Jangan Mau Ambil Resiko!

2

Saat Anda melihat lukisan di atas, Anda mungkin nggak bakal bisa menebak siapa pelukisnya. Anda mungkin nggak akan menyangka bahwa lukisan di atas adalah karya salah satu orang yang paling ditakuti sekaligus dimusuhi di dunia. Orang yang perintahnya telah mengakibatkan kematian ribuan, dan puluhan ribu manusia. Orang yang bisa dibilang menyebabkan perang dunia dua.

Lukisan di atas adalah karya orang yang dulu memunculkan rasa teror dan benci di hati siapapun yang mendengarnya. Saat Anda melihat gambar gedung tua dengan halaman kosong ini, Anda mungkin tidak akan pernah menduga, bahwa pelukisnya adalah Adolf Hitler.

Yup! Hitler yang itu, yang dikenal karena kumis sikat gigi, gaya oratornya yang selalu meledak- ledak, muka yang kayaknya selalu cemberut, dan kebenciannya pada kaum Yahudi, ternyata di masa mudanya adalah seorang PELUKIS!

Bahkan, dia punya PASSION yang sangat besar dalam MELUKIS.

Saking sukanya dia dengan melukis, konon dalam sebuah wawancara dia pernah mengatakan, “Saya adalah seorang seniman, bukan politisi …”

Demi meneruskan dan hidup dalam PASSION nya, dia bahkan dua kali mencoba  mendaftar untuk diterima di “Academy of Fine Arts Vienna”, namun dua kali itu pula dia ditolak. Dia terus mencoba menafkahi dirinya dan hidup sebagai pelukis, namun setelah dua penolakan itu, berbagai kritik keras dari kalangan seni, bahkan dari orang umum yang melihat lukisannya dan menyebut dirinya “Tidak Berbakat”, serta berbagai hinaan lainnya, dia mulai kehilangan rasa percaya dirinya dan semangatnya.

Akhirnya, dia putus asa, dan berhenti melukis. Dia pun memasuki dunia politik, dan menjadi Hitler yang kita kenal.

Kadang saya berpikir, apakah sejarah akan berubah kalau dia memutuskan untuk terus hidup dalam passionnya, terus mengembangkan skill melukisnya, dan terus memeluk erat passionnya dalam melukis?

Baca Juga  Chris Gardner: "Plan B Sucks!"

Di sisi lain, ada Albert Einstein.

Apa anda tahu, bahwa Albert Einstein si jenius ini ternyata punya passion sangat besar dalam musik, khususnya biola?

Yup, Einstein adalah penikmat musik, dan pemain biola yang cukup handal. Bahkan menurut beberapa cerita, dia juga kerap memainkan piano, dan cukup baik dalam memainkannya.

Sama seperti Hitler, passion musik Einstein sudah ada sejak kecil, hingga tumbuh dewasa. Tapi berbeda dari Hitler, Einstein TIDAK PERNAH melepas Passionnya! Dia terus bermain biola, piano, hingga masa tuanya, bahkan hingga akhir hayatnya.

Bermain biola dan piano mungkin bukan jadi karir profesional Einstein, tapi dia terus hidup di dalam passionya, dan memakai passionnya bukan hanya untuk hiburan dan menikmati hari- harinya, tapi juga untuk membantu pekerjaannya dalam sains. Elsa, istri keduanya mengatakan bahwa saat sedang bekerja dengan teori fisika terbarunya, Einstein suka berhenti sejenak, bermain musik di piano selama beberapa saat, menulis sesuatu, lalu kembali ke pekerjaan teorinya, dan bisa berkonsentrasi lebih baik.

Anda tidak akan pernah tahu bagaimana hidup dalam passion akan membuat diri Anda menjadi individu yang lebih baik, atau bagaimana dengan meninggalkan passion, Anda akan menjadi orang yang lebih buruk.

Jadi, jangan ambil resiko. Hiduplah dalam PASSION!

Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

  • Wiwik Erly

    Yez…thats way you should fine your passion soon, teman !!! agains many thanks Coacg dedy

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun