Kenapa Ketawa Itu Wajib Hukumnya

0

Dari lahir mulut saya sudah lebar. Benar- benar mulut yang didesain Tuhan untuk cengengesan, ngomong, dan ketawa. Satu- satunya yang mengalahkan lebarnya cengiran saya mungkin cuma dua, yaitu Kuasa Tuhan, dan Jidat saya.

Saya selalu suka tertawa, dari kecil misalnya, settingan default saya untuk bereaksi dan berinteraksi adalah ketawa.

“Hai saya Ria”, seorang teman SD menyapa lembut saat, pertama kali kenalan sama saya.

“Hahahaa, saya Dedy, hahahaaaaa!”

Dan diapun kabur.

Buat saya, tawa adalah salah satu obat paling mujarab dalam hidup. Obat untuk apa? Untuk apapun! Lagi bete, tertawalah, maka bete akan punah. Lagi nggak enak badan? Tertawalah, Insyaallah akan lebih cepat kembali sehat. Lagi lelah? Tonton Stand Up Comedy dan Passion Show saya, tertawalah, maka hormon badan akan kembali bekerja untuk menyegarkan Anda!

Dimanapun Anda berada, tawa itu wajib di semua tempat, tertawalah dimanapun….. oh, kecuali mungkin di pemakaman.

Dan yang luar biasanya lagi, sesuai dengan konsep “Lakukan Dengan Hati”, ketika kita rutin tertawa dalam hari-hari kita, kita ternyata akan meningkatkan PRODUKTIVITAS kita! Ketika kita menjadikan tawa sebagai positive habit, kita akan lebih produktif dan mampu berkarya dan maju lebih baik lagi!

Inilah 5 alasan kenapa TERTAWA dalam rutinitas kita itu WAJIB hukumnya!

1. Tawa akan membuat Anda RINGAN!

Faktor nomor satu yang seringkali membuat orang- orang ter- demotivasi dan kehilangan gairah pada aktivitasnya adalah ketika dia memandang pekerjaan atau aktivitasnya itu sebagai beban. Beban yang kalau bisa, mau dia lempar ke jidat bos, dimasukan di kotak, dan ditenggelamkan di laut sekalian sama si bos tadi.

Ketika tertawa, otak kita akan teralih dari pikiran tentang beban, dan ketika kita berhenti memandang hal itu sebagai beban, kita akan merasa lebih ringan dan beraktivitas dengan lebih ‘ringan’.

Baca Juga  Ini Cara Gue - Figure Customizer bersama Harry Martawijaya

Carilah hal lucu di kantor, hal jenaka dalam pekerjaan Anda. Pasti ada! Sekalian melatih Anda membiasakan diri mencari sisi positif dari apapun!

2. Tawa akan MEN- CHARGE kembali fisik dan mental kita!

Fisik dan mental saling terkait. Anda tidak bisa merasa senang tanpa mendadak tersenyum atau tertawa, dan Anda juga tidak bisa tersenyum dan tertawa tanpa merasa lebih baik. Jadi ketika Anda tersenyum atau tertawa, Anda akan merasa lebih baik! Dan dengan begini, seperti HP, Anda akan merasakan sensasi recharge yang luar biasa dengan cara sederhana.

Inilah gunanya memasang wallpaper yang kocak, lucu atau foto keluarga yang bisa membuat kita tersenyum.

3. Tawa memberi energi POSITIF di ruang kerja atau tempat aktivitas Anda!

Sudah terbukti, ketika sebuah tim bekerja sama dalam suasana menyenangkan dan penuh canda, keakraban akan tercipta. Orang- orang yang tertawa bersama, akan membina hubungan dekat satu sama lain. Dan ini membuat mereka akan lebih IKHLAS ketika harus saling membantu dan menyelesaikan tujuan atau target. Ingat prinsipnya, orang yang teratwa bersama akan tumbuh besar bersama- sama!

Buat apa bolak balik training Teamwork di luar, kalau saat di kantor mereka tidak dibiasakan membina hubungan dan bonding satu sama lainnya? Mendingan lemparin aja tuh budget teamwork training ke laut sama si bos di dalam kotak tadi kalau tidak ada follow up keakraban di kantor dalam bentuk tawa.

4. Tawa membuat Anda lebih KREATIF!

Bisa tertawa dalam proses bekerja atau beraktifitas akan membuat Anda terbebas dari rasa takut salah dan takut mencoba, karena subconscious Anda akan mengatakan, “Ternyata ga buruk- buruk amaaaat”. Dan ketika Anda tidak lagi takut salah dan tidak takut mencoba, Anda akan lebih bisa berpikir out of the box, dan mencoba inovasi serta hal- hal baru.

Baca Juga  Inspirasi Dalam Panel Komik (1 dari 2 )

Menertawakan proses dalam porsi secukupnya akan membuat Anda lebih kreatif! Hiasi suasana meeting dan brainstorming dengan tawa!

5.  Tawa membuat Anda BEKERJA DENGAN HATI!

Ini adalah efek langsung yang PASTI! Kalau Anda sudah membaca buku “Lakukan Dengan Hati”, berarti Anda sudah tahu manfaat dahsyatnya bekerja dengan hati. Dan tertawa, adalah pintu gerbang tol yang GRATIS menuju ke sana! Ketika Anda tertawa, Anda akan menikmati apapun yang Anda lakukan. Seluruh proses berpikir Anda akan merasa nyaman dan senang, yang kemudian kesenangan ini akan dikaitkan oleh alam bawah sadar dengan pekerjaan atau aktivitas Anda.

Artinya, saat Anda bisa tertawa sambil bekerja, Anda meningkatkan kemungkinan Anda untuk bisa “Loving What You Do” dan mencintai pekerjaan/ aktivitas Anda!

Inilah kenapa saya selalu menggunakan metoda Fun Learning dalam semua event dan training saya, dan kenapa saya menggabungkan Stand Up Comedy dalam Training saya!

Jadi hanya dengan membangun kebiasaan tertawa dan tersenyum dalam aktivitas Anda, Anda sudah meningkatkan produktivitas kerja Anda sebanyak BERKALI- KALI lipat! Dan GRATIS pula! Dan menyenangkan pula!

Jadi cepat tolong si bos yang tadi dimasukin di kotak dan di tenggelamin di laut, lalu ajak dia tertawa bersama!


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun