7 Resiko Membangun Profesi GUE BANGET

2

Dalam hidup, semuanya ada resiko.

Kayaknya nggak ada deh satu hal pun yang betul- betul bisa dibilang bebas resiko. Nggak usah jauh- jauh dehh, waktu kita mau nyeberang jalan depan rumah buat beli mie instan di warung depan aja, ada resikonya juga. Dari kesenggol motor lewatlah, kesandung kerikil isenglah, sampai kalo lagi kurang amal malah bisa- bisa kejatuhan dahan pohon segala.

Mau duduk diam seharian kayak patung di kamar biar aman? Ada resikonya juga lho! Resiko badan sakit- sakit karena kurang olahraga, dan perut keroncongan karena nggak berani nyeberang beli mi instan.

Jadi yang namanya hidup itu memang bukan tentang MENGHINDARI resiko sama sekali, tapi tentang mempersiapkan diri untuk MENGHADAPI resiko, meminimalisirnya bila mungkin, dan mempersiapkan diri untuk memperbaiki kondisi setelah resiko itu terjadi.

Nah waktu kita membangun profesi dan bisnis yang GUE BANGET, namanya resiko juga ada! Malah seringkali, resiko yang ada bisa lebih besar dibandingkan dengan profesi dan pekerjaan konvensional, yang konon, lebih aman.

Tapi tentu, kalau Anda mau sukses sebagai Passionpreneur, Anda harus siap menghadapi beberapa resiko yang bakalan datang menghadang, yang sayangnya, HARUS dihadapi semua orang yang mau membangun profesi baru. Khususnya untuk mereka di jalur Professional Mandiri dan Bisnis. *Lebih jauh, baca buku saya, “Ini Cara Gue

Resiko- resiko yang harus siap Anda hadapi adalah:

  1. Menghadapi negativitas keluarga dan lingkungan

Bacalah semua kisah orang yang membangun profesi atau bisnis sesuai Passionnya, dan Anda bakal mendapatkan fakta bahwa ternyata lebih dari 70% langkah orang- orang ini, pada awalnya, tidak didukung oleh keluarga, teman, atau lingkungan terdekatnya! Bukan karena orang terdekat kita ini tidak mau kita sukses, tapi karena mereka memiliki pandangan yang berbeda tentang apa yang memberi makna dalam hidup, dan mereka takut kita gagal.

Baca Juga  Mengambil Seribu Rupiah Dari Sejuta Orang

Saat Anda memulai profesi baru yang ‘tidak biasa’, bersiaplah menghadapi hilangnya, atau berkurangnya, atau ketidakadaannya dukungan dari orang terdekat Anda.

  1. Hilangnya kestabilan dan kejelasan pendapatan

Khususnya untuk mereka yang mau membangun profesi di jalur Professional dan Bisnis, bersiaplah untuk kehilangan kejelasan dan kepastian pendapatan finansial. Anda menukar gaji rutin dengan potensi yang jauh lebih besar, tapi juga lebih tidak pasti waktu dan jumlahnya.

  1. Melakukan investasi dana pribadi

Namanya memulai usaha baru, Anda harus bersiap melakukan investasi dana pribadi, untuk tujuan apapun. Mungkin untuk pengembangan produk, mungkin untuk pengembangan skill diri, atau mungkin untuk promosi. Apa Anda siap?

  1. Melakukan investasi waktu

Kebebasan waktu, artinya Andalah yang menentukan kapan Anda mau bekerja, dan kapan Anda mau beristirahat. Tapi di awal- awal pengembangan profesi dan bisnis baru Anda ini, Anda akan menemukan bahwa Anda justru lebih banyak memakai waktu untuk bekerja. Tidak ada lagi 9- 5, mungkin malah akan jadi 9- 9- 9. Tapi kalau Anda enjoy, ini tentu tidak akan jadi masalah kan? Makanya, pilihlah profesi sesuai Passion Anda.

  1. Tanggung jawab penuh

Apapun yang terjadi sekarang, Andalah yang bertanggung jawab penuh. Anda tidak lagi bisa mengoper situasi pada atasan, atau menyalahkan anggota tim yang lain. Anda akan belajar bahwa mengambil tanggung jawab penuh ternyata jauh lebih baik.

  1. Salah riset dan teori dengan fakta lapangan

Bagaimana kalau ternyata dugaan dan persiapan Anda salah? Kemungkinan ini memang akan terjadi. Apa yang Anda siapkan di belakang meja dan di bangku sekolah seringkali berbeda dengan fakta di lapangannya. Persiapkan diri Anda untuk ini, dan jadilah orang yang dinamis dan penuh rencana cadangan!

  1. Tidak ada yang pasti, alias dagdigdug
Baca Juga  Pre Order Ini Cara Gue Dibuka! [UPDATE : Pre Order Selesai]

Setiap kali ada yang curhat pada saya dan bilang, “Coach, saya sih mau banget mulai bisnis, tapi saya ragu terusss, saya ga yakin bisa berhasil, gimana kalau ini nggak pasti jalan?” Saya selalu jawab, “Memang ga akan yakin, dan nggak akan pasti. Cuma kalau mau, kamu harus tetap jalan”. Ketika jadi Passionpreneur di jalan professional dan bisnis, tidak ada lagi yang namanya ‘kepastian’. Semua penuh kemungkinan. Jadi janganlah berharap selalu ada kepastian, tapi persiapkan diri Anda untuk merasa dagdigdug, dengan Passion dan segudang rencana cadangan.

Itulah ketujuh resiko yang akan Anda hadapi ketika Anda mau memulai membangun profesi baru, khususnya di jalur Profesional Mandiri dan Bisnis. Kalau Anda mau jadi Passionpreneurs, siapkan diri Anda untuk ketujuh resiko ini!

Saya tidak bilang membangun profesi yang GUE BANGET itu gampang. Tapi saya jamin, bila Anda melakukannya sesuai Passion, dan menikmati prosesnya, perjalanan menuju sukses ini akan menyenangkan dan memberi makna!


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller “Passion!”, “Lakukan Dengan Hati”, dan “Ini Cara Gue”. Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

  • Herlin Aluminium Kediri

    Pecah banget artikel artikelnya. Buku “Lakukan Dengan Hati” buat saya lebih semangat buat kembangkan usaha. :)

    • Terima kasih udah suka baca! Mantaaaaaab, terus maju dengan usaha sesuai dorongan hati yaa! Sukses dan enjoy!

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun