Apa Anda Takut Sukses?

3

Takut gagal? Udah biasa.

Takut jatuh atau salah jalan? Ahhh, pasaran.

Takut miskin? Kayaknya semuanya juga begitu.

Tapi takut sukses dan takut kaya? Naaah, mahluk macam apa ini yang takut sukses dan takut kaya? Emangnya ada orang yang takut sukses, takut kaya? Kayaknya cuma buto ijo atau mahluk halus lainnya yang kayaknya takut sukses dan takut kaya. Ya kan?

Tapi, gimana kalau saya bilang bahwa ternyata, cukup BANYAK orang yang mengidap hambatan mental “Takut Sukses” ini? Dan gimana kalau saya bilang bahwa ternyata banyak orang, yang sadar nggak sadar, mengidap hambatan mental “Takut sukses, takut kaya” seperti ini?

Yup! Anda juga mungkin secara nggak sadar takut sukses dan takut kaya, cuma nggak sadar aja!

Daaaaan, ketahuilah bahwa rasa takut sukses dan takut kaya ini bisa sama atau bahkan lebih besar bahayanya dengan rasa takut jatuh dan takut gagal, dalam MENGHAMBAT usaha kita meraih tujuan dan kesuksesan kita!

Rasa takut sukses, yang dalam istilah psikologinya disebut “Jonah Complex”, dan dalam istilah dedyologi disebut “Parnokaya” ini biasanya merupakan situasi alam bawah sadar, yang membuat seseorang secara tidak sadar, menahan dirinya untuk tidak mengeluarkan seluruh potensi dalam usaha- usahanya! Secara tidak sadar, seseorang yang takut sukses bakal menghambat dirinya sendiri dan mengerem dirinya untuk maju lebih jauh, terlalu jauh, atau terlalu cepat.

Mencegah dirinya bekerja secara maksimal, secara tidak sadar.

Ibarat seseorang yang menyetir mobil, dengan kaki kanan menginjak gas sedalam- dalamnya, dan kaki kiri menginjak rem pada saat yang bersamaan.

Tidak percaya? Sama seperti banyak peserta di seminar dan training saya, banyak yang suka nggak percaya kalau ada orang yang secara tidak sadar, takut – atau tidak mau – sukses atau kaya. Jadi saya suka melakukan eksperimen ini.

Baca Juga  Cara Cari Kerja ala Sun Tzu

Saya tanyakan pada peserta saya, “Siapa yang mau suksessssss?”

Dan mereka bakal ngejawab, “Sayaaaaaaaa!”

“Apa itu sukses buat Andaaaaa?”

“Nggak tahuuuuuuuu!”

“Coba tentukan apa itu sukses buat Andaaa?”

“Nggak mauuuuu!”

“Kenapaaa?”

“Maluuuuuuu”

Nah lho. Malu punya mimpi. Malu membuat rencana. Malu pas diminta membayangkan kesuksesan. Apa bukan takut sukses tuh namanya? Atau saya juga suka melakukan eksperimen lain.

Saya tanyakan pada mereka, “Siapa yang mau kayaaaa?”

Mereka menjawab, “Sayaaaaa”.

“Siapa yang yakin kalau orang kaya itu sombooong?”

Mereka menjawab sama kerasnya, “Sayaaaaa”.

“Siapa yang nggak mau jadi orang sombonnng?”

Mereka jawab lebih keras lagi, “Sayaaaaa”.

“Jadi kesimpulannya apaaaa?”

“Saya nggak mau jadi orang kayaaaa… lhooo?”

Inilah contoh situasi yang disebut conflicting mindset. Pola pikir kita bertentangan satu sama lain, sehingga secara tidak sadar, kita jadi seperti di perumpamaan menyetir mobil tadi. Kaki kanan menginjak gas, sementara kaki kiri menginjak rem. Menganggap orang kaya itu sombong, dan saya tidak mau jadi sombong, maka artinya?

Ternyata, ketika kita takut sukses atau takut kaya, alam bawah sadar kita bakal MENYABOTASE DIRI sendiri supaya kita tidak cepat- cepat meraih kesuksesan atau kekayaan, dengan berbagai macam cara!

Contoh bagaimana alam bawah sadar kita menyabotase diri sendiri antara lain, mood yang mendadak naik turun di usaha yang sebetulnya potensial dan kita suka, rasa malas yang mendadak muncul di tengah usaha genting, rasa takut berlebihan ketika kita punya ide brilian, memunculkan kebiasaan menunda- nunda di saat kita tahu harusnya suatu usaha dilakukan segera, tidak berani mengambil keputusan, dan sebagainya.

Apa penyebab rasa takut sukses? Biasanya, yang bikin kita takut sukses dan takut kaya adalah:

Baca Juga  Cita- Cita Yang Nyangkut Di Masa Lalu

1. Takut kesuksesan dan kekayaan bakal mengubah diri kita atau situasi kita.

2. Takut pada rasa tanggung jawab besar yang bakal ada ketika kita berkembang.

3. Takut ditinggal atau terpaksa meninggalkan teman, sahabat, lingkungan saat ini.

4. Takut jadi sombong dan angkuh, dan sifat buruk lainnya.

5. Takut dan sulit membayangkan diri sendiri sebagai figur kuat dan sukses.

Jadi bagaimana cara supaya kita bisa menghadapi rasa takut sukses dan rasa takut kaya ini, agar bisa mengeluarkan potensi sesungguhnya dari diri kita? Caranya adalah dengan belajar MENGUBAH mindset dan keyakinan kita tentang KESUKSESAN itu sendiri!

Perhatikan seluruh aspek dalam kehidupan Anda, dan perlahan secara bertahap, bentuk keyakinan baru yang akan mengkoreksi keyakinan lama Anda. Ini beberapa mindset baru untuk Anda.

1. Kesuksesan dan kekayaan tidak akan mengubah kita jadi lebih buruk, tapi akan membuat saya menjadi lebih baik.

2. Tanggung jawab akan membesar ketika kita berkembang, tapi ini adalah sesuatu yang alami, dan harus disambut dengan ucapan terima kasih.

3. Bila didasari dengan hati bersih, teman, sahabat, dan lingkungan tidak akan meninggalkan saya, dan saya tidak perlu meninggalkan mereka.

4. Kekayaan dan kesuksesan tidak akan membuat saya makin sombong, justru dengan kekayaan dan kesuksesan, saya bisa membantu orang lain lebih baik lagi.

5. Saya bisa melihat saya sebagai figur besar dan sukses. Dan saya terlihat keren banget!

Rasa takut sukses sama bahayanya dengan rasa takut gagal, yang bisa Anda lakukan adalah mengambil langkah nyata, untuk perlahan mulai menyingkirkan rasa takut ini, dan mengeluarkan potensi penuh Anda!

Karena Anda berhak untuk meraih mimpi dan kesuksesan Anda!


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun