Bangun Profesinya, Putar Duitnya

0

Saatnya mengubah hobi jadi profesi! Mengembangkan Passion jadi sumber duit! Saatnya menebus diri dari profesi yang ‘nggak gue banget’, dan mulai ngejalanin profesi yang – saking asiknya – bahkan nggak kerasa kayak kerjaan!

Tapi eh tapi, gimana kalau profesi yang saya inginkan BELUM menghasilkan duit?

Nah kalau begitu kondisinya, JANGAN BERHENTI dan jangan putus asa! Temukan dan kenali sumber- sumber duit yang ada, dan manfaatkan! Kadang- kadang, ini artinya, Anda harus bisa berpikir memutar, dan berpikir kreatif untuk memutar- mutarkan uang dari satu sumber dan aktivitas ke sumber dan aktivitas lainnya.

Anda harus berpikir luas dan panjang! Anda harus jadi Passionpreneur!

Gimana caranya?

Pertama, KUNCINYA dulu:

Sumber duit dari suatu profesi sebenarnya NGGAK harus, dan NGGAK selalu berasal secara langsung dari aktivitas dan kerjaan itu.

Kadang- kadang, sumber uangnya bisa berasal dari arah yang berbeda. Bukan dari pekerjaan yang sama, tapi dari profesi yang bersinggungan dengan profesi itu. Jadi saat profesi impian Anda belum menghasilkan, temukan sumber lain yang MENGHASILKAN, gunakan, dan arahkan untuk membiayai profesi yang Anda inginkan, atau memutarnya lebih dulu ke hal lain.

Bayangkan hubungan profesi dan uangnya itu ibarat jaring laba- laba yang saling terkait satu sama lain!

Contoh:

Katakanlah profesi impian Anda adalah jadi membuat aplikasi game Wayang. Tapi di awal- awal langkah Anda, tentunya belum ada yang bakal mendownload dan membeli game- game Wayang Anda. Nggak ada incomenya! Jadi bagaimana?

Cari sumber duit lainnya yang ada, yang bisa Anda akses, dan yang bisa Anda manfaatkan. Misalnya saja, gaji kantor dari bos Anda adalah salah satu sumber duit juga lho! Sisihkan sebagian dari gaji untuk modal awal merekrut satu- dua tim untuk memproduksi aplikasi Anda.

Baca Juga  Indikator Senyum Yang Gue Banget

Berikutnya, perhatikan INDUSTRI di sekeliling profesi idaman Anda!

Nah sambil nunggu, dan karena game Wayang Anda belum ada yang beli, mumpung Anda toh sudah ada tim produksi, masak dibiarin nganggur? Manfaatkan waktu dan tenaga mereka dengan menjual jasa pembuatan aplikasi untuk perusahaan- perusahaan, atau mungkin aplikasi pendidikan sederhana untuk sekolah, dengan bayaran per proyek. Ini adalah aktivitas tambahan, yang mungkin bukan profesi idaman Anda, tapi bisa dimanfaatkan untuk MEMUTAR roda dan jadi sumber ngebulnya dapur usaha Anda. Bukan gambaran profesi ideal? Gapapa, telen dulu ego untuk semantara waktu.

Pakai duitnya buaaaaaaat, DIPUTER lagi!

Pasang iklan Facebook, pakai buat produksi kampanye, pakai buat sewa Buzzer untuk ngegenjot game Anda, pakai buat dana ngejamu tokoh- tokoh masyarakat atau Selebritwitter untuk mau ngedukung game Anda. Pakai buat berakrab- akrab dengan media.

Lhoooo, tapi kan langkah itu nggak ngehasilin duit? Nggak papa, ini namanya MUTERIN, untuk dampak bagus nantinya. Makin banyak yang tahu tentang game Wayang Anda, semakin besar kemungkinan datangnya pembeli.

Berikutnya, lihat lagi POTENSI yang ada di dalam setiap langkah Anda.

Tanyakan pertanyaanp pertanyaan favorit saya.

“Ini bisa diapain ya?”

“Gimana supaya ini bisa ngehasilin ya?”

“Gue pengen bikin ini tapi nggak pengen keluar duit, gimana caranya ya?”

Misalnya nih, Setelah Anda mulai menggenjot pengunjung website dan massa lewat Facebook, buzzer, dan media, Anda butuh website buat jadi sumber informasi dan word of mouth mereka. Tanyakan, “Gimana supaya ini bisa jadi duit?”

Ada website, berarti ada space iklan yang bisa Anda manfaatkan dong! Kenapa nggak mulai cari pengiklan? Sumber uang juga tuh! Mungkin bos Anda mau pasang iklan? Mungkin selebritwitter teman Anda mau dukung? Belum ada pengiklan? Kenapa nggak coba pasang Google Adsense?

Berikutnya, cari celah lagi untuk MEMUTAR aktivitas Anda.

Baca Juga  Passion Akan Menemukan Anda!

Mau promo video yang menunjukkan gameplay game wayang Anda? Harus bikin YouTube Channel dong! “Hmmmm, siapa yang mau masang iklan di video saya yaaaa?” “Hmm, siapa yang mau gue bikinin video YouTube ya?”

Mau pameran di acara- acara start up dan pameran Toys and Game Fair, tanyakan, “Hmmmm, siapa yang mau sponsorin yaaa?” “Apa bisa gue bikin game lewat iklan di Facebook Page untuk dihubungkan dengan pameran yaaaa?”

Daaaan seterusnya, daaan seterusnya!

Zaman sekarang, semuanya ternyata berhubungan dan bisa DIHUBUNGKAN! Putar- putar semuanya, sekreatif mungkin!

Putar duit dari sumber yang satu untuk membiayai aktivitas yang belum menghasilkan, dan putar sumber daya dari aktivitas yang satu untuk menghasilkan duit di aktivitas yang lain, lalu gunakan hasil aktivitas itu sebagai duit untuk promosi, yang akan mempromosikan aktivitas yang belum menghasilkan.

Daaaan seterusnya, daaan seterusnya!

Yah saya yakin Anda sudah mulai bisa membayangkan kan?

Passionpreneurs adalah orang- orang yang kreatif. Profesi idaman masih belum menghasilkan? Carilah sumber yang BISA menghasilkan, dan PUTAR- PUTAR duit, aktivitas, promo, dari satu aspek ke aspek lainnya!

Jadi apa kunci sukses profesi Anda? PUTAR- PUTAR!


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun