10 Profesi Dari Rumah

0

Ibu dari salah satu sahabat pernah bertemu saya dan ngobrol dengan mimik muka sangat khawatir. Masalahnya, putri semata wayangnya yang nggak pernah keluar rumah untuk kerja, ternyata selalu punya duit untuk beli berbagai barang. Dari gadget baru, tas, sepatu, dan hal- hal baru lainnya, malah termasuk mungkin cowok baru! Apa dia kerja di rumah? Nggak keliatan!

“Duit dari manaaaa nak Dedy? Tante takut, jangan- jangannnn, jangan- jangannnn…” kata si ibu seperti adegan sinetron. Saya langsung membayangkan ada kamera yang zoom in zoom out ke wajahnya.

“Jangan- jangan apaan bu?”

“Jangan- jangan dia jual diri!” kata ibunya, dengan heboh, melotot dan agak manyun. Saya serasa ada dalam sinetron, dan hampir bereaksi dengan ucapan, “UAapaaAAA? JuwwwaAAAl dddiiRRii??!!!” Jreng jreng jreng! *Zoom in zoom out zoom in zoom out*

Anaknya yang saya kenal baik, kerja di rumah sebagai seorang Buzzer. Dan yang namanya buzzer, nggak perlu punya kantor, selama ada gadget, kerja di rumah pun jadi!

Zaman sekarang, kita nggak bisa lagi memiliki pola pikir ‘bekerja’ yang lama. Kerja di rumah yang dulu cuma mimpi sekarang makanan sehari- hari.

Zaman sekarang, kita nggak bisa lagi berpikir bahwa yang namanya ‘kerja’ itu harus dan hanya bisa dilakukan di kantor!

Zaman sekarang, yang namanya KERJA dan PROFESI itu bisa jadi apapun, dan dilakukan DIMANAPUN! Kerja di rumah jadi sangat mungkin, malah diimpikan.

Dengan bantuan internet, gadget, dan semua dukungan teknologi, Anda BISA bekerja di rumah sambil hanya pakai baju dalam, minum kopi, sambil memeluk bantal dan mengelus kucing peliharaan! Anda bisa bekerja di rumah sesuai PASSION, tanpa perlu menggerakan pantat dari kursi dan kasur kesayangan Anda.

Kali ini saya bakal berbagi 10 profesi, situs aktivitas, dan TIPS agar Anda bisa bekerja sesuai PASSION, dan bekerja di rumah Anda sendiri, nggak perlu rumah tetangga!

Kerja di rumah? Kenapa nggak?

1. Freelance Graphic Designer di 99Designs

Kalau biasanya untuk jadi seorang graphic designer Anda harus ketemu klien dan presentasi langsung, sekarang Anda nggak perlu selalu melakukan itu. Ada beberapa website yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan uang dengan menjual desain, dengan kerja di rumah. Misalnya, www.99designs.com. Di sini, Anda bisa ikutan pitching proyek dan langsung dapat uang tanpa harus ketemu klien! Salah satu murid saya sudah langganan menang pitching di website ini, beli motor dengan kerja di rumah.

Modal? Siapkan tablet, komputer, dan skill, sebagai modal untuk kerja di rumah sebagai desainer profesional!

2. Jual Jasa di Fiverr.com

Masih buat Anda yang punya Passion dan skill dalam dunia kreatif dan mau kerja di rumah, tempat seperti Fiverr.com bisa jadi sumber pendapatan lain. Fiverr adalah pasarnya orang yang mau menjual berbagai jenis jasa, untuk hanya $5! Eits, tapi jangan salah. Kerja di rumah untuk $5 biasanya hanyalah harga ‘pancingan’ untuk jasa paling standar. Anda bisa menjual versi upsell dari jasa Anda lebih mahal!

Baca Juga  Kalo Nggak Dicoba Nggak Akan Tahu

Saya beberapa kali membeli jasa dari para penjual yang kerja di rumah nya sendiri, dan menyiapkan modal kerja di rumah sesuai jasa yang mereka tawarkan, termasuk kamera dan alat perekam suara!

Modal? Tergantung jasa apa yang mau Anda tawarkan dan jadi langkah kerja di rumah Anda, sesuaikan alat dengan modal yang ada!

3. Online Lecturer dan Tutor

Banyak orang yang mau belajar, tapi nggak punya waktu untuk ikut kursus atau kembali ke sekolah. Jadi bagaimana mereka belajar? Online! Kalau Anda punya ilmu, skill, dan Passion di dunia pendidikan, Anda bisa jadi pengajar online! Satu lagi cara kerja di rumah!

Nggak usah lewat DIKTI dan kerja di rumah sebagai dosen, bikin sendiri website/ blog pendidikan Anda, tawarkan konsep e- learning, dan ajarkan orang berbagai ilmu lewat web, atau situs Udemy.comCuma modal kamera HP, komputer biasa, dan sedikit cuap- cuap bahasa Inggris, Anda kerja di rumah, dengan pasar Internasional.

Modal? Ilmu sekolahan ataupun non formal, kerja di rumah dan mengajarkan ilmu itu online, dan sedikit ilmu powerpoint untuk bikin modul.

4. Virtual Assistant

Virtual Assistant adalah profesi yang menarik, yang banyak dibutuhkan oleh para Start Up Entrepreneur. Jasa yang ditawarkan virtual assistant adalah kerja di rumah sebagai asisten kliennya, menjawab telepon dengan profesional, membaca dan menjawab email, mengatur jadwal atau rencana meeting kliennya, tanpa harus bertemu muka. Membantu klien bekerja lebih produktif, dan terdengar lebih profesional. Punya asisten boo!

Klien senang, Anda senang karena bisa kerja di rumah sambil nonton TV dengan 10 bos sekaligus.

Modal? Telepon, email, skill dalam MS Office, dan kemampuan manajerial atau organizing yang baik.

5. Buzzer

Buat sosialita yang ,au kerja di rumah, cuma perlu komputer, atau bahkan HP, dengan modal kemampuan cuap- cuap, dan menulis, inilah kerja di rumah dengan bakat merangkai kata dan skill persuasif yang mumpuni. Bekerja di rumahnya, menciptakan social media awareness yang baik, menciptakan hype bila perlu, dan membantu klien mengelola Twitter, Facebook, Instagram, dan lainnya, tanpa perlu meninggalkan hobinya.

Update status dari kamar mandi aja bisa gitu loh, kerja di rumah sambil ngerayu istri bisa, apalagi kerja sambil nonton bioskop? Ooo bisaaaa!

Modal? HP, laptop, gadget, dan apapun yang bisa connect ke internet, plus skill merangkai kata.

6. Translator

Ini salah satu profesi yang banyak pelakunya bekerja di rumah. Di Internet banyak orang yang mencari cara untuk menerjemahkan tulisan atau buku, atau bahkan dokumen penting ke dalam berbagai bahasa lain. Walaupun sudah ada Google Translate, tapi jasa translator online masih dibutuhkan. Kalau Anda punya Passion dan skill dalam bahasa, betah membaca dan menempel jari di keyboard, maka ini adalah profesi kerja di rumah yang cocok buat Anda!

Baca Juga  Resign Dini, Pensiun Dini, dan Menikah Dini

Kerja di rumah buat mentranslate film, buku, novel, atau komik? Nampak seru!

Modal? Skill bahasa dan laptop cukup buat mewujdukan mimpi kerja di rumah,

7. WordPress Theme Designer

Kalau Passion Anda dalam dunia programming dan design, dan hobi bikin template website, kenapa nggak jualan template wordpress saja? Bahkan banyak orang Indonesia yang sudah bekerja di profesi ini, dan kerja di rumahnya di desa entah di mana! Pasar template/ theme seperti ThemeForest.net adalah pasar memajang karya, dan orang dari seluruh dunia akan membeli theme wordpress Anda walau Anda kerja di rumah yang hangat.

Modal? Komputer dan skill design atau programming, yang bisa dipelajari di kursus atau bahkan online.

8. Ebook Author

Nah buat Anda yang Passionnya menulis, dan selalu ingin menulis buku tapi nggak punya kenalan di dunia penerbitan, atau sekedar maunya kerja di rumah, atau nggak mau berurususan sama penerbit konvensional, kenapa nggak nulis ebook aja? Banyak perusahaan dan platform penerbitan ebook yang SIAP membantu Anda menerbitkan ebook Anda dengan kerja di rumah! Misalnya, Createspace, Smashwords, Luluatau tentu saja, Kindle Direct Selling dari Amazon.

Buka laptop dan cari ide, mulai mengarang bebas, dan kerja di rumah sesuai Passion!

Modal? Laptop dan Passion menulis!

9. Travel Consultant/ Agent

Sudah bertahun- tahun saya nggak pernah masuk ke ruangan yang namanya Travel Agent. Karena saya selalu melakukan semua pemesanan dan perencanaan jalan- jalan saya lewat internet dan telepon. Naaah, ini dia satu lagi profesi kerja di rumah! Punya Passion Travel? Bantu orang lain merencanakan travel mereka! Modal Passion, jaringan, telepon, komputer, danaan kepribadian yang hangat tentunya.

Modal? Kerja di rumah dengan browsing dan bikin program travel!

10. Webseries Creator

Kalau Anda punya Passion dalam dunia TV, audio visual, atau show performing, atau kalau Anda sekedar punya Passion dalam hal apapun dan ingin membahasnya dalam online video, Anda bisa bikin TV series sendiri di youtube, dailymotion, atau vimeo! Kerja di rumah dengan sesi interview, atau merekam diri sendiri mereview apapun, sampai bikin sitcom, semua bisa.

Kerja di rumah dengan memanfaatkan sarana monetizing mereka!

Modal? Kamera apapun dan ide yang gokil, seru, kocak, atau bermanfaat.

So, itulah 10 ide profesi yang bisa dilakukan dari rumah, dan membuat kerja di rumah jadi makin mudah. Dan masih BUANYAK lagi potensi di luar sana!

Kerja di rumah itu BISA BANGET!

Kalau Anda mau berprofesi, bekerja, sambil tetap nongkrong cantik dari rumah Anda, inilah beberapa profesi yang bisa Anda lakukan. Lebih keren lagi, gunakan info ini untuk menciptakan profesi dari rumah yang pas dengan PASSION Anda!

So, profesi sesuai Passion yang BISA Anda lakukan dari rumah?


Share.

About Author

Passion Coach | Penulis Buku National Best Seller "Passion!", "Lakukan Dengan Hati", dan "Ini Cara Gue". Anggota International Coach Federation, Certified Practitioner MBTI dan SII Asia Pacific, dan CEO dari Inspira Asia.

Mau Tips Jitu untuk Karir dan Bisnis?

Dapatkan ebook gratis, artikel, tips, dan cara- cara membangun karir sukses sesuai Passion Anda, langsung ke email Anda!

Informasi ini tidak akan diberikan untuk pihak lain manapun