Berani Mencoba Hal Baru!

0

Mungkin ada hubungannya dengan tipe saya yang menganggap hidup itu petualangan, atau mungkin juga nggak.

Mungkin saya doang yang seperti ini, atau mungkin Anda juga seperti saya begini.

Tapi saya adalah tipe yang suka mencoba hal baru. Saya adalah tipe orang yang mudah mengalami ‘pantat ba’al’ dan nggak bisa diam dalam aktivitas sehari- hari. Duduk lama dikit, langsung gelisah, pantat ‘ba’al’ (atau kesemutan), dan harus berdiri untuk jalan- jalan. Kalau sudah gini biasanya istri saya dan orang- orang terdekat saya udah tahu, dan langsung bakal bilang, mau ke mana atau ngapain kita?

Bayangan terus melakukan hal yang sama terlalu lama bikin saya gatel- gatel. “Saya alergi boring”, alesan saya. Bukannya saya nggak suka rutinitas, karena saya tahu, sukses membutuhkan konsistensi dan konsistensi membutuhkan rutinitas, tapi saya juga membutuhkan hal baru untuk membuat hidup terus lebih berwarna.

Banyak hal yang bisa dilakukan dan dialami dalam hidup, dan pertanyaannya, “Seberapa banyak dari hal yang ingin Anda alami, masih BELUM Anda lakukan?”

Karena itu, saya selalu merasa kita harus BERANI mencoba hal BARU!

Nggak berarti Anda harus loncat sana sini dari profesi satu ke profesi lain, tapi ini berarti Anda harus berani mencoba berbagai hal berbeda, dalam waktu sehari- hari Anda! Bagaimana Anda kemudian menyikapi hal baru itu sih urusan Anda dan hati Anda.

Motto saya dalam hal ini sederhana, “If it sounds good, DO IT! If you never try it, and you want to, TRY IT!”

Ada beberapa manfaat dalam berani MENCOBA hal baru.

1. Menumbuhkan Antusiasme Berkarya.

Waktu Anda merencanakan ingin mencoba hal baru, Anda akan antusias, dan antusiasme ini biasanya terbawa ke berbagai aspek dalam kegiatan rutin Anda. Hari- hari akan terasa lebih berwarna, dan hati akan lebih positif. Antusiasme bakal memberi Anda motivasi lebih maut daripada motivator tenar manapun!

Baca Juga  Bukan 'Nggak' Bisa, 'BELUM' Bisa!

Variasi hal baru kecil dalam kegiatan rutin sudah cukup untuk memberantas kebosanan. Bahkan hal baru, sekecil apapun, dari memilih jalan berbeda, memilih menu berbeda, dan memilih lokasi mengetik yang berbeda akan menjadi hiburan yang menghilangkan kebosanan.

2. Menjadi Hiburan dan Pengalihan Positif.

Bahkan cinta butuh liburan. Apalagi benci, weeeiii, buutuh banget tuh. Ketika kita terus- terusan melakukan suatu aktivitas, kuliah, atau kerja yang sama hari demi hari, rasa bosan bin jenuh bakal tumbuh makin lama makin besar, sampai akhirnya tiba saatnya Anda bakal nelepon bos dan pura- pura sakit. “Halooo boss? Uhuk uhuuuk… sakiit nih, jalanan macet.” “Loh, sakit apa jalanan macet?”

Mencoba hal baru (khususnya sesuatu yang selalu ingin Anda coba), bakal jadi pengalihan positif.

Saya sendiri ketika jadwal training lagi penuh- penuhnya biasanya akan membuka laptop dan wacom saya, lalu menggambar ilustrasi tanpa tujuan jelas. Bahkan saat inipun saya lagi mencoba dua hal baru sekaligus diantara jadwal penuh saya. Acting, dan menulis buku novel komedi. Nah loh!

3. Membangun Keberanian dan Otot Nyali.

Keberanian itu kadang seperti otot. Dia harus dilatih dengan terus dipakai. Dengan mencoba hal baru, Anda melatih otot keberanian ini untuk sesekali keluar dari ‘zona nyaman yang membatasi’, dan mencoba apa yang Anda takutkan sebelumnya. Ini membantu Anda lebih berani bila tiba saatnya Anda membutuhkan keberanian itu untuk membangun profesi yang ANDA BANGET.

4. Jadi sumber Ilmu dan Wawasan Baru.

Ketika Anda mau belajar dan mempelajari sesuatu, cara paling bagus adalah dengan mencobanya secara langsung. Luangkan waktu secukupnya untuk hal- hal baru, dan Anda sendiri akan terkejut menemukan banyaknya ilmu dan wawasan baru yang akan Anda pelajari, dan akan bermanfaat untuk kegiatan sehari- hari Anda!

Baca Juga  Dari Mana Duitnya? - Travel Blogger

5. Menemukan Passion lewat Action.

Sampai sekarang, masih banyak saja orang yang sibuk berusaha mendefinisikan Passion dan memberi label pada Passion. Hidup itu bukan definisi, hidup itu adalah pengalaman. Passion itu bukan label, Passion itu dorongan hati. Kalau Anda mau menemukan Passion, jangan dengan duduk diam, mikir, dan sibuk berteori, tapi dengan mencoba! Nah dengan mencoba hal baru yang membuat Anda tertarik, tapi belum pernah Anda coba sebelumnya, Anda mungkin dapat menemukan Passion Anda!

Untuk mencoba hal baru, Anda cuma perlu satu hal. Kemauan dan Keberanian mencoba! Lho, itu dua hal dong? Oh iya deh, dua hal.

Dan ketika Anda mencoba hal baru, entah berapa banyak manfaat yang dapat Anda dapatkan dalam prosesnya!

Hidup itu luas, dan terbuka dengan segala kemungkinannya. Dan satu- satunya cara kita dapat memaksimalkan pengalaman kita mencoba kemungkinan- kemungkinannya adalah dengan BERANI mencoba hal baru!

Mulai dari hal kecil, dari waktu yang ada. Siapa tahu dalam mencoba hal baru, Anda bakal kembali menemukan apa yang membuat hidup Anda BERMAKNA dan menemukan profesi yang ANDA BANGET!

Pertanyaannya, “Apa hal baru yang mau Anda COBA bulan ini?”


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun