranya sendiri, dan dengan mindset sendiri. Kayak kata lagu klasik “Hotel California”, “… Some dance to remember, some dance to forget …”

Di dalam ruangan, banyak orang yang langsung TOSSS sama teman- temannya, dan saling menyatakan Resolusi Tahun Baru 2014. Tapi saya nggak termasuk di dalamnya, karena saya sudah beberapa tahun ini nggak lagi bikin resolusi tahun baru.

Kenapa? Well, karena sebagian besar orang yang kemarin ber- toss ria sambil bikin resolusi tahun baru itu mungkin bahkan sudah lupa sama resolusi yang dia ucapkan di awal tahun 2013 kemarin! Dan besar kemungkinan, dia juga bakal melupakan resolusi yang diucapkannya tanggal 1 kemarin dalam seminggu, dua minggu, atau sebulan dari sekarang. Dan seringkali, dia bahkan nggak mencapai apa yang sudah dia ucapkan di awal tahun itu, dan mengulanginya kembali tahun depan!

Paling nggak, ini yang duluuu saya lakukan. Udah ber- resolusi ria, lalu pas tahun depan, saya ber- resolusi lagi, dan tahun depannya, lagi, dan seterusnya, sebelum saya sadar pas ngeliat catatan, busetttt dahhh! Ternyata bertahun- tahun saya resolusinya sama melulu! Apa nggak tercapai terus tuh?

So, resolusi itu bagus, tapi kalau nggak di follow up, dia nggak ada gunanya.

So saya berhenti bikin resolusi, dan saya bikin 5P Tahun Baru!

Setiap awal tahun, saya nyiapin 5P saya untuk tahun itu, dan langkah ini jauh lebih efektif! Apa itu 5P?

Baca Juga  Passion di Indonesia Coaching Summit

Ambil kertas, dan yuk bikin rencana 5P bersama saya!

1. PASSION – Apa Yang Saya Mau Saya Capai

Di awal tahun, saya menetapkan apa yang mau saya CAPAI di tahun ini. Semacam penetapan tujuan, tapi bukan sembarang tujuan! Saya menetapkan TUJUAN yang sesuai dengan PASSION saya! Apa yang hati saya ingin lakukan, dan apa yang akan lebih memberi makna bagi hidup saya bila ini tercapai!

Saya selalu men- set tujuan yang membuat saya ANTUSIAS dan bisa diterima saya bahwa mungkin dicapai! Buatlah beberapa tujuan kecil dan tujuan besar yang AKAN Anda raih tahun ini!

2. PLANS – Apa Yang Saya Lakukan Untuk Mencapainya

Nggak cukup cuma pengen. Mewujudkannya jauh lebih penting! Dan mewujudkannya membutuhkan rencana.

Jawab daftar pertanyaan ini:

Saya mau ngapain aja untuk tercapai? Apa langkah actionnya? Siapa aja yang harus saya libatkan? Gimana timeline dan jadwal rencana tindakan saya? Artinya apa yang harus saya persiapkan dari sekarang? Bagaimana pembagian langkah tiap bulannya? Bagaimana saya akan memastikan progressnya?

3. PERSIST – Apa Yang Saya Lakukan Untuk Terus Menjaga Progressnya

Seringkali banyak orang yang nyangkut di nomer 2, bikin rencana, tapi nggak benar- benar action. Atau action, tapi cuma sesaat, setelah menghadapi semua terpaan badai atau waktu, dia lupa menjaga konsistensinya.

Pasang daftar dan tulisan 5P ini di depan meja kerja, di tembok, dan dimana Anda sering lihat, agar Anda selalu bisa ingat dan terus action untuk mencapainya!

4. PROGRESSIVE -Apa Yang Saya Lakukan Untuk Menyesuaikan Perubahannya

Dalam proses perjalanan seringkali akan ada kejadian dan perubahan arah, atau hasil yang nggak sesuai dengan kemauan kita. Lebih ngeri lagi kalau ternyata progressnya nggak sesuai dengan rencana kita. Apa yang perlu dilakukan kalau ini terjadi?

Baca Juga  Cara Menemukan Passion Tanpa Harus Resign

Siapkan rencana A, rencana B, rencana C, dan sambil menjalankannya, jadilah orang yang mudah beradaptasi dan buat rencana D bila dibutuhkan! Pokoknya maju teruuus!

5. PARTY – Apa Dan Kapan Saya Akan Merayakannya

Cara paling jelas dan paling KUAT untuk bersyukur bukan mengucapkannya, tapi menunjukannya!

Tetapkanlah milestones pencapaian dari pencapaian kecil hingga besar, yang bila Anda mencapai titik ini, Anda akan MERAYAKANNYA! Dengan merayakannya, Anda akan merasakan sensasi keberhasilan yang positif untuk diri Anda, dan MENIKMATI hasilnya. Membuat Anda lebih termotivasi.

Apa milestone Anda dan gimana Anda merayakannya? Jadwalkan dari sekarang. Termasuk juga jadwalkan juga hari rekreasi Anda yang ingin Anda lakukan tahun ini, misal, mau jalan- jalan ke luar negeri misalnya. Kapan? Tetapkan!

So, itulah 5P saya sebagai pengganti resolusi tahun baru.

Mau serius ada progress sambil ENJOY tahun ini? Pasang 5P ini di tembok Anda sekarang!

Supaya nggak lupa, ini saya kasih gambar si sexy Miranda Kerr yang lagi bilang “5P!”

Miranda Kerr 5P

Kalau Anda wanita, ini saya kasih gambar si ganteng Brad Pitt yang lagi ngingetin “5P!”

Brad Pitt 5P

Selamat Tahun Baru! Pastikanlah Tahun 2014 ini BERMAKNA dan BERWARNA!


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun