Cara Memulai Usaha Sampingan Sebagai “Kreator Konten”

0

Nyari usaha sampingan di era sekarang nggak harus sampe jadi ninja Hatori, sampe mendaki gunung lewati lembah, atau berenang di sungai yang mengalir indah ke samudera. Ada satu usaha yang berpotensi jadi usaha sampingan, yang muncul beberapa tahun belakangan ini, yang bisa diakses oleh semua orang, nggak jauh- jauh dari kita, tapi belum disadari oleh banyak orang umum.

Yaitu potensi “Konten Kreator” sebagai usaha sampingan, dan menghasilkan uang sebagai kreator konten!

Artikel ini akan mengajarkan pada Anda, bagaimana Anda bisa jadi seorang konten kreator, dan CARA MENGHASILKAN uang tambahan sebagai kreator konten!

Kalau Anda termasuk salah satu orang yang baru dengar istilah “Kreator Konten (Content Creator)“, nggak usah langsung buka halaman browser, bakar menyan digital dan manggil si mbah Google dulu, izinkan saya menjelaskannya untuk Anda.

Setiap kali Anda buka hape, buka laptop, dan browsing- browsing internet saat nungguin istri belanja, atau sambil nungguin suami ngelapin motornya sampe mengkilat, atau sambil nungguin anak maen perosotan, itu Anda lagi melihat ‘konten’ karya para ‘kreator konten’.

Konten adalah media penyampaian pesan, apapun yang memuat informasi atau hiburan, dan membawa muatan kisah.

Artikel adalah konten. Infografik adalah konten. Komik Instagram adalah konten. Meme yang Anda share tiap hari, adalah konten. Slide yang Anda download, adalah konten. Webseries favorit Anda di YouTube, adalah konten. Tutorial yang Anda baca dan Anda catat, adalah konten. Sampai post hoax yang di- share sama teman Anda di grup WA – yang supaya dia ngak disalahin dia buru- buru bilang “cuma copas dari grup sebelah” – juga konten.

Kebayang?

Artinya, sekarang, hampir tiap menit dan tiap harinya, Anda berhubungan dan mengkonsumsi KONTEN karya seorang atau satu tim KREATOR KONTEN!

Oke, sekarang setelah Anda tahu apa itu konten, lalu bagaimana Anda jadi seorang kreator konten?

Kunci Menjadi Seorang Kreator Konten

Untuk jadi kreator konten, Anda perlu memperhatikan dan mengembangkan beberapa hal.

1. Pilih Topik Konten yang MENARIK buat Anda

Anda bisa jadi penulis artikel, vlogger, bikin webseries, bikin slide, bikin infografik, bahkan komik sekalipun. Tapi apa isinya? Tentang apa? Apa yang jadi topik utama Anda? Apa spesialisasi Anda sebagai kreator konten?

Konten kreator perlu memiliki spesialisasi topik, bukan hanya untuk memudahkan mendapatkan pasar dan income, tapi juga untuk membuatnya lebih menonjol di topiknya. Tapi apa topik dan jenis konten ideal Anda? Solusinya mudah. Pilihlan konten, dan topik, yang SESUAI dengan Passion dan menarik untuk Anda!

2. MINAT Lebih Penting dari Bakat

Nggak perlu banyak mengkhawatirkan soal ‘bakat’. “Nggak berbakat” adalah alasan yang paling sering dipakai oleh orang yang nggak mau capek berusaha dan nggak mau terus mencoba, atau mudah menyerah dalam mencoba mengembangkan skillnya.

Saya nggak berbakat nulis, sampai saya memaksa diri belajar, dan sekarang jadi penulis.
Saya nggak berbakat ngomong, sampai saya maksa manggung, dan sekarang jadi Coach.
Saya nggak berbakat bisnis, sampai saya maksa belajar bisnis, dan sekarang jadi pengusaha.

Jadi mau tapi nggak bisa? CUEKIN! Terus kembangkan konten yang menarik minat Anda, dan kembangkan skill Anda sambil jalan!

Baca Juga  6 Pola Pikir Buat Anda Yang Lagi Cari Kerja

3. Bangun Brand CHANNEL

Brand Channel adalah jalur atau channel media yang Anda pakai untuk menyampaikan dan menyajikan konten- konten Anda. Website, social media account, channel YouTube, dan sebagainya adalah brand channel.

Bangun brand channel Anda, dengan karakter yang sama, pesan yang sama, dan dengan fungsi konten yang saling mendukung satu sama lain. Sebisa mungkin, pakai nama yang sama di seluruh brand channel Anda.

4. Utamakan KREATIVITAS, bukan Harga

Kebanyakan kesalahan yang bikin calon kreator konten nyangkut di alam “kalau saja” dan dimensi “pengennya siihhh”, adalah harga. Mereka mau bikin vlog, dan menghitung biaya per episode yang dibutuhkan untuk produksi satu episode.

Rental kamera ideal x3, lighting mahal, audio equipment, kameramen, director of photography, penulis naskah, produser, tukang megang mic, tukang pel, bocah tetangga buat megang kucing, sewa kucing buat lari kiri kanan, sewa Dian Sastro buat bantu nyemangatin Anda latihan, daaaan sebagainya. Biaya jadi membengkak, dan Anda nggak jadi berkarya. Takut miskin duluan.

Jangan mikirin hal ideal dan harga yang kemahalan! Mulai bikin konten dari apa yang ada! Pada faktanya, konten di internet dinilai dari kreativitasnya, jadi untuk mulai jadi kreator konten, Anda cuma butuh laptop dan kamera HP yang bagus!

5. Mulai berkarya secara RUTIN

Apapun konten yang Anda buat, baik mau memusatkan diri di salah satu tipe konten (sebagai penulis artikel saja, atau komikus digital saja, dst) atau membuat berbagai jenis konten dalam satu topik (artikel tentang berkebun, tutorial animasi berkebun, infografik berkebun, komik berkebun, dst), yang penting adalah Anda perlu meluangkan waktu rutin untuk terus berkarya.

Intinya? Untuk jadi kreator konten, Anda tinggal ambil laptop, ambil kamera HP, buat blog dan channel Anda, dan post karya- karya Anda secara rutin!

Oke, so ternyata jadi kreator konten nggak rumit, dan memiliki manfaat besar untuk Anda, diantaranya adalah membantu Anda tetap KREATIF, dan melampiaskan PASSION Anda di waktu luang sehari- hari Anda.

Tapi bagaimana mengubah aktivitas Anda sebagai kreator konten itu jadi sumber income?
Bagaimana membuat aktivitas Anda sebagai kreator konten jadi Usaha Sampingan Potensial?

Uang dari Usaha Sampingan Kreator Konten

Cara Menghasilkan Uang Sebagai Kreator Konten

Jadi kreator konten sebagai usaha sampingan? Ini sudah saatnya!

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan dan JALAN POTENSI INCOME untuk mulai menghasilkan uang sebagai kreator konten kreatif, dan memperlakukan konten sebagai sumber uang tambahan dan usaha sampingan Anda!

1. Sajikan Konten Bermanfaat = Online dan Offline Workshop

Di internet, orang mencari dua hal. Informasi, atau hiburan. Kalau konten Anda bisa memberikan salah satu, atau kedua hal ini, maka konten Anda akan bisa membangun dan mendapatkan follower setia, yang perlahan akan menjadi aset Anda dalam membangun usaha sampingan sebagai kreator konten.

Konten yang bermanfaat bisa jadi tutorial, tips, menyediakan solusi, yang pada saat yang sama bisa menghibur target konten Anda.

Potensi Income Sampingan:

Melalui tutorial dan wawasan yang Anda sediakan, Anda bisa menarik sponsor- sponsor perusahaan dan brand yang Anda gunakan dalam tutorial atau konten Anda sebagai sponsor. Dan Anda juga bisa melakukan show- show, seminar, atau workshop tentang tutorial dan tips yang populer di konten online Anda.

2. Bangun Brand Follower = Spot Iklan dan Native Advertising

Baca Juga  Ubah Dalam, Ubah Luar, Ubah Dalam

Jumlah follower dan pengikut channel konten Anda adalah aset terbesar Anda. Contoh seperti Dagelan di Instagram, MalesBanget.com, atau Cameo Studio di YouTube, kreator konten yang punya banyak follower (dan subscriber), atau viewer, diincar oleh brand dan perusahaan besar sebagai sarana ‘ngiklan’ produk yang menarik! Artinya, makin banyak brand follower dan pengikut konten Anda, makin besar potensi income Anda.

Sebarkan logo dan URL situs dan brand channel Anda di SETIAP konten Anda!

Potensi Income Sampingan:

Jual spot iklan di brand channel Anda untuk brand dan perusahaan yang punya target pasar yang sama dengan pembaca yang mengkonsumsi konten- konten Anda. Anda juga bisa menawarkan native advertising, memasukkan elemen pengiklan dalam konten di brand channel Anda untuk angka yang lumayan!

3. Brand Pribadi dan Kualitas Karya = Jasa Pembuatan Konten Original

Ketika konten- konten karya Anda mencapai kualitas yang tinggi, nama Anda sebagai kreator pun harus dipupuk lebih baik lagi. Dan ketika nama Anda sebagai brand pribadi sudah dipercaya sebagai kreator konten- konten berkualitas, Anda bisa menawarkan jasa Anda sebagai kreator konten original untuk brand dan perusahaan- perusahaan yang membutuhkan jasa Anda. Semacam ‘one man army’ content production. Kenapa nggak?

Potensi Income Sampingan:

Tawarkan jasa Anda untuk membuatkan dan memproduksi konten kreatif untuk klien, brand, dan perusahaan, untuk ditempatkan di brand channel mereka, atau sebagai produk media mereka. Anda dibayar untuk setiap konten yang Anda buat atas nama brand klien Anda.

4. Aktifkan Monetization Konten = Online Monetizing System

Internet punya berbagai sistem monetization dan cara menghasilkan uang otomatis. Dari iklan, sampai konten aggregator. Salah satu sistem yang paling populer dan terbesar (dan termudah), adalah Google Adsense. Tapi ini bukan satu- satunya. Dengan mengaktifkan sistem monetization ini, Anda siap mengubah viewer konten Anda jadi duit!

Potensi Income Sampingan:

Yang harus Anda lakukan hanya memasukkan kode pengiklan atau platform penyedia iklan, (misalnya Google Adsense) di dalam website Anda, dan Andapun siap menghasilkan uang dari setiap viewer website Anda. Sekarang bayangkan bila Anda punya beberapa konten dalam berbagai bahasa. Lumayan!

5. Kerjasama dengan Perusahaan Content Marketing = Kreator Konten dan Talent

Perusahaan Content Marketing seperti Mitologi Media memiliki jalur dan klien- klien brand yang sering membutuhkan konten- konten kreatif rutin setiap minggunya. Dan bekerjasama dengan mereka bisa membantu Anda mengakses dan mendapatkan proyek- proyek konten lepasan yang akan menghasilkan uang, yang belum tentu Anda dapatkan saat bekerja seorang diri.

Potensi Income Sampingan:

Proyek- proyek pembuatan konten kreatif lepasan yang terintegrasi dengan brand dan berbagai perusahaan besar, tanpa harus repot menangani seluruh proyeknya seorang diri.

Jadi itulah cara mendapatkan pemasukan tambahan, dari usaha sampingan sebagai kreator konten, yang bisa dilakukan oleh siapapun!

Jadi jangan buang waktu, jadilah seorang KREATOR KONTEN sekarang juga, dan raih potensi income tidak terbatas, sesuai PASSION Anda!

Apa Anda sudah jadi kreator konten? Apa rencana Anda selanjutnya?


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun