Cara Cari Kerja ala Sun Tzu

0

Katanya, yang namanya laki- laki itu penuh akal bulus. Penuh strategi. Apalagi kalau udah berhubungan dengan usaha PDKT. Pura- pura ketinggalan dompetlah supaya bisa balik ke rumah ceweknya, pura- pura minta diajarin matematikalah supaya bisa nempel- nempel sok nanya, atau pura- pura nguap supaya bisa ngangkat tangannya tinggi- tinggi, terus sambil nurunin tangan, tu tangan ‘diam- diam’ nyasar ngelingkarin bahu ceweknya.

Kalau itu benar, berarti Sun Tzu itu contoh ‘laki- laki sejati banget’! Strateginya buanyak!

Sun Tzu adalah ahli strategi terhebat dari Cina, yang saking hebat strateginya, sampai sekarang pun teori- teori dan kebijaksanaannya dalam strategi yang ditulis dalam buku “Art of War”, masih sangat valid dan terpakai dimana- mana.

Malah waktu perang Vietnam, Amerika Serikat yang memiliki senjata canggih mengalami kekalahan telak, karena dikabarkan Vietnam memakai seluruh strategi Sun Tzu dalam operasionalnya!

Banyak kebijakan dan strategi Sun Tzu yang BISA diaplikasikan dalam dunia kerja, karir, dan bisnis. Salah satunya adalah kebijakan Sun Tzu yang berbunyi:

“Pilihlah peperanganmu dengan bijak. Jangan memasuki peperangan yang TIDAK BISA dimenangkan!”

Nah, kalau usaha mendapatkan uang dalam hidup kita anggap sebuah ‘medan perang’, maka pemikiran itu bisa diartikan seperti ini.

“Pilih peperanganmu dengan bijak.”

Banyak ‘medan perang’ di dunia kerja. Banyak lowongan, karir, atau bisnis, yang bisa Anda pilih untuk Anda. Semuanya ada uangnya, dan semuanya punya potensi untuk bikin sukses dan kaya, atau bikin nyangkut dan bangkrut. Sun Tzu menekankan bahwa Anda harus MEMILIH medan perang Anda dengan bijak.

Artinya? Jangan asal- asalan memasuki suatu pekerjaan semata karena dia ada di depan Anda. Jangan sembarangan memasuki sebuah bidang sekedar karena ada uangnya. Itu sih bukan langkah memilih, dan jelas tidak bijak.

Baca Juga  Usaha Sampingan Dari Passion

“Jangan memilih peperangan yang TIDAK BISA dimenangkan!”

Terus gimana kita memilih ‘medan perang’ kita? Kata Sun Tzu, pilihlah yang BISA dimenangkan.

Artinya, JANGAN memilih bidang yang Anda sendiri merasa kalau Anda TIDAK BISA SUKSES di dalamnya! Sebuah profesi, baik itu pekerjaan kantor, karir, atau bisnis yang mengandung bahaya seperti ini, biasanya memiliki beberapa ciri, antara lain:

  • Kita nggak ngerti apa- apa di bidang itu.
  • Kita nggak tertarik untuk mempelajari bidang itu lebih jauh.
  • Kita nggak punya daya tahan untuk bekerja dan berkembang lama di bidang itu.
  • Kita mudah bosan dalam melaksanakannya.
  • Kita tidak MENYUKAI bidang itu.

Menurut Sun Tzu, memaksakan diri untuk memilih ‘medan perang’ seperti ini, hanya akan membuat Anda GAGAL, dan KALAH!

Pilih yang Anda SUKAI, Anda KUASAI, Anda MINATI, dan membangkitkan ANTUSIASME Anda, maka Anda akan tiba pada kemenangan!

… Hmmm, saya jadi ngebayangin, strategi kayak gimana ya, yang biasa dipakai Sun Tzu buat PDKT? ;)

Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller “Passion!”, “Lakukan Dengan Hati”, dan “Ini Cara Gue”. Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun