Bagaimana Menghasilkan Uang Dari Passion

1

Bayangkan betapa indahnya hidup Anda kalau Anda bisa terus menikmati hobi dari hari ke hari, dan menjalankan apa yang jadi Passion Anda. Jadi diri sendiri, tanpa harus terganggu dan teralih dari hal yang Anda cintai itu oleh beban kewajiban bekerja. Kerjaan yang bahkan nggak kita sukai, karena terpaksa, cuma demi uang dan bayarannya.

Nah, sekarang bayangkan kalau Anda bukan saja bisa terus hidup melakukan hal- hal yang Anda sukai, tapi Anda malahan DIBAYAR buat hepi- hepi menjalankan apa yang jadi Passion Anda itu!

Lebih gokil lagi, sekarang bayangkan kalau Anda bukan saja DIBAYAR buat menjalankan Passion Anda itu, tapi Anda dibayar lebih BESAR daripada bayaran Anda saat ini, buat terus menikmati Passion Anda tiap hari!

Mau?

Ya eeeyaalaaaah! Siapa yang nggak mau dibayar buat bersenang- senang? Ya nggak?

Tapi emangnya bisa?

Bukan bisa lagi, justru menurut saya, inilah cara TERBAIK untuk hidup, yang dilakukan oleh sebagian besar orang- orang tersukses di dunia! Malah nggak usah jauh- jauh ngomongin tokoh- tokoh di ‘awang- awang’ deh, saya sendiri juga melakukannya kok! Passion saya adalah Sharing, Speaking, dan Art. Dan saya dibayar buat melakukan semua itu, di panggung, di buku, dan di media! Nikmat ya?

“Tapi gimana kalau Passion saya nggak menghasilkan?” ini pertanyaan yang suka muncul dari mana- mana, termasuk dari seorang follower saya, @thiaroo. Thanks yaa Tiar atas pertanyaannya.

Jawabannya singkatnya?

“Ya bikin jadi menghasilkan aja!” Gampang kan?

Saya nggak percaya ada bidang Passion yang nggak punya potensi menghasilkan uang. Kalau saat ini Passion Anda belum menghasilkan buat Anda, maka artinya Anda belum cukup ‘ngulik’ atau ‘ngoprek’ bidang itu. That’s it!

So, berikut lima langkah dasar dari saya, untuk membantu Anda memulai tahap awal menghasilkan uang dari Passion!

1. Gali Bidangnya

Saya suka bilang, beda antara hobi dan Passion itu ibarat beda antara kecengan dan cinta sejati. Dan untuk mendapatkan cinta sejati, kita harus serius dalam melakukan PDKT nya. Kita nggak bisa cuma tahu ‘seucrit’ tentang sang cinta sejati, lalu berharap berhasil saat menyatakan cinta kan? Bukan hanya gagal, bisa- bisa kita dikepret sampai mental ke negeri patah hati.

Untuk berhasil menyatakan cinta, kita harus meningkatkan keseriusan kita, dan pahami betul tentang subjek nya. Apa yang dia suka? Apa yang dia nggak suka? Film favoritnya apa? Sobat- sobatnya siapa? Siapa yang bisa membantu Anda meyakinkan dia, supaya dia mau sama Anda? ‘Hashtag‘ favoritnya apa? Dan sebagainya.

Baca Juga  20 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Dan Tipsnya

Begitu pula saat Anda mau mulai menghasilkan uang dari Passion. Pelajari betul bidang Passion Anda. Kalau perlu, sampai jadi ‘pakar’ dalam bidang Anda. Cari tahu, bisa lewat mbah Google ataupun lewat mentor, apa saja variasi karir yang nyambung dengan Passion Anda? Bidang pekerjaan apa yang ada? Profesi seperti apa yang cocok buat Anda? Skill apa yang dibutuhkan? Karya yang seperti apa yang laku? Karya seperti apa yang nggak laku? Inovasi terbaru apa yang lagi ‘in’? Dan sebagainya.

2. Endus Sumber Duitnya

Setelah Anda sudah terinformasikan dengan baik tentang dunia Passion Anda, saatnya Anda melengkapinya dengan pemahaman tentang ‘sumber duit’ dalam bidang Anda ini. Orang- orang yang memegang uang itu ada di luar sana. Dan mereka ikhlas kok, bahkan udah nggak sabar, untuk mengantarkan uang itu ke tangan Anda, ASALKAN Anda punya sesuatu yang ingin mereka beli!

Apa yang ingin mereka beli? Prinsipnya, orang akan membeli sesuatu yang sesuai kebutuhan mereka, membantu mereka dalam kegiatan harian mereka, sesuatu yang membuat mereka merasa lebih baik, sesuatu yang membuat hidup mereka lebih mudah, atau membantu mereka mendekati impian mereka.

Bila Anda belum menghasilkan lewat Passion Anda saat ini, artinya Anda, mungkiinn niih, belum punya benda atau jasa semacam itu.

Endus duitnya, cari bidang, jasa, atau produk, yang serupa, atau menggunakan skill set dan Passion yang sama, dimana orang lebih tertarik untuk membelinya. Paling tidak, ini adalah langkah awal untuk masuk ke dalamnya dulu.

Misal, orang belum tertarik membeli lukisan abstrak Anda, tapi banyak orang yang tertarik membeli lukisan untuk digunakan sebagai cover novel fiksi. Kenapa nggak?

3. Temukan Pasarnya

Pasar adalah tempat jual beli, dimana duit berkumpul dan kongkow bersama.

Jadi untuk bisa mulai menghasilkan uang dari Passion Anda, temukan pasar, yaitu dimana para calon pembeli yang mau membeli jasa atau produk Passion Anda berkumpul.

Misal, kalau Anda suka fotografi, dan memutuskan untuk mulai masuk dunia tersebut sebagai Wedding Photographer, maka pikirkan, dimanakah orang- orang yang membutuhkan jasa Anda suka berkumpul? Dari wedding expo, penjahit kebaya, venue seperti gedung- gedung dan aula, hotel, catering, WO dan EO, komunitas, hingga radio (tempat ngumpulnya MC, yang biasa digunakan dalam acara pernikahan), semua adalah pasar!

Baca Juga  Komunitas Sepeda Onthel

Kalau pasar Anda ternyata adanya di luar negeri, ya kejar saja! Kenapa nggak?

4. Buka Lapaknya

Jangan takut narsis! Kalau Anda mau jadi Passionpreneur, mulai menghasilkan uang dari Passion, Anda nggak boleh kebanyakan ragu dan JANGAN kebanyakan malu. Saya selalu bilang, perbesar kemauan, dan perkecil kemaluan! (… tapi bukan kemaluan yang itu lho ya…)

Buka lapak, beri tahu semua orang bahwa bisnis Anda OPEN, dan siap jualan! Beri tahu mereka tentang produk dan jasa yang Anda tawarkan, dan bagaimana Anda berbeda dengan ‘lapak sebelah’. Siapkan produk Anda, tebar- tebar di lapak Anda, tunjukkan bahwa Anda punya, dan bisa memberikan apa yang mereka butuhkan, hal- hal yang membantu membuat hidup mereka lebih baik.

Anda punya phonebook? Telepon satu- satu, silaturahmi sambil memberi tahu jasa Anda sekarang. Inilah yang saya lakukan saat saya mau memasuki dunia penulisan buku! Anda juga perlu melakukan ini di Social Media dan BBM. Percaya nggak percaya, BBM masih sangat efektif untuk ‘jual diri’ di Indonesia.

5. Tempel Pelanggannya

Nah, setelah Anda buka lapak, saatnya Anda kerja senang!

Ini adalah tahap yang menentukan keberhasilan langkah awal Anda ini. Setelah buka lapak, pelan tapi pasti, akan ada orang yang mulai mendatangi Anda. Ini saatnya Anda untuk bisa deliver! Buktikan bahwa Anda bisa memberikan apa yang Anda janjikan. Bila Anda memiliki kekurangan skill untuk memberikan apa yang Anda janjikan, kembangkan diri Anda, dan/ atau kerjasamalah dengan orang yang bisa (bisa sebagai karyawan, rekan, atau freelance).

Tempel pelanggan atau calon pelanggan Anda dengan keakraban, kualitas karya dan jasa yang Anda berikan, dan keunikan Anda.

Bikin keunikan, niche, kekhasan Anda yang akan menempel terus di pelanggan Anda, sehingga mau nggak mau dia akan ke Anda. Soalnya, Anda punya sesuatu yang lapak lain nggak punya!

Demikianlah langkah- langkah dasar untuk memulai mengubah Passion Anda jadi sebuah karir atau bisnis yang menghasilkan duit! Kapan- kapan saya akan melanjutkan artikel ini dengan langkah untuk mengembangkannya lebih jauh! Tapi untuk saat ini, mulailah perjalanan Anda dengan melaksanakan ke- lima hal ini!

Ingat, tidak ada satu pun Passion yang tidak bisa menghasilkan duit! Anda cuma perlu jeli dalam menciptakan peluang, dan tahu caranya!


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

  • wilicious

    nice share coach,,really help!! :D

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun