Inspirasi Dalam Panel Komik (1 dari 2 )

0

Kalau kita MEREMEHKANNYA, kita nggak akan bisa menggarap POTENSINYA. Inilah hukum alam semesta.

Selama kita masih meremehkan dan memandang rendah sesuatu, kita akan sulit mengembangkan potensi hal yang kita rendahkan itu. Mungkin inilah sebabnya kenapa beberapa jenis industri di Indonesia masih saja nyangkut dan nggak bisa berkembang hingga sekarang.

Katakan saja, salah satunya, Komik.

Zaman canggih dimana hantu aja udah make gadget begini, masih banyak aja orang yang menganggap bahwa komik adalah bacaan buruk yang nggak mendidik, jahat, dan memandang kalau komik nggak ada POTENSI untuk dikembangkan dan dijadikan karir.

Saya sendiri selama ini selalu memandang komik sebagai sebuah media. Media yang sangat amat kuat. Dan sebagaimana media lainnya, dia bukan sesosok mahluk jahat. Buktinya, saya nggak pernah ngeliat komik ngambil pisau di dapur terus bikin rencana jahat buat menikam kita pas tidur sambil cekikikan. Dan dia juga bukan sesosok mahluk yang baik, seumur- umur Bumi tercipta saya nggak pernah ngelihat buku komik mendadak hidup terus mijetin punggung majikannya yang lagi pegal.. “Nyahh, pegel ya nyahh? Ane pijetin yaa nyahhhh…”

Komik adalah media yang nggak mampu jadi buruk atau jadi baik! Muatan dalam media adalah muatan yang diberikan oleh orang- orang di balik media itu. So tergantung pada siapa yang membuat isinya, media itu (termasuk komik juga) bisa berdampak buruk atau baik.

Inspirasi Dalam Panel Komik

Ini berlaku di semua media, dari TV, tabloid, majalah, radio, sampai buku dan Novel!

Apa iya komik itu buruk?

Masa kecil saya, saya lewati dengan komik di tangan dan di bawah bantal. Saya tumbuh bersama komik, dan belajar bersama komik. Saya tahu KEKUATAN komik dalam menyampaikan wawasan, ilmu, dan pesan moral.

  • Son Goku dari Dragon Ball mengajari saya bahwa “Orang yang tidak diunggulkan pun BISA jadi yang terbaik bila dia pantang menyerah”.
  • Spider- Man dari Marvel Comics menunjukkan bahwa “Pahlawan adalah orang biasa, yang walau dalam kesulitan dan kekurangan, tetap menjunjung tinggi tanggung jawab dan keadilan”.
  • Tintin karya Herge memberi saya pengetahuan tentang lokasi-lokasi geografis dan wawasan tentang budaya dan kehidupan di seluruh dunia, Eropa, hingga Afrika, tempat yang bahkan hingga kini belum pernah saya kunjungi secara langsung.
Baca Juga  5 Kelemahan Anda, 5 Kelebihan Anda!

Komik ternyata punya kekuatan memberi Wawasan, Pelajaran moral, dan Inspirasi, yang dalam hal saya, masih saya pegang dan kadang- kadang menjadi panduan moral saya hingga sekarang.

Dalam hidup, seringkali kita mendapatkan pelajaran dari berbagai sumber yang nggak kita sangka- sangka.

Dari orang asing.

Dari pelayan di restoran.

Dari supir Taxi yang kita tumpangi.

Dari TV.

Dari Radio.

Dan dari Komik.

Tuhan nggak memilih- milih media yang dipakainya untuk menyampaikan pesan pada kita. Dia akan memberi pelajaran lewat manapun, dan siapapun!

Jadi, bukalah diri kita terhadap sumber inspirasi dari manapun, dan dari siapapun, agar perkembangan diri kita tidak terhenti! Buka diri anak Anda pada potensi yang sama! Hanya saja, jadilah orang dewasa yang bertanggung jawab dalam MEMILIH media manapun dan apapun, yang Anda sodorkan ke hidung Anak Anda.

Lalu bagaimana dengan POTENSI- nya? Katakanlah potensi finansial dan karirnya?

Well, nggak usah jauh- jauh. Passion saya pada aspek Storytelling, Kreatif, dan Sharing Inspirasi dari komik telah membawa saya menjadi diri saya yang sekarang ini, seorang penulis buku yang menikmati hidup dan berbagi inspirasi.

Passion Jepang pada Mecha Manga (Komik Jepang tentang robotik) sudah memengaruhi perkembangan Jepang menjadi negara robotik nomor satu, passion Amerika pada Super Hero telah membuatnya jadi ‘exportir’ merchandise super hero dunia, dan Passion korea pada Mang Hwa (Komik Korea), membuat industri hiburannya tumbuh pesat dan jadi sumber devisa seperti sekarang!

Dan bukan hanya dalam hal komik, tapi dalam segala hal! Selama kita terus meremehkan suatu bidang, kita nggak akan bisa ngembangin potensi yang dimiliki bidang itu!

So jangan salahkan medianya, seleksilah isinya!

Baca Juga  Ciri- Ciri Profesi Yang Anda Banget

Jangan remehkan bidangnya, GALI potensinya!


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun