7 Persiapan Untuk Pindah Profesi

0

Sooo, apa Anda mulai ngerasa profesi sekarang nggak ‘ANDA BANGET’, dan lagi kebelet untuk pindah profesi? Apa Anda rasanya pengen cepat- cepat ngasih ‘surat cinta pemecatan’ ke si bos tersayang dan memulai membangun profesi yang lebih sesuai Passion? Apa rumput tetangga mulai kelihatan lebih hijau, dan profesi lain yang Anda idamkan nampak mulai menggoda dengan tarian hula di depan mata Anda?

Kalau iya, mungkin artinya Anda harus mempertimbangkan untuk pindah profesi, ke profesi yang lebih ‘ANDA BANGET’!

Tapi, pindah profesi itu kadang rasanya kayak bikin 1000 Candi buat Roro Jonggrang. Gampang banget diomongin, tapi rasanya impossible, dan susaaah banget dilakukan secara nyata. Bahkan, sebagian besar isi konsultasi dan pertanyaan coachee dan peserta seminar saya selalu berhubungan dengan hal ini.

“Coach, gimana caranya untuk pindah profesi? Nggak segampang itu looh!” kata mereka dengan bingung dan tulus. “Ada rasa takut, nggak pede, nggak yakin, belum lagi terrornya menjauhi zona pekerjaan saat ini yang sudah nyaman”.

Menurut saya, kunci pindah profesi yang SUKSES, seperti kunci keberhasilan aktivitas apapun di dunia, adalah satu. “PERSIAPAN”.

Nah, untuk Anda yang saat ini berada di posisi yang sama, dan sedang mempertimbangkan untuk pindah profesi, inilah 7 Persiapan untuk Pindah Profesi, agar proses pindah profesi Anda berjalan baik dan dengan SUKSES!

1. Kenali Passion Anda!

Passion passion passion! Apa gunanya pindah profesi kalau hanya untuk lagi- lagi ‘terpaksa kerja’? Profesi adalah pemakai waktu dominan dalam hidup kita, pastikan Anda mengisinya dengan apa yang membuat hidup Anda penuh, bahagia, dan bermakna. Bisa jadi diri sendiri itu NIKMAT rasanya. Kalau ada Passionnya, motivasi Anda akan muncul dengan sendirinya.

Ingat kembali apa hobi, dan apa yang membuat Anda deg- degan, membuat Anda hepi, dan membuat Anda merasa bermakna. Luangkan waktu sebisanya diantara kesibukan untuk mencoba satu demi satu hal- hal tersebut. Kalau nggak dicoba, kita nggak akan tahu.

Baca Juga  10 Profesi Dari Rumah

2. Kenali diri Anda lebih jauh!

Pindah profesi adalah kesempatan untuk menemukan diri sendiri, dan mengembangkan potensi Anda yang mungkin selama ini terhambat di profesi lama. So, siapkan diri Anda dengan membuka wawasan tentang diri Anda sendiri. Apa skill Anda? Apa bakat Anda? Apa minat Anda? Bagaimana cara kerja Anda? Apa kelebihan dan tantangan Anda?

Akan lebih baik bila Anda menyempatkan diri mengikuti self assessment program untuk mengetahui diri Anda. Saya menyarankan mengikuti program MBTI Workshop dan Strong Interest Investment (SII) yang tepat untuk perencanaan profesi. Saya memiliki kedua program assessment tersebut dalam program saya.

3. Maunya ke MANA?

Mungkin kedengarannya aneh, mau pindah profesi kok nggak tahu mau ke mana. Tapi pada kenyataannya, saya bertemu dengan buaaanyaaak orang yang TAHU apa yang dia NGGAK MAU, tapi NGGAK TAHU apa yang dia MAU. Akibatnya mereka cuma mengeluh tentang jeleknya dan negatifnya profesinya saat ini, tanpa melakukan persiapan maju ke profesi berikutnya.

Tanyakan pada diri Anda, profesi apa sebenarnya yang SAYA MAU? Seperti apa profesinya? Kantornya gimana? Bidangnya apa? Apa saja aktivitasnya? Bagaimana jam kerjanya? Bagaimana suasana kerjanya? Orang- orang seperti apa yang saya inginkan bekerja bersama saya? Incomenya berapa?

4. Lakukan riset!

Ada jutaan profesi di luar sana, dan jutaan profesi baru yang bahkan belum ditemukan dan menunggu ditemukan. Lakukan RISET langsung, online, tanyakan ke teman, untuk menggali profesi- profesi yang TEPAT untuk Anda, sesuai dengan Passion, kekuatan serta kelebihan Anda, dan gambaran Anda tentang suasana kerja yang Anda inginkan.

Riset, studi banding, dan hubungi teman serta kenalan yang dekat dengan profesi yang Anda tuju, atau mirip dengan profesi yang Anda tuju.

5. Buatlah peta dan rencana perjalanan!

Salah satu hambatan utama orang yang ingin pindah profesi tapi TIDAK pernah melakukannya secara nyata, adalah tidak adanya PETA dan RENCANA perjalanan. Waktu ditanya, “Kapan mau mulai pindah?” mereka biasanya menjawab, “Nanti deh, belum dipikirin”, atau “Someday…”, atau “Kalau ini dan kalau itu….” … sampai tua…

Baca Juga  Cara Sukses Memulai Bisnis Online Anda Sendiri

Buat peta perjalanan. Tarik dari tujuan akhir, dan temukan titik- titik persinggahan Anda. Mau ke profesi apa selevel apa? Maka Anda harus bisa ke mana? Maka Anda harus lewat jalan mana? Apa profesi stepping stone untuk sampai di sana?

Dan lebih penting lagi, adalah tentukanlah KAPAN batas waktu Anda berada di profesi lama ini, sebelum hengkang dan memulai langkah di profesi baru? Tetapkan DEADLINE dan timeline!

6. Persiapkan diri. Passion, Identity, Payouts!

Dari detik ini sampai deadline nanti, persiapkan semua yang Anda butuhkan untuk nanti.

Kembangkan dan perkuat Passion Anda dengan mempelajari dan terus menekuni bidangnya. Persiapkan skill dan pengetahuan Anda di bidang itu, agar Anda bisa melakukan Aktivitas Utama dan Aktivitas Pendukung dari profesi itu dengan baik pada saatnya nanti, misalnya dengan mengikuti kursus, workshop, dan lainnya. Pahami seluk beluk industri profesi itu, SIAPA pembelinya, apa benefit yang mereka cari, di mana mereka berkumpul, bagaimana menghubungi mereka?

7. Berjalan di dua dunia.

Sambil Anda terus melakukan ini, Anda masih membutuhkan income dari profesi lama Anda. Tetaplah berjalan di dua dunia HINGGA deadline yang Anda tetapkan di point 6 tadi tiba. Jalankan profesi sekarang untuk kebutuhan, dan persiapan profesi masa depan untuk impian.

Bahkan, dengan begini, Anda bisa mentrasnfer income dari profesi lama ke profesi baru Anda. Yang artinya secara tidak langsung, bos Andalah yang membiayai pembangunan profesi baru Anda!

Itulah 7 Persiapan yang Anda butuhkan untuk pindah ke profesi baru.

Perubahan apapun dan persiapan sekecil apapun yang bisa Anda lakukan itu BERHARGA!


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun