Cara Jitu Merencanakan Karir di Awal Tahun

0

Selamat tahun baru 2016 untuk Anda!

Di awal tahun, semua orang mulai bikin resolusi, dari resolusi ngurusin badan, sampe ngegendutin badan; dari resolusi bakal kawin, sampai bakal kawin lagi; pokoknya macem- macem deh.

Satu resolusi yang paling sering diucapkan, walau nggak lama kemudian juga sering dilupakan, adalah “resolusi karir” dan naik jabatan.

Dimanapun kerjaan dan karir Anda, baik di kantor sebagai karyawan tetap, sebagai karyawan kontrak, freelancer, atau bahkan sebagai pengusaha, grafiknya harus selalu naik. Mau naik gaji, atau naik benefit, atau posisi, atau naik dalam Passion, pokoknya yang penting, harus ada ‘naiknya’. Kalo perlu, naikin tuh meja bos, paling nggak ada ‘naiknya’ lah. (Asal please pleaseeeee, jangan ‘naikin bos’, kecuali emang halal).

Jadi supaya memastikan karir kita meningkat baik di tahun ini, resolusi jangan cuma asal resolusi doang kayak ‘tobat sambel’ (terus menyerah setelah seminggu), tapi BIKIN RENCANA dan strategi untuk meningkatkan karir secara jitu di tahun 2016 ini!

Inlah cara JITU dari saya, untuk membuat rencana yang bakal mewujudkan resolusi peningkatan karir sesuai Passion Anda menjadi kenyataan di 2016, hanya dengan modal KALENDER!

Siapkan kalender 2016 dan spidol Anda!

Satu, Tentukan Karir Apa yang Mau Anda Kembangkan di Tahun Ini.

Pertama, KARIR apa atau di mana yang mau Anda kembangkan tahun ini?

Anda bisa memilih untuk mengembangkan karir di kantor Anda sekarang, atau di pekerjaan baru yang ingin Anda coba di tahun ini, atau di bisnis yang mau Anda mulai, atau sekedar pekerjaan sampingan yang selalu mencolek Anda dari zaman dulu, tapi belum Anda colek balik beberapa tahun belakangan ini.

Karir kantoran? Usaha Sampingan? Bisnis Rumahan? Semua bisa jadi fokus untuk Anda kembangkan sebagai karir ideal Anda!

Putuskan sekarang fokus utama karir Anda di tahun 2016 ini.
Karir di kantor Anda sekarang? Atau mau mencoba membangun karir di bidang baru?

Untuk Anda yang ingin mencoba bidang baru, melanjutkan artikel saya tentang prediksi trend 2016, Anda bisa mencoba untuk merencanakan dan mencoba karir di bidang- bidang seperti:

  1. Platform untuk bisnis ‘pekerjaan sampingan’, atau workplace market, dan sejenisnya.
  2. Jadikan passion sebagai usaha sampingan, tapi dengan rencana jenjang yang lebih jelas.
  3. Mau coba bikin start up baru? Ini saat yang ideal!
  4. Bisnis toko online bisa berpeluang, tapi juga sudah mulai oversupply. Daripada bikin bisnis toko online baru lain, mendingan bangun karir yang menyediakan jasa BUAT toko- toko online yang sudah ada!
  5. Karir sebagai content creator, blogger, youtuber, komikus, instavideo, bakal potensial di tahun ini.

Tips: Coba putuskan prioritas Anda saat ini. Anda punya waktu satu tahun untuk meningkatkan diri di karir Anda menjadi lebih baik lagi. Apa yang ingin Anda kembangkan? Dalam karir apa Anda ingin menginvestasikan waktu dan tenaga Anda tahun ini?

Bicarakan dengan pasangan Anda, lalu tuliskan pilihan karir itu sebagai judul di kalender Anda.

Dua, Tetapkan Goal Karir Utama Setahun di Bidang itu.

Setelah jelas di karir apa Anda ingin mengalami peningkatan, berikutnya adalah menetapkan dengan jelas tujuan dan goal karir Anda dalam setahun ini.

Baca Juga  Sharing Memonetize YouTube dan Blog di Bandung

Banyak yang resolusinya cuma “naik pangkat”, atau “naik gaji”. Tapi malu- malu kelinci untuk mendefinisikan dengan jelas target karirnya sesungguhnya.

Target jenjang karir sama seperti target jalan- jalan. Nggak cukup ngejawab pertanyaan “mau ke mana?” cuma dengan jawaban “Ke sono noh!” Kalau tujuan dan targetnya nggak jelas, maka mencapainya juga bakal repot! Bayangin Anda masuk mobil tapi nggak tahu mau kemana. Mendadak udah tahun 2017 lagi dan Anda masih muter- muter di posisi yang sama.

Jadi tetapkan target karir Anda di tahun ini.

Misal, mau naik pangkat jadi manajer di kantor Anda?
Mau naik gaji sebesar 150% di tahun ini?
Mau naik level di bisnis network marketing Anda?
Mau nambah klien di usaha sampingan Anda sebesar 30 klien baru?
Mau bisa full di bisnis start up Anda di akhir tahun 2016 ini?

Tips: Tuliskan SATU (ya, HANYA satu) goal karir terbesar Anda dalam kalender Anda, di tanggal 31 Desember 2016. Kebanyakan goal malah biasanya bikin galau.

Tiga, Pecahkan Goal Setahun itu Secara Quarterly atau Tiga Bulanan.

Lalu saya yakin, namanya juga goal besar, sekarang goal itu jadi kelihatan KEGEDEAN buat Anda.

Catatan Penting: Kalau belum kelihatan kegedean, berarti goal Anda masih KEKECILAN! Perbesar terus sampai rasanya goal Anda KEGEDEAN.

Jadi sekarang saatnya Anda meniru apa yang dilakukan pengusaha dan perusahaan- perusahaan dengan goal tahunannya. Pecahkan goal itu secara quarterly atau tiga bulanan, dan tetapkan goal kecil, atau target, yang harus diraih dalam empat tahap untuk menuju goal tahunan itu, sehingga target kegedean tadi jadi MASUK AKAL!

Misalnya, Anda akan memulai usaha baru di Januari 2016 ini, dan goal di akhir Desember nanti adalah usaha rumahan baru Anda mendapatkan 30 klien.

Breakdown nya mungkin bisa seperti ini:

Target Quarter 1 (Januari – Maret) :
Bergabung dengan 10 komunitas untuk promosi.

Target Quarter 2 (April – Juni) :
Mendapatkan dan menangani 5 klien.

Target Quarter 3 (Juli – September) :
Mendapatkan dan menangani 10 klien.

Target Quarter 4 (Oktober – Desember) :
Mendapatkan dan menangani 15 klien.

Atau bagaimanapun wujud target yang cocok untuk Anda.

Tips: Cari target quarterly yang mengarah dan menuju pencapaian goal besar tahunan Anda. Cukup masuk akal untuk membuat Anda semangat, tapi agak sedikit diatas kemampuan sehingga Anda deg- degan, dan nggak nyantai- nyantai.

Bicarakan target dengan tim Anda (atau pasangan Anda), dan tuliskan di kalender Anda di akhir Maret, akhir Juni, akhir September, dan akhir Desember.

Empat, Tetapkan langkah dan action plan bulanan untuk mencapainya.

Buat Action Plan Untuk Rencana Karir

Rencana tanpa action sama juga bohong dan bikin prestasi Anda bolong.

Anda harus bikin daftar langkah nyata yang harus Anda lakukan untuk bisa mencapai target bulanan itu. Lagi- lagi, breakdown rencana aksi Anda jadi langkah nyata dalam periode yang lebih kecil, yaitu action plan bulanan. Dalam fase bulanan, tanyakan pertanyaan seperti, “Apa yang harus saya lakukan untuk bisa mencapai target bulan ini menuju target tiga bulanan?”

Baca Juga  Obrolan Warteg

Jadinya Anda sekarang punya action plan nyata per bulan yang bisa Anda lakukan!

Tips: Menemukan action plan bulanan harus dilengkapi dengan to do list. Buatlah action plan Anda setiap bulannya dalam bentuk to do list, point by point langkah yang HARUS Anda lakukan dalam setiap bulannya. Misal, bergabung 10 komunitas, to do list- nya: Kontak si Anu. Janjian sama si itu. Bikin deal sama si bos. Bagi sample karya di acara ano, dan sebagainya.

Tulis to do list ini di kalender Anda, di tanggal atau bulan yang sesuai.

Lima, Tingkatkan Skill dan Ilmu Baru di Tahun ini.

Nggak ada peningkatan karir tanpa peningkatan ilmu dan wawasan pribadi. Setelah plan Anda jelas semua, Anda bakal menyadari bahwa Anda harus meningkatkan pengetahuan, skill, dan wawasan Anda. Target yang perlu Anda capai di tiga bulan pertama, dan seterusnya, belum tentu bisa dicapai tanpa suatu senjata yang baru di tangan Anda.

Jadi, sekarang buatlah rencana untuk meningkatkan ilmu dan wawasan, dan mempelajari sesuatu hal yang baru! Berpatokanlah ada arah target karir Anda, dan pada passion Anda!

Atau Anda bisa bertanya pada bos Anda secara langsung, (serius bukan bercanda), “Pak, apa yang harus saya kembangkan dan pelajari agar saya memenuhi kualifikasi untuk naik pangkat?”

Selain itu, nggak ada salahnya mempelajari ilmu yang menurut saya akan sangat membantu Anda di tahun 2016, seperti:

  1. Internet, online media, blog, dan content creation.
  2. Digital, aplikasi, dan programming.
  3. Sales dan new era marketing.
  4. Communication, verbal dan non verbal.

Tips: Pelajari sesuatu yang BARU! Dan bila memungkinkan, tuliskan tanggal kapan Anda akan melakukan ini (kursus, kursus online, training, dan lainnya) di kalender Anda!

Enam, Tetap Maju, Walau Tujuan Belum Tercapai.

Kadang, atau bahkan seringkali, waktu tujuan kita nggak tercapai, kita berkecil hati dan panik, dan akhirnya ngangkat bahu dengan muka memelas dan milih pasrah sama sekali. JANGAN!

Bahkan saat ada to do list yang nggak tercapai, ada target 3 bulanan yang nggak tercapai, atau target karir 2 quarter nggak tercapai, teruslah BERUSAHA dan teruslah mengejar goal Anda. Mungkin Anda perlu menyesuaikan atau melakukan perubahan di target atau to do list Anda, ya ubah aja! Yang penting jangan ditinggalkan.

Tips: Hubungi orang terdekat Anda, dan minta mereka mengingatkan dan menjadi penjaga komitmen Anda. Dan untuk menjaga dan selalu mengingatkan Anda setiap harinya, pasang kalender yang dari tadi sudah Anda isi dan berisi rencana lengkap Anda di DEPAN ANDA, di tempat di mana Anda pasti lihat setiap harinya.

Ingat, karir Anda, perkembangan karir Anda, dan semua kesuksesan Anda bukan masalah orang lain atau masalah tahun baru atau bukan tahun baru. Tapi ada di tangan Anda sendiri.

Dengan cara ini, saya akan buktikan gimana kalender bisa bikin karir Anda melesat!

So, sudah siap bikin rencana untuk mewujudkan peningkatan karir ideal Anda di tahun 2016?


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller “Passion!”, “Lakukan Dengan Hati”, dan “Ini Cara Gue”. Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun