80% Harta Dikuasai Oleh 20% Manusia?

0

Bagaimana kalau Pareto benar?

Kalau Anda pernah dengar Prinsip Pareto, maka Anda pasti pernah dengan prinsip perbandingan 80 – 20. Inti prinsipnya, adalah bahwa dalam berbagai hal dalam hidup, hampir selalu ada perbandingan 80% – 20%. Bahwa 80% efek dan hasil yang kita lihat, biasanya merupakan hasil dari 20% usaha atau sebab musabab yang dilakukan. Ada 80% yang umum, yang berasal dari 20% yang istimewa.

Waktu mendengar prinsip ini, teman saya langsung manggut- manggut setuju. “Hmmmm, bener juga Ded”, katanya, “Pantes aja ada 80% orang yang tampangnya biasa- biasa aja, dan 20% yang tampangnya istimewa kayak gua”, begitu dia ngomong gitu, langsung saja saya jawab, “Iya emang sih, tapi sayangnya, 80% wanita tetep aja nggak ada yang mau sama lu, sementara lu harus berjuang keras untuk ngedapetin 20% sisanya”.

Tapi temen saya ada benarnya (kecuali soal tampangnya yang istimewa tadi), bahwa Prinsip Pareto ternyata memang ada dan bisa diamati di berbagai bidang!

Di bidang sales, biasanya 80% income didapatkan dari 20% klien terbaik.

Di bidang pertanian, seringkali 80% hasil panen terbaik didapatkan dari 20% bibit unggul.

Di bidang perkembangan teknologi, kita bisa melihat 80% hasil riset baru ditemukan oleh 20% penduduk dunia.

Di bidang pernikahan, 80% laki- laki ternyata adalah suami takut istri, sedangkan 20% sisanya masih jomblo.

Dan semua ini hampir selalu bisa dibuktikan! Bahkan sudah menjadi salah satu hukum matematika yang disebut Power Law Distribution. (kecuali mungkin contoh terakhir tadi, yang memang sudah terbukti itu sih…)

Menurut prinsip ini lebih lanjut, ternyata 80% harta dan uang di seluruh dunia, dikuasai oleh 20% orang kaya, dan 20% orang sisanya berjuang mati- matian untuk memperebutkan 20% sisa harta yang ada!

Baca Juga  30 Menit Merancang Peta Passionpreneurship

Bagaimana kalau Pareto benar?

Kalau ini benar, maka bisa dibilang ada 80% orang yang masih berjuang untuk meraih mimpinya, dan 20% orang yang sudah berhasil meraih mimpinya!

Dan dari 80% yang masih berjuang dan bertanya- tanya, berlaku pula prinsip Pareto. Ada 80% orang yang mulai Pesimis pada mimpinya, dan hanya 20% orang yang mungkin masih terus Optimis pada mimpinya.

Artinya, setiap kali kita melangkahkan kaki keluar dari rumah, siapa yang paling banyak akan kita temui? Apa kita akan lebih banyak bertemu dengan orang yang sudah berhasil meraih mimpinya, atau yang masih berjuang meraih mimpinya? Apa kita akan lebih banyak bertemu orang yang Optimis, atau yang Pesimis?

Apakah ini alasan kenapa ada begitu banyaknya orang yang selalu sibuk bilang pada Anda, “Kamu gak bakal bisa”, dibandingkan dengan mereka yang bilang “Kamu pasti bisa”?

Jadi siapa tuh mereka yang selalu bilang “Kamu gak bakal bisa”? Bukankah mereka termasuk ke dalam 80% orang sisanya yang masih belum meraih mimpinya dan sudah tidak lagi percaya pada mimpinya?

Terus kepada siapa kita seharusnya lebih percaya? Pada 80% yang masih berjuang dan mungkin sudah pesimis, atau pada 20% yang sudah terbukti sukses dan Optimis?

Bagaimana kalau Pareto benar?

Just a thought. Banyak belum berarti benar. Go out there, find and BE the 20% of the people, and make your dream a REALITY!

Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun