5 Asosiasi Kata Dalam Passion

2

Beberapa saat lalu, kalau kami lagi bengong dan istirahat, saya dan saya dan seorang teman saya suka bermain 5 asosiasi kata. Saya bakal menyebutkan satu kata, dan dia akan menyebutkan 5 kata pertama yang terlintas di kepalanya.

Selain karena iseng, dan memang kami hobi banget maen- maenan anak kecil begini, tujuannya juga ada. Yaitu konon, asosiasi kata bisa memberi gambaran lebih pada pikiran kita tentang sesuatu hal, dan membantu kita menentukan sikap kita terhadap kata itu.

Misalnya, begini.

“Istri!” Kata saya.

“Belanja, Dandan, Masak, Anak- anak, Sunnah malam Jumat”, jawabnya dengan cuek, lalu dia mengecek kalender, sepertinya berharap ini malam Jumat. Sayangnya masih malam rabu.

“Buset dah, kasihan banget istrimu Man”, (namanya Arman, bukan saya sok keren kayak bule dan panggil dia, “Whazzup Maaan”).

“Hahaha, sekarang aku mas D. Mimpi!”

“Indah, Ideal, Masa Depan, Realita, Supermodel” jawab saya. *Eh? Apaan tuh ada supermodel?*

Nah kurang lebih seperti itulah permainannya.

Tapi tahu nggak? Yang keren dari permainan asosiasi kata ini, adalah bahwa sebenarnya aktivitas ini bisa digunakan LEBIH dari sekedar permainan! Asosiasi kata sering digunakan oleh Psikolog dan Psikiater dalam menggali pikiran orang dan mengetahui pandangan/ sistem kepercayaan orang itu tentang suatu hal. Varian yang lebih sederhana dari Tes Rorschach.

Nah, lalu bagaimana kita bisa menggunakan permainan ini dalam pengembangan diri kita? Sederhana! Jadilah coach untuk diri sendiri, dan tanyakan pada diri Anda (atau minta teman Anda menanyakan pada diri Anda).

“Apa yang terpikir di kepala Anda saat saya menyebut kata ‘……’?”

Begitu sudah cukup.

Nah, saya sendiri pernah mengajukan pertanyaan ini pada diri saya. “Passion!” adalah katanya. Dan jawaban saya adalah:

Baca Juga  Keputusan atau Keputusasaan!

Makna. Bahagia. Misi. Berkarya. Berbagi.

Saya tidak memikirkan kelima hal tersebut saat saya menyebutkannya, dan baru menuliskannya saat saya telah menyebutkannya. Saat menuliskan hal itu, baru saya menyadari arti penting Passion buat saya.

1. Passion adalah MAKNA, dia yang membuat hidup saya berarti, dan penuh.

2. Passion adalah BAHAGIA, membuat saya tertawa, jadi diri sendiri, dan pada akhirnya membuat saya bahagia.

3. Passion adalah MISI, misi saya di dunia ini. Mungkin yang dititipkan Tuhan pada saya.

4. Passion adalah BERKARYA, saya harus menghasilkan sesuatu yang tersisa dan menjadi peninggalan saat saya meninggal nanti.

5. Passion adalah BERBAGI, karena tanpa berbagi dan bermanfaat dalam masyarakat, Passion tidaklah sempurna.

Inilah 5 kata yang merupakan asosiasi dari kata Passion buat saya. Posisi saya sebagai Coach, Penulis, dan Stand Up Comic ideal buat saya, karena di aktivitas ini, saya memiliki pekerjaan yang BERMAKNA, memiliki MISI, saya BERKARYA, dan saya BERBAGI. Dan karenanya, saya BAHAGIA.

So, sekarang tentang Anda! Bagaimana dengan Anda?

Apa 5 kata yang terbersit di kepala Anda ketika Anda mendengar kata “Passion”?

Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller “Passion!”, “Lakukan Dengan Hati”, dan “Ini Cara Gue”. Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

  • Rezky Firmansyah

    Visi, Mimpi, Karya, Kontribusi, Bahagia :D

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun