Cara Sukses Memulai Bisnis Online Anda Sendiri

0

Pertama kali saya mulai belajar berbisnis, era bisnis masih didominasi oleh bisnis konvensional. Dan sebagai seseorang yang – kalau dalam bahasa teman saya, “kagak ada tampang pengusaha lo brahh” – memulai bisnis sebagai mahasiswa, dengan latar belakang non- pengusaha, punya buanyak tantangan.

Memang sih, tantangan dan kesulitan- kesulitan dalam memulai bisnis apapun masih tetap ada sampai sekarang, dan berbagai resiko bisnis masih sama seramnya dengan saat itu, tapiiiii, ada potensi bisnis besar yang dulu tidak ada, dan sekarang bisa jadi pilihan untuk Anda, bila Anda ingin memulai bisnis dengan modal kecil, dan memulai usaha tanpa modal atau resiko besar.

Bisnis dengan resiko lebih kecil, yang bisa dilakukan siapapun. Bisnis online!

Tapi bagaimana cara berbisnis online?
Bagaimana memulai bisnis online tanpa modal?
Bagaimana cara memulai bisnis online yang menguntungkan dengan resiko kecil?

Di artikel ini, saya akan memberitahu SETIAP yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis online TANPA REPOT, dan cara memulai bisnis online terbaru Anda sendiri, saat ini juga! Belajar bisnis online dalam 9 langkah PRAKTEK LANGSUNG!

Cara Memulai Bisnis Online Dengan Modal Kecil Untuk Siapapun

Ikutilah step by step cara membangun bisnis online ini, dan Anda pun bisa MEMULAI BISNIS ONLINE ANDA besok tanpa terus banyak bingung sana bingung sini!

LANGKAH 1 – Menentukan Bidang Bisnis Online Anda

Bisnis online terpercaya dengan potensi besar nggak jatuh begitu saja ke pangkuan Anda kayak kejatuhan duren. Yang by the way, siapapun yang bikin pepatah itu belum tahu sakitnya kepala bocor gara- gara kejatuhan duren runtuh.Hmmmm.

Anyway, untuk bisa membangun bisnis online, pertama Anda perlu tahu dulu bidang bisnis online Anda, dan menemukan ide bisnis online yang mau Anda garap.

Ada tiga sumber yang bisa Anda gali sebagai sumber ide bisnis online mudah untuk Anda:

1. Dari Passion

Sepotensial apapun sebuah bisnis online, Anda bakal perlu waktu banyak untuk ngembangin bisnis itu, dan ini artinya Anda harus punya niat segede Gaban, dan determinasi sukses segede ancaman calon mertua sangar. Memulai bisnis online sesuai Passion akan membantu Anda meraih sukses bisnis online.

Apa passion Anda? Apa bidang yang Anda suka? Apa fokus usaha online Anda?

2. Dari Kebutuhan

Kebutuhan yang harus dipenuhi. Masalah yang harus dihadapi. Curhatan yang berulang- ulang. Tantangan yang bikin kita kesal dan urat kepala muncul mentereng. Semua itu bisa jadi sumber ide bisnis online yang membantu Anda menemukan bidang potensial!

Apa ada tetangga Anda yang ngeluh karena sulitnya cari sarung di internet? Apa ibu Anda suka curhat soal rumitnya sistem beli baju plus size online? Apa Anda pernah mikir butuh bantuan orang untuk memperbaiki genteng bocor?

Coba cari ide untuk memenuhi kebutuhan- kebutuhan itu, dan tanyakan, apa ini BISA jadi peluang bisnis online Anda?

3. Dari Aset Yang Ada

Nggak semua bisnis online terbaru Anda harus dari faktor internal. Coba intip- intip sekeliling Anda, dan lihat asset yang Ada punya saat ini. Artinya, apa yang Anda punya, yang ada di tangan Anda, yang bisa Anda jadikan bisnis online?

Apa Anda punya jaringan ke orang penting? Apa Anda punya kenalan ke pengrajin- pengrajin keripik dan makanan ringan? Apa kecengan Anda jago mendesain baju muslim? Apa Anda punya dan kenal banyak orang yang butuh desain- desain logo?

Baca Juga  A New Beginning

Manfaatkan ini untuk menjadi ide bisnis online Anda!

Tips:

Semua bidang bisnis bisa berpotensi. Resep anti galau dalam berbisnis adalah sejak awal, Anda harus memastikan bidang yang MAU Anda kembangkan lebih jauh!

LANGKAH 2 – Menentukan Produk dan Jasa Yang Anda Tawarkan

Setelah menentukan pilihan bidang, tentukan produk dan jasa yang Anda tawarkan dalam bidang bisnis online Anda itu. Misalnya, Anda memilih bidang makanan. Apanya dari bidang bisnis online makanan yang mau Anda jadikan produk? Apakah Anda menyediakan jasa “Kurir pengantar makanan kilat”? atau “Online shop Serba makanan instan”? atau “Aplikasi Pemesanan catering Kostan”?

Misalnya bidang Anda adalah busana dan fashion. Apa produk atau jasa yang Anda tawarkan? Apakah jahit custom? Atau toko online busana gaul? Pemesanan baju jas khusus pejabat? Anda bisa menggunakan google untuk menemukan kebutuhan ini!

Mencari keyword Bisnis Online dengan Google

Banyak kemungkinannya! Tentukan produk dan jasa Anda!

Tips:

Di internet, orang MENCARI produk dan jasa dengan KEYWORD YANG FOKUS!

“Jahit baju eksklusif murah” bisa jadi lebih baik daripada sekedar “Jahit baju”, dan “Jahit baju eksklusif murah di Bandung” bahkan lebih bagus lagi. Apalagi, jadi lebih sedikit persaingannya.

Jadi semakin jelas produk dan jasa bisnis online yang Anda tawarkan untuk menjawab keyword search, semakin BAIK!

LANGKAH 3 – Buat Website dan Platform Bisnis Anda

Bisnis konvensional dan bisnis online, semuanya HARUS punya website dan platform pendukung. Tapi khusus bisnis online, website dan platform adalah JIWA dari bisnis online. Ini adalah langkah berikutnya yang harus Anda lakukan segera. Dan Anda bisa memulainya tanpa harus nyewa web developer mahaal!

Tips saya dibawah akan membantu Anda mulai MEMBANGUN website sendiri, walaupun Anda mungkin GAPTEK dan sama sekali nggak ada pengalaman membuat website sebelumnya!

1. Temukan Domain Ideal

Domain adalah alamat website Anda, sekaligus nama bisnis online terbaru Anda. Jadi pastikan nama domain Anda cocok dengan bidang bisnis online Anda, dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, dan mudah diingat atau ditemukan orang.

Ada dua kemungkinan membuat nama domain Anda. Anda bisa mengambil nama yang mudah ditemukan mesin pencari seperti “BajuMuslimahModern.com” atau yang unik seperti “BamBimBum.com”.

Cek ketersediaan domain Anda di website seperti Whois.com , dan beli domain yang cocok di situs- situs seperti Rumahweb.com.

2. Temukan Hosting untuk Website Anda

Kalau domain adalah alamat, hosting adalah “tanah” atau “property” tempat Anda akan membangun website (rumah) Anda. Setelah dapat domain, Anda harus mencari jasa hosting untuk data dan tempat membangun web Anda. Selain rumahweb.com, banyak tempat lainnya yang bisa Anda pakai sebagai jasa hosting. Misalnya, dengan cek daftar Top Webhosting ini.

Saya sendiri memakai private server VPS di exclusive hosting Semesta.

3. Buat Websitenya

Nah sekarang saatnya Anda membangun website dan platformnya. Tergantung dari jumlah modal yang siap Anda keluarkan, dan jenis bisnis online yang mau Anda bangun, Anda punya dua pilihan.

Pilihan pertama, kalau Anda punya modal guede, dan mau membuat website yang rumit dan kompleks, atau ecommerce dan online shop yang canggih, maka Anda perlu menyewa developer untuk membuatkan website Anda, atau membeli template exclusive seperti ecommerce Galaxia Superstore, dan banyak lagi.

Baca Juga  Mengambil Seribu Rupiah Dari Sejuta Orang

Pilihan kedua, kalau Anda puya modal terbatas, mau memperkecil resiko awal bisnis online Anda, dan mau mencoba dulu tanpa modal besar, maka saya sarankan menggunakan template wordpress! WordPress digunakan hingga hampir 80% web di internet, dan templatenya tersedia untuk berbagai hal, dari blog, vlog, streaming channel, sampai ecommerce atau online shop!

Anda bisa mendapatkan dan mengaktifkan ecommerce dengan plugin populer seperti Woocommerce, dengan gratis!

Cari template yang cocok untuk Anda, dengan harga murah (sekitar US$ 40- US$ 70 saja) di pasar theme seperti Themeforest.

Bikin Website dengan Themeforest

Tips:

Bangun website yang cocok dengan tujuan bisnis online Anda. Gunakan website yang dioptimalisasi untuk ecommerce untuk online shop, web dengan desain ala gallery untuk bisnis online berdasarkan pemesanan, gunakan blog gaya majalah untuk situs penyedia konten, dan sebagainya. Mulailah dari bereksperimen langsung!

LANGKAH 4 – Bangun Traffic dan Brand Followers

Setelah website Anda selesai, pembeli dan klien nggak akan langsung mendadak membanjiri web Anda begitu saja. Anda harus mulai membangun traffic dan pengikut brand Anda dulu! Traffic adalah jumlah pengunjung yang datang ke bisnis online Anda, dan brand follower adalah pengikut setia brand Anda.

Bagaimana membuat mereka datang ke website Anda dan membeli produk dan jasa Anda?

1. Social Media dan Brand Channels

Dalam bisnis online, brand channel adalah jalur dimana Anda bisa berhubungan dengan pasar. Website, Twitter, Facebook, Instagram, dan social media lainnya adalah brand channel Anda. Gunakan dan aktifkan semua brand channel dan social media ini untuk menarik calon pembeli untuk convert dan membeli produk Anda!

Isi dan penuhi brand channel Anda dengan konten rutin dan gunakan untuk berinteraksi dengan pasar dan calon pembeli Anda serutin dan seaktif mungkin.

Tapi triknya, jangan cuma jualan aja! Gunakan channel Anda untuk…

2. Jadilah brand yang Bercerita dengan Konten

Gunakan brand channel Anda untuk bercerita, mendidik, mengajarkan, berbagi, dan MENGHIBUR pasar dan calon pembeli Anda dengan KONTEN yang bermanfaat, dibutuhkan, dan menghibur!

Nggak semua pembeli dan calon pembeli Anda mau datang dan langsung beli. Bisnis baju online, kini banyak persaingannya. Dan semua toko online sibuk hanya memanfaatkan channel mereka untuk HARD SELLING alias jualan! Semuanya sama di mata pembeli. Dan yang menang pada akhirnya adalah yang bermodal besar untuk ngiklan. Dan yang cuma ngiklan atau jualan di brand channelnya nggak membangun hubungan bonding dengan calon pembeli.

Jadi bagaimana cara Anda menarik dan berhubungan baik dengan calon pembeli? Dengan menyediakan KONTEN yang bermanfaat dan menghibur!

Misalnya, kalau Anda berjualan baju, buatlah artikel seperti “Cara merawat baju agar tidak mudah luntur”, atau “Cara memadu- padankan baju untuk acara Formal”, dan sebagainya.

Tips:

Mengembangkan konten bermanfaat dan menghibur seringkali butuh waktu, dan strategi. Perusahaan Content Marketing seperti Mitologi Media bisa membantu UKM untuk melakukan ini dengan modal layak dan proses yang sangat mudah.

Simak video explainer di bawah untuk memahami apa itu Content Marketing, dan apa yang bisa dilakukan Mitologi Media untuk bisnis online Anda.

Baca halaman selanjutnya untuk 5 langkah memulai bisnis online berikutnya!

NEXT PAGE : 5 LANGKAH MENDAPATKAN LEBIH BANYAK PEMBELI >


1 2
Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun