5 Situs Penghasil Income Buat Pekerja Kreatif

0

Waktu saya mau masuk Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB dulu, orang tua, saudara, tetangga, sampai ibu- ibu warung depan langsung kompak menyamakan suara seperti mau paduan suara, dan nanya: “Emang mau dapet duit dari manaaa? Seni itu nggak ada duitnyaaa!”

Kesannya, kalau saya menggeluti dunia kreatif, saya udah bakal langsung ditakdirkan untuk berakhir dengan ngamen di pengkolan, jualan lukisan sambil makan nasi padang di trotoar, atau nulis puisi di karton bekas. Kesian banget dah. Situasi dan pandangan ini muncul karena masih banyak orang yang tidak paham tentang dunia kreatif dan potensi yang ada di dalamnya. Skill kreatif, dianggap nggak bisa, atau sulit menghasilkan duit!

Kurangnya dukungan dan peluang ini membuat sangat banyak orang dengan skill dan Passion di dunia kreatif, , mungkin termasuk Anda juga, kesulitan menghasilkan uang, dan tidak bisa hidup dari Passion dan skillnya di dunia kreatif! Dan banyak yang terpaksa jadi ‘pekerja kreatif tanpa karya’, punya Passion dan bakat, tapi tidak dipakai, karena bekerja di industri berbeda sama sekali.

Kali ini, saya akan membagi info tentang 5 website yang saya temukan, yang bisa sedikit banyak membantu Anda untuk mulai menghasilkan income finansial, dari Passion dan skill kreatif Anda, dan dibayar untuk berkarya sesuai keinginan Anda! Siapapun Anda, apapun skill kreatif Anda, selalu ada tempat untuk berkarya!

99designs.comPekerja Kreatif 99 Designs

Saya pernah membahas situs ini sebelumnya di artikel ini. Kalau Anda punya ide yang cemerlang dalam konsep visual, suka ngulik dan bikin desain logo, cover, atau icon, serta skill yang bagus dalam desain, Anda bisa intip dan icip situs ini.

Cara Kerja:

Ribuan klien yang membutuhkan jasa desain, seperti logo design, cover design, icon design, hingga packaging design akan berkumpul dan membuka penawaran harga untuk kebutuhan mereka dalam ‘contest’, dimana terjadi semacam pitching desain. Selama proses waktu tertentu, desainer yang ikut serta dalam kontes ini akan dipilih dan dibrief oleh klien, dan pemenang mendapatkan hadiah/ fee uangnya, yang beragam nilainya, dari $300 – $5000. Anda tinggal mengirimkan file mentah yang dibutuhkan, yang akan jadi milik klien.

Baca Juga  8 Variasi Sederhana Dalam Rutinitas!

Syarat:

Join Gratis. Menguasai software vector seperti Adobe Illustrator, paham dan suka dunia desain.

Pekerja Kreatif IndiegogoIndiegogo.com

Platform crowdfunding seperti Kickstarter, yang juga bisa diakses untuk project- project dari pekerja kreatif di Indonesia. Prinsipnya, kalau Anda butuh dana untuk mewujudkan project idaman Anda, cobalah metoda crowdfunding ini.

Cara Kerja:

Untuk mewujudkan project Anda, Anda harus membuat berbagai persiapan awal dan presentasi, serta perhitungan biaya yang solid, yang membuktikan kesungguhan Anda untuk mewujudkan project ini, dan mengupload semua presentasi, penjelasan, dan contoh Anda ke situs ini. Setelah Anda menguploadnya dan menetapkan jumlah biaya total yang dibutuhkan project ini, bisa dari $5.000, hingga $100.000 dan lebih, Anda bisa memberikan benefit (yang tidak berupa uang) untuk siapapun yang mau membantu project Anda dengan donasi sejumlah tertentu.

Syarat:

Join Gratis. Memiliki project yang solid dan valid, dan komitmen untuk mewujudkan project kreatif itu.

Pekerja Kreatif PatreonPatreon.com

Seperti Indiegogo, Patreon mengumpulkan dana dari pledge donasi pengunjung yang ingin mendukung Anda. Bedanya, kalau indiegogo lebih ke arah project, Patreon lebih ke arah pendanaan konsisten. Artinya, Anda akan dibayar oleh para donatur (Patron) ini secara rutin untuk terus berkarya!

Cara Kerja:

Apapun talent dan skill kreatif Anda, dari musik, menggambar, ngomik, nulis, sampai bikin video, bahkan sampai sains atau dansa, Anda bisa menampilkan karya Anda di situs ini untuk dinikmati semua orang, dan meminta para patron untuk memberikan Anda sejumlah uang sebagai dukungan agar Anda bisa terus berkarya, yang bisa diberikan per karya, per episode, atau per bulan. Benefit dari para patron ditentukan oleh Anda, misal, semacam karya khusus untuk mereka, atau karya yang hanya bisa dinikmati oleh mereka. Intinya, Anda dibayar untuk berkarya sesuai keinginan Anda, dari $50, sampai $3000, bahkan ada yang hingga $10.000!

Syarat:

Join Gratis. Komitmen untuk secara rutin menghasilkan karya.

Baca Juga  Cari Modal, Merakit Bisnis

Pekerja Kreatif FiverrFiverr.com

Di situs ini Anda bisa menjual jasa apapun dengan harga $5 (harga dasar), dan pembeli bisa membeli jasa tambahan Anda dengan harga yang lebih mahal. Dari jasa kreatif sederhana seperti logo instan, karikatur, video product testimonial, hingga  jingle atau business plan!

Cara Kerja:

Anda bisa memberikan berbagai jasa berbeda dalam akun Anda. Dan untuk setiap jasa, Anda bisa menawarkan jasa upgrade dengan harga yang lebih mahal dari harga dasar $5 tadi. Misal, kalau Anda membuat logo basic hitam putih dengan $5, mungkin Anda bisa menawarkan logo lebih kompleks dan berwarna dengan tambahan $20, dan sebagainya.

Syarat:

Join Gratis. Berkomitmen berkarya dan pinter- pinter membuat produk instan yang layak dijual murah meriah.

Pekerja Kreatif ZazzleZazzle.com

Kalau Anda mau membuat desain untuk barang- barang retail dan merchandise, intiplah Zazzle, dimana Anda bisa menjual desain- desain Anda yang dipakai dalam berbagai produk merchandise, dan dijual di online store dengan praktis!

 

Cara Kerja:

Mendaftar, masukkan berbagai desain Anda untuk berbagai merchandise yang cocok, buka store, lalu tetapkan royalty penjualan yang Anda inginkan, dan tunggu bagian ketika produk dengan desain Anda terjual! Anda bahkan tidak perlu pusing soal proses pembuatan merchandisenya, Anda hanya perlu membuat desain dan mendapatkan royalty dari setiap penjualan merchandise yang memakai desain Anda.

Syarat:

Join Gratis. Bikin desain yang keren, unik, dan pantas untuk merchandise secara konsisten.

 

Nah, itulah lima situs untuk pekerja kreatif, dan para pekerja yang memiliki potensi, bakat, dan minat dalam dunia kreatif, untuk mencari uang tambahan secara online. Saya yakin, ini hanya sedikit banget, dari sekian banyak potensi tidak terhingga yang bisa Anda cari dan pakai untuk mulai membangun profesi yang ANDA BANGET!

Apapun profesi Anda sekarang, bila Anda memiliki potensi kreatif, teruslah berkarya sesuai Passion!

Selamat mencoba!

 


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller “Passion!”, “Lakukan Dengan Hati”, dan “Ini Cara Gue”. Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun