20 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa Dan Tipsnya

1

Hanya karena Anda masih kuliah, nggak berarti Anda cuma bisa duduk manis memandang keluar jendela sambil menunggu lulus, untuk mulai berbisnis. Kalau Anda tertarik untuk mulai bisnis, Anda bisa memulai bisnis Anda sambil jadi mahasiswa, sekarang juga!

Kuliah, tugas- tugasnya, dosen galaknya, dan semua kesibukan di dalamnya sebenarnya nggak bisa jadi alasan untuk menunda usaha Anda untuk memulai bisnis dan ngembangin Passion Anda sejak di kampus! Malah kalau Anda terbiasa menunda bisnis karena alasan- alasan itu, setelah lulus, alasan- alasan itu bukannya bakal berkurang, justru bakal makinnn banyaaaaak!

Sekarang kuliah jadi alasan, nanti kantor yang jadi alasan.
Sekarang tugas jadi alasan, nanti target dan KPI kantor jadi alasan.
Sekarang dosen galak jadi alasan, nanti bos yang jadi alasan.
Sekarang nggak ada duit jadi alasan, nanti …. sama sih, nggak ada duit tetap jadi alasan.

Saya sendiri memulai bisnis pertama dan kedua saya sejak di bangku kuliah. Saat itu, ide bisnis untuk mahasiswa nggak sebanyak sekarang, tapi beranjak dari Passion, saya memulai usaha pertama saya dan bikin toko hobi yang menjual Action Figure, Model Kit, dan Anime, bersama 4 teman saya yang lain.

Setelah itu, masih sebagai mahasiswa, saya juga memulai usaha cemilan dan kripik, dan mendistribusikannya di seantero warnet di Bandung. Ide bisnis mahasiswa saya sederhana, kalau orang di warnet bisa berjam- jam nggak ngangkat pantat dari depan komputer, taro aja snack di meja komputernya.

Nah, zaman sekarang ini, ide bisnis untuk mahasiswa makiiin banyaaaak, dan potensi bisnis mahasiswa yang menguntungkan juga makin beragam. Dengan support lingkungan dan teknologi yang bisa di akses mahasiswa, banyak ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa Anda coba, dan PILIH sesuai PASSION Anda!

20 Ide Bisnis untuk Mahasiswa di tahun 2016!

Pilih ide bisnis yang paling PAS dengan Passion Anda!

1. Snack Vendor

Ide bisnis mahasiswa pertama datang dari pengalaman pribadi, dan dari mengamati kondisi perut orang Indonesia yang suka ngemil. Dari anak sekolahan, mahasiswa, sampai karyawan, kita paling suka meluangkan waktu dengan ngunyah- ngunyah ringan. Snack adalah bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil, dan margin yang biasa, tapi bisa dijual dalam kuantitas besar. Snack adalah kerajaan bisnis yang bisa dimulai dari kampus sebagai mahasiswa.

Tips: Nggak perlu bikin cemilan sendiri dari nol, carilah industri rumahan di sekitar rumah Anda atau di ujung luar kota Anda, dan bina kerjasama dengan mereka. Bikin variasi dari produk itu, dan pakai brand Anda sendiri untuk mendistribusikannya di kampus, titip jual di warung, dan jual di sosial media.

2. Mentor dan Tutorial

Baca Juga  5 Situs Penghasil Income Buat Pekerja Kreatif

Buat yang passionnya ngajar dan bagi ilmu, ide bisnis ideal untuk Anda adalah mulai ngembangin usaha mentor, tutorial, atau les sebagai mentor dan tutor. Dulu, bisnis ini terbatas pada tutorial fisik, artinya Anda harus bisa mendatangi rumah murid atau anak didik Anda, atau punya garasi sebagai ruang kelas. Tapi sekarang? Ini adalah ide bisnis untuk mahasiswa yang bisa dilakukan online!

Tips: Mulai dari diri Anda sendiri sebagai mentor, lalu seiring waktu, ajak teman- teman yang jago di bidangnya masing- masing Anda untuk jadi mentor dan tutor di usaha Anda, dan jangan lupa kembangkan kelas mentoring LMS (Learning Management System) Online!

3. Menulis

Anda yang suka menulis bisa memulai usaha dan menjual jasa tulisan. Sekarang banyaaaak yang butuh konten artikel atau press release, atau bahkan pidato. Ada banyak calon motivator pemula yang nggak bisa nulis buku dan nyari ghost writer. Apapun bentuknya, dari artikel di media, scriptwriting buat TV show atau stand up comedy, atau ebook untuk brand, menulis bisa dilakukan malam hari dan weekend setelah pulang kampus!

Tips: Sebagai penulis, saya sarankan Anda memilih niche penulisan atau memilliki gaya penulisan yang khas. Juga, siapkan kembangkan profesi Anda jadi bisnis dengan menambah jaringan penulis yang menangani klien Anda.

4. Blogger

Dari penulis ke blogger. Apa bedanya ide bisnis ini dengan sebelumnya? Walau kegiatan dasarnya sama- sama menulis, ada sedikit mindset berbeda untuk blogger. Ide bisnis untuk mahasiswa yang satu ini membutuhkan lebih dari sekedar menulis, tapi sedikit kalender editorial, penguasaan SEO, dan yang dijual tidak selalu harus tulisannya sendiri, tapi traffic dan space yang ada di website Anda.

Tips: Bisnis blogger perlu jaringan antar blogger yang kuat dan keaktifan online yang tinggi. Untuk memulai bisnis ini sebagai mahasiswa, ikuti Passion Anda sebagai tema blog, dan kemanapun Anda pergi, pastikan nggak lepas dari koneksi ke internet!

5. Fotografer Freelance

Kalau Anda suka Fotografi, kenapa nggak jadi fotografer freelance? Ini adalah profesi yang bisa dilakukan berkat kecermatan mata, dan modal kamera. Anda bisa menjual foto Anda ke photostocks, atau jadi jasa fotografer event setiap weekend.

Tips: Siapkan waktu khusus untuk berburu objek secara rutin, atau bila Anda bisa bikin web, kenapa nggak kembangin web penyedia stock foto Anda sendiri?

6. Desain Grafis

Ide Bisnis Mahasiswa Graphic Designer

Dengan passion desain dan kemampuan corat- coret serta intuisi dan skill teknikal desain, desainer grafis bisa jadi profesi yang menjanjikan dan bisa dilakukan bahkan sambil kuliah. Pasar Anda sebagai mahasiswa adalah pengusaha- pengusaha start up dan event- event kecil yang membutuhkan jasa desain, tapi tidak punya budget untuk agency raksasa.

Tips: Buat situs portfolio online dan daftar di job dan freelance market di internet seperti sribulancer, fiverr, dan sebagainya, dan persiapkan desainer cadangan untuk project yang lebih besar.

7. Merchandise Design

Baca Juga  Wujudkan Impian Mereka!

Sama seperti graphic desaigner, kebutuhan jasa desain bisa dipenuhi oleh Anda sebagai mahasiswa di bangku kuliah. Merchandise design adalah membuat desain- desain merchandise untuk start up dan perusahaan UMKM yang ingin membuat merchandise kreatif dengan budget yang secukupnya.

Tips: Disarankan Anda membangun jaringan dan kenal dengan produsen atau ‘pabrik’ pembuat merchandise, dan kembangkan desain dan material yang selalu unik untuk mencari style Anda.

8. Network Marketing

Saya pernah mengatakan ini sebelumnya, dan akan saya katakan lagi. Network Marketing, atau sebagian lebih dikenal dengan istilah MLM, adlaah bisnis mahasiswa yang potensial yang bisa dimulai sejak bangku kuliah. Terutama yang terpenting, adalah MLM mengajarkan prinsip bisnis dasar dan menghilangkan rasa malu jualan sejak dini.

Tips: Pilih MLM yang sistemnya benar, produknya sesuai nilai jual, dan bagian dari asosiasi direct selling Indonesia. Jangan terjebak Money Game!

9. Teknisi Teknologi

Mahasiswa sebagai penghuni dunia baru ini dan semua teknologinya, punya keuntungan dalam MEMAHAMI teknologinya. Saya sebagai angkatan ‘lama’ misalnya, selalu menyerahkan masalah teknis di kantor sama tim saya yang fresh graduate. Dosen Anda misalnya, kadang suka bingung nggak penting kalo Infocus di kelas mati. Jadi kalau Anda punya passion ngulik, Anda bisa mulai usaha sebagai teknisi teknologi, bantu orang memperbaiki laptop, HP nya, ngeboost modemnya, apps, dan lain- lain.

Tips: Ide bisnis untuk mahasiswa satu ini membutuhkan pemahaman teknologi tinggi. Jadi jangan ketinggalan berita soal update teknologi!

10. Social Media Buzzer

Tangan udah nggak pernah lepas dari HP? Muka udah kayak social media? Follower di sosmed, Instagram, Facebook banyak? Kenapa nggak jadi influencer, dan social media buzzer? Ini bisnis yang bisa dilakukan di kampus, karena modal Anda cuma HP dan gadget, dan kemampuan Anda ngembangin konten social media!

Tips: Agar bisa jadi lebih dari sekedar buzzer dan benar- benar jadi bisnis, pertimbangkan untuk membuka beberapa channel social media yang influencing, dan secara bertahap, bayar teman atau tetangga Anda untuk jadi admin di channel Anda.

Belum nemu ide bisnis untuk mahasiswa yang pas sama Passion Anda?
Cek 10 ide bisnis untuk mahasiswa berikutnya di halaman selanjutnya!

NEXT PAGE : 10 IDE BISNIS BERIKUTNYA >


1 2
Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller “Passion!”, “Lakukan Dengan Hati”, dan “Ini Cara Gue”. Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun