Kenapa Andapun HARUS Jadi YouTuber!

0

YouTube sekarang memang sudah naik pangkat. Dia bukan lagi cuma jadi pengisi waktu luang saat TV berada di luar jangkauan, tapi sudah jadi gaya hidup!

Bahkan dia mulai jadi pengganti TV yang lebih mudah, bisa diakses dimanapun, dan bahkan lebih seru!

Mengakses YouTube bisa dimana- mana. Dari bus sampe di warung, dari toilet sampe rumah mertua. Kebayang kalau kamu maksain mau nonton TV di bus, dan bawa flat TV di rumah beneran, terus sibuk cari colokan di bus sama kabel antena dari keneknya. Ribet!

Makanya nggak heran kalau anak- anak sekarang mulai bercita- cita jadi YouTuber. Orang tua dibikin kebat kebit karena bocahnya yang diharapkan bakal jadi dokter spesialis – lumayan, nggak usah bayar biaya pengobatan kalau sakit – sekarang malah mau jadi “YouTubel”. Gimana kalau ortunya sakit? Masak malah dimasukin YouTube? Emang kalo videnya dapet sejuta ‘like’ bisa sembuh?

Tapi memang zaman sudah berubah. Banyak yang memperkirakan, dalam 5- 10 tahun ke depan, YouTube dan media online streaming lainnya akan jauhh lebih dominan dalam penyampaian informasi dan perputaran angka ekonomi daripada media konvensional!

Dan karena itu, dan beberapa alasan di bawah inilah, Andapun, siapapun Anda, HARUS belajar dan punya channel YouTube Anda sendiri!

YouTube Bukan Cuma Buat ‘ABEGEH’ dan Anak Muda

Anak muda dan remaja kini asik dengan Vlog- nya, dan Vlog, yang sedang sangat trending sekarang, dilakukan oleh semua. Dan kerennya, Anda nggak butuh banyak hal untuk mulai bikin vlog, Anda cuma butuh kamera. Kamera HP pun jadi.

Dan karena itu, Andapun mustinya nggak kalah dengan anak muda- anak muda yang asik dengan vlog nya tadi. Jangan lagi ngumpet di balik alasan:

“Dia aja deh, yang lebih suka tampil depan kamera. Saya mah nggak biasa.”
“Udah umur segini nggak cocok bikin-bikin video youtube, kayak ‘abege’…”

Lho, belum dicoba sudah bilang nggak bisa. Kayak saya dulu yang belum nyobain jengkol bilang nggak suka. (Taunya sekarang jadi doyannya nggak ketulungan).

Jadi YouTuber BUKAN hanya milik anak-anak remaja baru gede yang lagi seneng-senengnya bikin vlog curhat, “Tadi yaaa, gueh yahh, makan nasi getooohh”. Nggak ada batasan umur untuk bikin video YouTube!

Dengan mencoba menyampaikan apa yang ada di kepala dan hati Anda, YouTube bisa dan akan membantu Anda mengembangkan Passion Anda secara nyata, dan dalam bentuk baru, dan membangunnya lebih jauh lagi!

Keuntungan Memiliki Channel YouTube dan Jadi YouTuber

Masih ragu? Berikut beberapa alasan kenapa Andapun, siapapun Anda, nggak boleh takut untuk mencoba jadi YouTuber!

  1. Wadah Berekspresi dan Pamer Skill ke Seluruh Dunia
Baca Juga  Ciri- Ciri Profesi Yang Anda Banget

YouTube mengembalikan kekuasaan berekspresi di tangan semua orang, siapapun, dan bukan cuma perusahaan- perusahaan media raksasa saja. Karenanya, buat seorang YouTuber, upload video seperti apapun bisa dianggap karya, dan sah-sah saja bagaimana pun caranya menyampaikannya.

Passion dan bakat Anda yang selama ini terpendam, tertahan, dan nggak tahu kemana menyalurkanya, kini bisa disalurkan lewat YouTube! Bahkan Anda bisa menyalurkannya bukan cuma ke Indonesia, tapi ke seluruh DUNIA.

  • Passion jalan-jalan, bisa upload video-video tempat-tempat seru yang pernah Anda kunjungi.
  • Food lovers, bisa share tentang makanan-makanan paling unik yang pernah Anda coba.
  • Suka gardening? Bikin video tutorial dan tips tentang membuat dan merawat taman di rumah.
  • Jago stand up comedy? Bikin channel komedi dan pamerkan skill Anda
  • Mau curhat doang? Silahkaaaaaaan
  1. Bagi Ilmu dengan Cara yang Menyenangkan

Kalau Anda mencari turorial, pilihan paling mudah kan pasti buka YouTube.

Ini yang jadi kebiasaan orang-orang di era digital. Mending nonton YouTube daripada baca buku petunjuk manual. Berjuta-juta orang di seluruh dunia melakukan hal yang sama.

Sekarang, giliran Anda yang bagi-bagi ilmu sama sebanyak mungkin penonton!

Kalau Anda suka berbagi ilmu dan mengajar, inilah salah satu sarana online untuk Anda!

Saat menemukan sesuatu hal yang baru, menemukan tips dan trik dari hal yang selama ini belum terpecahkan, atau membuat suatu hal kalau nggak dishare ke orang lain,  seringkali nggak tahan utnuk bahas, cerita, ngomongin, atau pengen nyobain langsung! Nah, Anda bisa memulai dengan membuat tutorial, info, resep, atau trend paling baru ke YouTube.

Waktu mulai, jangan mikirin duit. Pikirin isi dan konten, dan sebarkan ilmu Anda dengan cara yang enak, agar videonya banyak yang suka. Percaya deh, apapun yang mau Anda share dan ajarkan, pasti ada yang mencari, menyukai, dan membutuhkannya!

  1. Lebih Murah Untuk Mempromosikan Usaha Anda

Punya brand, bisnis, dan produk?

YouTube adalah salah satu media promosi paling oke buat saat ini! Anda nggak perlu buang uang dan bayar mahal-mahal buat pasang slot iklan di TV. Atau mondar mandir nyetrika aspal jalan naek gojek untuk mempromosikan jualan Anda.

Think creative! Dengan biaya yang nggak mahal, tapi dampaknya bisa luar biasa. Kalaupun bukan Anda yang jual, bisa minta endorse ke  sesama YouTube yang lebih punya banyak followers dan viewers. Lebih asik sih bikin video promosi sendiri, atau berkolaborasi!

Meskipun ada 100 jam video yang di-upload setiap menitnya, viewers YouTube per menit juga hampir 2,8 juta viewers. Nggak usah takut bersaing dengan video lainnya. Orang-orang menonton youtube 2 kali lebih banyak dibanding mereka nonton ke bioskop, 2 kali lebih sering dibanding nonton acara olahraga, dan 4 kali lebih banyak dibanding nonton konser! Dan dalam YouTube, mindsetnya adalah kolaborasi, bukan kompetisi!

Baca Juga  Cahaya Penyelamat

Promosikan usaha Anda di channel YouTube Anda!

 Tips:

  • Jangan jadi youtuber yang spaming ke channel orang lain. Boleh aja sih comment atau ngasih review. Tapi, jangan jadi youtuber nyebelin yang selalu nongol dengan komen-komen nggak penting atau malah jualan produk sendiri yang nggak relevan sama videonya.
  • Koneksikan channel Anda dengan komunitas. Saling berbagi tips, kesan, komentar, bisa meningkatkan relasi channel Anda sebagai youtubers.
  • Buat channel gabungan/kolaborasi juga bisa menguntungkan.Share video yang Anda buat di beragam media sosial agar bisa lebih viral.

 

  1. Membuka Potensi Income Baru dengan YouTube

Ini yang paling penting. Bayangin, Anda bisa bangun siang, cuma merekam sesuatu pake kamera handphone di salah satu sudut ruangan, nggak perlu macet-macetan di jalanan, tapi bisa dapet duit!

Jadi YouTuber, sekarang jadi profesi yang cukup menjanjikan. Modalnya nggak banyak. Paling ngemodal akses internet aja. Cukup nyalakan kamera dan shoot beberapa menit, edit sedikit, lalu upload. Dan tunggu reaksi dari viewers Anda. Semakin banyak yang nonton, semakin banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda sudah mengaktikan sistem monetize youtube Anda.

Kalau belum, lihat di video saya ini, tentang gimana caranya para YouTuber bisa dapet uang dari konten dalam channel YouTube mereka!

  1. Mengembangkan Passion Anda dan Membangun Follower

Untuk membangun channel YouTube yang sukses, disarankan Anda membangunnya dari apa yang Anda suka dan memberi makna untuk Anda.

Channel Anda sebaiknya dimulai dari PASSION Anda!

Akhirnya, dengan membuat channel tentang Passion Anda, Anda jadi terpaksa meluangkan waktu untuk menggali, mempelajari, mengikuti perkembangan, dan terus mencoba dan mempraktekkan Passion Anda, yang selama ini mungkin terbengkalai dengan alasan “nggak ada waktu” atau “nggak sempat”, ataupun “nggak tahu caranya!”

 

Ini akan membuat Anda mengembangkan Passion Anda dengan rutin. Dan lebih keren lagi, membangun follower dan fans Anda dalam bidang Passion yang memang Anda suka sejak dini!

Tips:

Kuncinya adalah konsistensi. Usahakan mengupload video dengan konsisten, dan walaupun pada awalnya itu terasa berat, Anda harus tetap tidak berhenti berkarya. Ini juga akan melatih mental Anda untuk terus maju dan berkomitmen pada Passion Anda.

 

Ini baru beberapa alasan kenapa Anda, dan siapapun, siapapun dan apapun latar belakang Anda, perlu mencoba membangun channel YouTube Anda dan jadi YouTuber!

Jadi, kenapa perlu jadi YouTuber?
Kata Anda, kenapa? Apa keuntungan yang Anda kejar dan akan Anda dapatkan dengan jadi YouTuber?

Saya yakin, Anda sendiri yang paling tahu jawabannya!


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun